Home » Info Sehat » Manfaat Cabe; Pedas, Nikmat, dan Menyehatkan

Manfaat Cabe; Pedas, Nikmat, dan Menyehatkan

Bagi Anda yang menyukai masakan pedas, artikel ini akan membuat Anda makin bangga dengan cabe. Tapi bagi yang kurang suka, mungkin beberapa fakta dan manfaat cabe untuk kesehatan akan merubah pikiran Anda.

Jika cabe dibelah, akan kita temukan tangkai putih di dalamnya yang mengandung zat capsaicin. Capsaicin ini seperti minyak dan menyengat sel-sel pengecap lidah. Zat inilah yang mengakibatkan cabe menjadi terasa pedas dan panas di lidah saat kita mengkonsumsinya. Selain itu, capsaicin ini dapat membuat para pengkonsumsinya merasa ketagihan. Itulah alasan mengapa banyak orang begitu menyukai, bahkan tidak mau berhenti mengkonsumsi cabe.

Memang rasa pedasnya menimbulkan selera makan yang tinggi. Tak heran, kalau dengan sambal yang lezat porsi makan jadi bertambah banyak. Jika dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak, cabe dapat mengakibatkan sakit perut yang dahsyat bagi pengkonsumsinya. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah wajar, cabe justru akan memberikan banyak manfaat kesehatan bagi pengkonsumsinya.

.

Penyembuh Luka

Jika jari Anda secara tidak sengaja teriris pada saat memasak, pada umumnya Anda akan mencari obat merah untuk menyembuhkannya. Namun walaupun Anda telah member obat merah pada luka, rasa sakit/nyeri tetap saja berasa kuat.

Alternatif obat merah yang tidak hanya mencegah infeksi tapi juga segera meredakan rasa nyeri dan pendarahan sehingga mempercepat proses penyembuhan adalah cabe merah. Caranya, adalah cabe merah dikeringkan kemudian ditumbuk sampai halus.

Setelah itu ditaburkan pada luka-luka. Bubuk cabai tersebut tidak akan membuat perih luka Anda. Justru sebaliknya, cabe akan menghentikan dengan cepat nyeri dan pendarahan yang ada.
Ini disebabkan karena adanya zat capsaicin pada cabe merah yang menghilangkan rasa sakit.

.

Pereda Demam Tinggi

Dibandingkan dengan pengobatan konvensional, mengatasi demam tinggi dengan cabe merupakan solusi alternatif yang mudah, murah dan cepat. Tapi yang dugunakan bukan buah cabenya tapi daunnya.

Caranya, pertama ambil segenggam daun cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 sendok minyak selada dan campurkan kedua bahan ini sampai rata. Setelah itu tempelkan ramuan pada ubun-ubun atau dibalurkan pada seluruh badan.

Selimuti badan penderita dengan selimut yang tebal. Tak berapa lama, badan akan mengeluarkan keringat, sehingga panas badan akan menurun dengan cepat.

.

Delapan Belas Manfaat Lainnya pada Cabe

  1. Cabe dapat meredakan pilek dan hidung tersumbat karena capsaicin dapat mengencerkan lendir. Sehingga, lendir yang tersumbat dalam rongga hidung akan menjadi encer dan keluar. Akibatnya, hidung menjadi tidak tersumbat lagi. Ini berlaku pada sinusitis dan juga batuk berdahak.
  2. Cabe dapat memperkecil risiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner. Karena, dengan mengkonsumsi capsaicin secara rutin darah akan tetap encer dan kerak lemak pada pembuluh darah tidak akan terbentuk. Sehingga, darah akan mengalir dengan lancar. Jadi, cabe juga berkhasiat mengurangi terjadinya penggumpalan darah (trombosis).
  3. Sebagai antibiotik alami.
  4. Cabe dapat meringankan keluhan sakit kepala dan nyeri sendi. Karena, rasa pedas dan panas yang ditimbulkan capsaicin akan menghadang pengiriman sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf ke otak. Sehingga, rasa sakit tersebut akan berkurang, bahkan hilang.
  5. Cabe dapat meningkatkan nafsu makan pengkonsumsinya. Karena, capsaicin dapat merangsang produksi hormon endorphin,  hormon yang mampu membangkitkan rasa nikmat dan kebahagiaan. Sehingga, nafsu makan menjadi bertambah.
  6. Menurunkan kadar kolesterol
  7. kandungan antioksidannya dapat digunakan untuk mengatasi ketidaksuburan (infertilitas), afrodisiak, dan memperlambat proses penuaan
  8. Ekstrak buah cabai rawit mempunyai daya hambat terhadap pertumbuhan jamur Candida Albicans, yaitu jamur pada permukaan kulit
  9. Menormalkan kembali kaki dan tangan yang lemas
  10. Meredakan migraine
  11. ntuk gangguan rematik dan frostbite (jari nyeri karena kedinginan)
  12. Daunnya bisa digiling untuk dibalurkan di daerah yang sakit guna mengatasi sakit perut dan bisul.
  13. Mengobati perut kembung
  14. Membantu pembakaran kalori hingga 25%.
  15. Memberikan kalsium dan fosfor bagi tubuh
  16. Cabe menghasilkan vitamin C (lebih banyak daripada jeruk) dan provitamin A (lebih banyak daripada wortel) yang sangat diperlukan bagi tubuh.
  17. aya akan kalsium dan fosfor yang mengungguli ikan segar.
  18. Cabe dapat menghilangkan rasa dingin pada tubuh dengan cara mengoleskannya pada bagian yang terasa dingin.

.

Mengatasi Kepedasan Karena Cabe

Beberapa cara yang dapat dilakukan saat mengalami kepedasan, yaitu:

  • Kunyahlah makanan yang mengandung kasein. Karena, kasein dapat melarutkan capsaicin sehingga rasa pedas pada lidah akan berkurang. Contoh makanan yang mengandung kasein: susu bubuk, nasi, dan roti tawar.
  • Makanlah makanan yang mengandung minyak karena minyak juga dapat melarutkan capsaicin.
  • Jangan meminum minuman hangat atau bersoda. Karena, kedua minuman ini akan membuat rasa pedas dan panas menjadi semakin dahsyat.

.

Menentukan Cabe yang Berkualitas

Makin pedas cabe, makin berkhasiatlah ia. Cabe akan makin pedas jika tanamannya:

  • Tumbuh di daerah pegunungan (min 200m dpl);
  • Mendapatkan curah hujan yang cukup;
  • Terkena sinar matahari yang cukup selama 11-12 jam/ hari.

Daerah yang paling cocok menjadi penghasil cabe berkualitas tinggi adalah Asia, meskipun sebenarnya cabe berasal dari Amerika.

Referensi:

http://rizkycool.multiply.com/journal/item/15

http://misterionline.com/07/05/2008/cabe-merah-mengatasi-luka-teriris/

http://id.shvoong.com/medicine-and-health/1728756-ada-apa-di-balik-pedasnya/

94 Total Views 1 Views Today

38 Comments

  1. Hilmy says:

    ‘Luar biasa’ hanya ini yg bisa aq ktakan!

  2. janiez says:

    ak penggemar cabe…
    infonya kerenz…abiz…
    siiip….thanks’…

  3. nina says:

    ak kalo masak pakai cabe,bijinya ak buang,apa kadar capsaicinnya jd ikt hilang?jd sebaiknya gmn,apa dlm memasak cabe,bijinya tdk usah dibuang?

  4. Elle says:

    Alhamdulillah, akhirnya ketakutan sy sama cabe selama ini tidak beralasan. thanks

  5. Awan says:

    Mbak Nina,

    Kalau masak pake cabai lbh baik bijinya dibuang saja, biar bijinya tdk tumbuh di dlm perut :)

    Don’t worry Mbak, Capsaicin ada ditangkai putih cabe jd buang biji cabe nggak masalah kok. Lagipula, biji cabe kl dimasak, dia jadi susah dicerna di perut.

  6. mdap says:

    wah, artikelnya bagus2 mas.. keep posting ya..thx.

  7. adrian says:

    delapan belas manfaat cabe memang bagus

  8. fernandes says:

    huaaaaa….huaaaa….huaaaa….huaaa……

    jadi pengen makan cabe truz de,,, padahal q mao tobat makan cabe, py yah gak jadi de…!!!

    thx ya bro…

  9. fernandes says:

    eh, ada iiank kurang,,,
    mnurutQ, cabe pux manfaat laen juga,,, cabe bisa buat diet,,, cz kalo mkn cabe, qt kan kringatan, jd lemak qt terbakar,,, n smakin bxk mkn cabe, smakin sukses dietnya, cz qt pasti bakalan MENCRET tak henti2nya, so qt jd kuruz de…
    N dietnya BERHASIL…!!!
    HORE…!!!

  10. Ojez says:

    Aku bangga jdi maniac cabe lo kya gtu faktax!

  11. Alif says:

    Sudah ku duga! Tidak lah Alloh menciptakan ssuatu itu sia sia

  12. neng geulis tea says:

    Uhmm,,,,yummmyy,,,,makin cinta ku m cabe =D

  13. sandy says:

    cabe rupanya byak manfaat gue bru tau ketika lihat info tntang cabe…………..

  14. ike says:

    Muuuaaanntaaappp..shari ga pake cabe kurang energik
    Beraktivitas

  15. atista says:

    ngomog2 kalo misalnya kita makan cabe,tu bs mempercepat pembakaran zat pengawet dalam makanan….

  16. Awan says:

    @ atista: Bukan dibakar, itu membantu detoksnya.

  17. ciefou says:

    bagaimana cara mengatasi tidak suka cabe?

  18. Awan says:

    @ Wakakak… itu berarti Anda harus mengubah mind set Anda tentang cabe. Anda harus mencoba utk MAU beri hati dan suka dg cabe.

  19. Suandi says:

    Ak mkn cabe sehari rata2 bs abiz satu ons,gmn y?

  20. Awan says:

    @ Suandi: Lumayan bnyk jg. Asal perut tdk murus2 sy pikir tdk masalah.

  21. chepy says:

    wahhhh,,,TOP BGT,,,aku jadi tambah semangat makan puedezzz,,,
    maklum,,,selama ini banyak temen-temen yang suka ngritik masalah makanku yang doyan banget sama yang namanya sambel,,,
    Like this,,,

  22. cherly says:

    syukurlah..selama ini saya selalu merasa bersalah karena sangat sangat gemar memakan cabai.info ini membuat saya merasa nyaman.thanks

  23. Ancha says:

    Ah ribet banget soal kandungan cabe mending beli aja tuh produk k-link.hahahaha…..

  24. Abdullah says:

    Tapi untuk yg sakit maag,apa boleh makan cabe?malah memperparah ato malah bsa menyembuhkan?

  25. Dt Awan says:

    @ Pak Abdullah: Utk yg maag lbh baik jgn konsumsi cabe. Bs tambah parah.

  26. ibnu says:

    wahhh hebat manfaat cabe ny,,, enk rasanya..

  27. ibnu says:

    jd kepengin makan cabe trus,,,,,

  28. ning says:

    alhamdulillah semakin indah aku menyantap sambal pedazzzzz

  29. aminu irfanda supanda says:

    Mas saya sering migren dan kadang sampai keluar air mata, kira2 cabe ni bisa ngobatin ya?

  30. Dt Awan says:

    @ Sdr aminu irfanda supanda: selain konsumsi cabe secukupnya, hindari utk sementara wkt susu sapi, junk food, soft drink, dan pemanis buatan. Kurangi manis2 kecuali dari madu, gula merah dan gula batu. Hindari stress krn stress bs menyebabkan migraen.

  31. Molie says:

    makasih mas buat infonya ya… saya sengaja search artikel ttg cabe ini karna ada rasa ketakutan thdp kebiasaan saya.
    rupanya cabe tidak membahayakan buat kesehatan y mas?
    selama ini orang2 disekitar saya melarang saya makan cabe lagi..dengan berbagai alasan deh pokoknya..ada yg bilang ntar usus buntu, ada yg bilang tifus…dll lah.
    tapi saya juga merasakan tingkat konsumsi saya thdp cabe emang udah over banget.
    setiap makan slalu pake cabe…cabe rawit.
    makan apa aja harus pake cabe rawit satu-2an gitu saya gigit mas.
    ntah makan gorengan…ntah itu nasi…harus ada cabe pokoknya.
    saya paling jago makan cabe…kalo ada yg mau lomba makan cabe sma saya, pasti sya yg menang deh…apalagi kalo makan yg kuah-kuah gitu…rasa kuahnya udah bukan kaldu lg…tp caaaaabbbeeee smua…

    mohon penjelasannya tentang kebiasaan saya yang luar biasa ini mas… :)
    saya takut ada hal-hal yg bisa membahayakan kesehatan saya…

    terima kasih sebelumnya…
    gbu…

  32. Dt Awan says:

    @ Sdr/i molie: Segala sesuatu yg BERLEBIH pastii tdk baik. Hati2 kl mkn cabe lbh dari 50gr sehari apalagi tiap hari. Tapi tiap org beda2 sih. Ada yg malah menyehatkan. Coba test ke diri sendir dg cara: Kl kebiasaan mkn cabe ini distop selama 3 hari dan ternyata terlihat ada peningkatan kesehatn, brarti konsumsi cabenya musti dikurangi :)

  33. jay says:

    matur thanks u atas infonya aq dari kecil paling hobby makan pedes …..

  34. Aida says:

    hahhahahha,..
    makin semngat maem sambel nieh hahhahaa
    Papa,.. n Mama,.. kalian tidak bisa melarangku maem pedas lg,.
    karena aku bakal print artikel ini and tempel di tembok deket meja makan hohohohoho
    Makasih Dok,…
    wakakkakaka,.. ga sabaran mo liatin papaku yg cerewet klo ak maem cabe hihihihi

  35. Budi kawoso says:

    sukur harga cabe sdh normal… kl seperti yg lalu engga terjangkodeh…..

  36. Budi kawoso says:

    untung harga cabe sdh murah…kl masi mahal …yaa bisa 2 kurang segar nii tubuh ini…

  37. Romansahrul says:

    Siii… P… Enak Juga bermanfaat… Ya mudah-mudahan…

  38. maryanah says:

    ok banget pak informasinya . terima kasih dan semoga berpahala untuk bapak yang telah berbagi

Comments are closed.

Tips Menghindari Malpraktek

Arsip Artikel