Home » Customer Alert » Bahaya Pemanis Buatan Aspartame Tak Kalah dengan Formalin

Bahaya Pemanis Buatan Aspartame Tak Kalah dengan Formalin

Aspartame adalah nama umum dari produk yang bernama NutraSweet, Equal, Spoonful, dan Equal-Measure. Aspartame atau pemanis buatan, biasa ditemukan sebagai bahan pemanis dalam beberapa makanan dan minuman disekitar kita. Namun banyak orang belum mengetahui efek samping negatif dari aspartame yang tidak bisa disepelekan sama dengan makanan yang mengandung formalin.

.

Efektif Mengenyahkan Serangga

Coba Anda membeli produk makanan ringan terkenal atau membeli minuman yang manis rasanya di supermarket, terus perhatikan labelnya, akan tercantum nama aspartame di sana. Selain itu, para profesional kesehatan juga menganjurkan aspartame sebagai gula yang aman bagi  penderita diabetes. Namun, tahukah Anda bahwa aspartame ternyata efektif digunakan sebagai racun semut.

Pernah terjadi, seseorang memiliki masalah hama semut di kamar mandinya. Sadar akan pengaruh aspartame sebagai bahan kimia yang beracun, suatu hari dia menaburkan aspartame di tiap pojok kamar mandinya. Ternyata usahanya berhasil. Dia tidak melihat semut-semut ada di kamar mandinya lagi.

Aspartame juga efektif untuk mengenyahkan masalah semut merah (biasanya tidak mempan dengan berbagai racun). Tidaklah heran jika aspartame bekerja bak racun serangga, karena asam asparctic yang terkandung dalam produk beracun telah terbukti bersifat exitotoxin yang menyebabkan sel-sel otak menjadi cepat mati, sama seperti yang terjadi dengan kasus semut-semut tadi.

.

Efek Merusak pada Manusia Tak Kalah dengan Formalin

Jika tadi adalah contoh efek negatif aspartame terhadap semut, berikut adalah penuturan para ahli mengenai efek negative aspartame bagi manusia yang cukup mengerikan dan tak kalah dengan bahayanya formalin.

“Aspartame (NutraSweet) merusak secara pelan-pelan dan tak terasa bagi tubuh dan itulah alasan mengapa kita harus menghindarinya. Akan diperlukan satu tahun, lima, 10 atau 40 tahun, tapi dalam jangka panjang akan nampak perubahan yang menyebabkan penyakit ringan maupun berat. Aspartame punya efek yang mendalam pada mood seseorang, kecemasan, pusing, kepanikan, mual, iritabilitas, gangguan ingatn dan konsentrasi.” Ralph Walton, M.D

“Saya telah mengamati adanya masalah kerusakan intelektual yang berat sehubungan dengan penggunaan produk-produk aspartame. Biasanya bermanifestasi dalam susah membaca dan menulis, susah mengingat, sering lupa waktu, tempat bahkan orang lain yang pernah dia kenal. Banyak efek dari aspartame begitu serius termasuk kejang-kejang dan kematian. Efek lainnya yaitu: sakit kepala/migraine, pusing, sakit persendian, mual, mati rasa, kejang otot, kegemukan, gatal-gatal, depresi, kelelahan, lekas marah, tachycardia, insomnia, kebutaan, ketulian, jantung berdebar, sesak nafas, kecemasan, gangguan berbicara, kehilangan indra pengecap, telinga berdengung, vertigo, dan lupa ingatan.” H. J. Roberts, M.D.

.

Link referensi:

http://articles.mercola.com/sites/articles/archive/2006/09/05/got-an-ant-problem-use-aspartame.aspx

http://proliberty.com/observer/20060612.htm

http://www.newswithviews.com/NWVexclusive/exclusive27.htm

http://articles.mercola.com/sites/articles/archive/2004/01/07/aspartame-disease-part-two.aspx

.

Artikel Terkait:

Gula Aren, Pemanis Alami Khusus untuk Penderita Diabetes

Gula Jawa Memiliki Manfaat Kesehatan Dibandingkan Gula Tebu

466 Total Views 2 Views Today

55 Comments

  1. anonymous says:

    aspartame tidak berbahaya seperti yang digembar gemborkan……untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang aspartame, anda bisa mengunjungi sumber di bawah ini

    http://id.wikipedia.org/wiki/Aspartam

  2. Awan says:

    Terima kasih. Saya semangat dengan pola pikir Anda yg jg cukup kritis. Pola pikir seperti inilah yg bisa kita perlukan utk bisa menemukan kebenaran.

    Namun, sdhkah Anda melihat dari kedua sisi?

    Wikipedia, adalah sumber pengetahuan yg bersifat netral dan tdk mau memberikan suatu info yg kontroversi. Ini sdh peraturan web tersbt. Jadi apa yg ditulis di Wikipedia adl apa yg telah diterima secara umum dan tdk bs lbh dari itu. Krn jika penuh dg mslh kontroversi, web tsb akan di Banned.

    Web sy jg beresiko utk di Banned krn penuh dg info yg kontroversial. Tapi motivasi sy dg keberanian yg “cukup konyol” ini adl sy mengasihi bangsa saya & tdk rela melihat jutaan org mati sia-sia krn “kebohongan maut” seputar kesehatan. Tuhan mengaruniakan sy pengetahuan yg menyelamatkan bkn utk didiamkan sj, tp utk disebarluaskan, walaupun resikonya adl nyawa sendiri.

    Jika pedoman Anda hanya berdasarkan FDA saja (seperti yg disebut-sebutkan dlm wikipedia sbg “SUMBER PEMBENARAN”), maka Anda telah salah langkah. FDA sendiri sebenarnya bukan suatu organisasi SEMPURNA dalam mengambil kebijakan. Banyak dari kebijakan FDA telah membawa malapetaka. Ini disebabkan krn FDA jg dipengaruhi oleh “conflict of interest”. Silahkan mempelajari link berikut mengenai kejahatan dalam FDA:

    http://v.mercola.com/blogs/public_blog/The-FDA-Has-Blood-on-its-Hands-18252.aspx

    http://www.mercola.com/article/aspartame/fda.htm

    http://articles.mercola.com/sites/articles/archive/2005/03/02/vioxx-fda.aspx

    http://www.mercola.com/article/aspartame/index.htm

    dan masih bnyk lagi lainnya.

    Selain itu, apakah Anda sdh melihat & membaca link yg saya sertakan dibawah artikel ini?

    Tidak semua instansi resmi pemerintah bisa kita percaya. Bukankah itu benar2 terjadi dlm sejarah bhw pemerintahpun tdk kebal terhdp dosa kerakusan dan kekuasaan, dan sampai sekarangpun jg terlihat bukti & faktanya.

    Yg sy pelajari ttg aspartame ini dr kedua sisi yaitu: sisi FDA tdk memiliki bukti yg lebih kuat dibandingkan bukti2 kontroversial.

    FDA tdk bs memberi bukti kuat akan keamanan aspartame dlm jangka panjang, sdngkan sisi kontroversial malah bs memberi bukti bnyk, sederhana dan kuat ttg bahaya aspartame.

    Semoga penjelasan sy bs membantu Anda mendapatkan kebenaran dan bersama-sama kita sembuhkan Indonesia kita yg tercinta ini.

  3. nahar says:

    saya salah satu orang yang langsung merasakan dampak aspartam (juga pemanis buatan lain). Saya langsung pusing setelah mengkonsumsi minuman yang mengandung pemanis. Reaksi pusing ini tidak terlalu lama setelah mengkonsumsi pemanis, hanya dalam beberapa menit saja sudah terasa, dan sulit hilang kecuali saya sudah tidur semalaman. Saya juga menyadarinya belum terlalu lama, dulu sempat bingung mencari penyebab pusing saya. Setelah tahu, sekarang saya berhati-hati jika memilih makanan/minuman yang mengandung pemanis. Saat ini saya sedang mencari-cari informasi tentang bahaya pemanis (aspartam), saya khawatir pemanis yang dulu2 saya konsumsi akan memberikan dampak janagka panjang.
    Terima kasih
    wassalam

  4. khim says:

    referensi yang anda pakai untuk ini kok dari situs yang sama semua ya, padahal situs tersebut tidak menampilkan referensi yang jelas juga

    dibandingkan artikel di wikipedia yang memakai referensi jurnal ilmiah internasional

  5. Awan says:

    Saudara Khim,

    Memang sy berikan ke situs yg sama (Utk mempersingkat wkt & efisiensi penulisan artikel saja), tapi dari situs itu, Anda akan dituntun ke berbagai situs lainnya yg menjelaskan ttg aspartame yg controversial. Selain itu, dari Situs dr Mercola, Anda bisa membaca referensi dibawah artikel beliau yg bersumber dari jurnal2 dan buku medis (jadi bukan ada diinternet).

    It’s all about money dan keamanan perusahaan sajalah yg menjadi alasan kenapa Wikipedia tdk membela satu sisi. Tapi dg adanya comment dari Anda, ini membuat saya jadi berpikir utk mencantumkan juga link referensi ke situs lain supaya tdk terjadi kesalahpahaman berhubung aspartame sdh susah utk dilepaskan di masyarakat.

    Skrg sdh saya edit dan saya sertakan jg link refernsi ke 2 situs lainnya. Saya tdk akan memaksa Anda utk berpihak yg mana, tapi saya mencintai sesama saya & akan berusaha semampu saya utk melindungi jika ada yg mengancam jiwa sesama.

  6. khim says:

    kalau yang dimaksud adalah artikelnya HJ Roberts, saya lihat referensi yang dicantumkan tulisannya sendiri semua

    ada di internet bukan berarti lebih tidak bisa dipercaya, justru jadi lebih mudah dicek

    tapi segala sesuatu kalau berlebihan memang tidak baik sih

  7. vita says:

    Kalau memang berbahaya kenapa sampai skg produk yg mengandung aspartame masih ada n smakin bertambah banyak,hampir smua merk2 terkenal n dibutuhkan org mengandung aspartame,contoh:CDR,diebetasol,frozz,etc,kenapa juga badan POM tdk menindak lanjuti masalah ini?kasus formalin,melamin sj belum selesai skg ditambah ini,bagusnya kita pindah planet kali ya yang isinya orang jujur n baik smua….

  8. Awan says:

    krn ini masih kontroversial, bpom blm ambil tindakan. Hal2 kontroversial spt misalnya AIDS, flu burung, vaksin, obat dokter, dll akan susah utk dimabil tindakan cepat dari pemerintah. Sangat complicated. Dan biasanya jadi susah krn berhubungan dg uang dan kekuasaan.

  9. doktertomi says:

    hmm… aspartame berbahaya? ya! saya setuju. tapi tentu saja tidak seperti berbahayanya racun serangga. ini semua kembali lagi pada konsumen. karena pada umumnya, semua produk makanan dan obat tidak ada yang 100% aman. bahkan udara yang kita hirup, air yang kita minum sehari-hari, tidak ada yang aman bagi kesehatan.

    sekarang, bagaimana kita mencegah agar efek yang timbul tidak serta merta membuat kita ‘rusak’ seperti ketika seseorang meminum racun serangga, misalnya.

    nah, justru ironi nya ada di sini. coba bayangkan berapa banyak saudara kita, yang bahkan untuk memakan “racun” pun mereka tidak sanggup membeli???

    (wassalam)

  10. indra says:

    pak q mau tanyak ney?
    bahaya nya pemanis buatan bagi tubuh kita dan bagaimana cara mengatasi?
    dimana q mendapatkan artikrl tentang bahaya HIV/AIDS dan bagai mana cara menanggulangi penyakit itu.

  11. Awan says:

    Pak Indra,

    Seperti yg tertulis pada artikel ini, bahayanya pemanis buatan bagi tubuh kita adl:

    “Aspartame (NutraSweet) merusak secara pelan-pelan dan tak terasa bagi tubuh dan itulah alasan mengapa kita harus menghindarinya. Akan diperlukan satu tahun, lima, 10 atau 40 tahun, tapi dalam jangka panjang akan nampak perubahan yang menyebabkan penyakit ringan maupun berat. Aspartame punya efek yang mendalam pada mood seseorang, kecemasan, pusing, kepanikan, mual, iritabilitas, gangguan ingatn dan konsentrasi.” Ralph Walton, M.D

    “Saya telah mengamati adanya masalah kerusakan intelektual yang berat sehubungan dengan penggunaan produk-produk aspartame. Biasanya bermanifestasi dalam susah membaca dan menulis, susah mengingat, sering lupa waktu, tempat bahkan orang lain yang pernah dia kenal. Banyak efek dari aspartame begitu serius termasuk kejang-kejang dan kematian. Efek lainnya yaitu: sakit kepala/migraine, pusing, sakit persendian, mual, mati rasa, kejang otot, kegemukan, gatal-gatal, depresi, kelelahan, lekas marah, tachycardia, insomnia, kebutaan, ketulian, jantung berdebar, sesak nafas, kecemasan, gangguan berbicara, kehilangan indra pengecap, telinga berdengung, vertigo, dan lupa ingatan.” H. J. Roberts, M.D.

    Utk menghindari aspartame 100% adl mustahil, Cara terbaik adalah tahu dan sadar mana produk yang mengandung aspartame, kemudian berusaha mengurangi atau menghindarinya. Karena tidak mungkin kita bersih dari aspartame, tubuh kita perlu terus melakukan proses detoksifikasi (membuang zat-zat berbahaya dalam tubuh).

    Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu proses detoksifikasi ini adalah menghindari junk food dan makanan tidak sehat, menghindari pemakaian obat-obatan kimia saat sakit (menggantinya dengan yang alami), tidur cukup (6-9 jam sehari), mengkonsumsi spirulina, chlorophyll, bee propolis dan madu murni, berolah raga, terapi juice, terapi air, dan lain-lain.

    Artikel ttg AIDS ada banyk dan juga terdpt 2 paradigma ttg AIDS. Satu paradigma disebut sbg AIDS Konvensional (pandangan umum) menjelaskan bhw AIDS itu tdk bisa disembuhkan sedangkan paradigma lainnya adl AIDS Alternative (pandangan controversial) yg menjelaskan bhw AIDS bs disembuhkan.

    Saya berada di posisi AIDS Alternative dan Healindonesia memiliki artikel2 ttg AIDS yg kontroversial. Anda bs mendptkan artikel2 ini dg mengklik:

    http://healindonesia.wordpress.com/tag/aids/

    Utk kumpulan artikel AIDS controversial lainnya yg jauh lebih lengkap (tp ini berbahasa Inggris), Anda bs mengklik:

    http://aidsalternative.journalt.com/

    Di Indonesia ini hanya Healindonesia yg merupakan weblog satu2-nya dan pertama di Indonesia yg berani mengungkapkan rahasia ttg AIDS. Di luar negeri sdh sangat banyak. Saya harap weblog ini bs menginspirasi teman2 sebangsa utk berani mengungkapkan rahasia AIDS shg makin bnyk Odha yg bs diselamatkan.

  12. naie says:

    saya juga pernah baca bahwa diluarnegeri jenis aspartam sudah dilarang dan sudah dilakukan percobaan terhadap tikus dan hasilnya katanya ribuan tikus menderita kanker otak dan siap menunggu ajal, ngeri juga yah…makanya sejak hamil dan punya balita saya agak selektif tapi pengasuhnya ganti-ganti terus jadi saya ragu2 kalo anak saya bebas aspartam kalo terlanjur dikonsumsi bisa didetoksinasi ga pake apa gitu….

  13. lenk says:

    setuju dengan dokter??aspartam berbahaya bila dikonsumsi berlebihan, sama halnya dengan minuman keras (sedikit jadi obat, banyak jadi racun). kalo semut yang mati karna aspartam bisa jadi benar..ya dengan berat semut 0.00 sekian Gr berat dikasih aspartam 1gram ajah, dijamin pasti mati.overdosis man. semutnya overdosis karna aspartam.hahahaha. yang bos sajikan itukan masih kontroversi, yang namanya kontroversikan belum ketauan mana yang benar n mana yang salah, jadi semua orang boleh punya opini donk, dan bos juga tidak harus membela opini bos dengan alasan menyelamatkan manusia mati sia2 donk, mang si bos Tuhan gitu???.apa gak sebaiknya semua terserah sama yang baca n percaya, kalo ada yang percaya aspartam berbahaya ya stop aspartam dari sekarang. dan kalo ada yang masih menganggap aspartam masih sah2 ajah dikonsumsi asal tidak over ya makan ajah. *peace*

  14. Awan says:

    Saudara Lenk… pendapat Anda bijaksana sekali. Saya setuju dg Anda. Tapi memang dasar hati nurani sy yg nggak tegaan & tangan yg gatelan pengen cepat take action, sy jadi “berjuang” utk meyakinkan para pembaca :) Thx a lot Mr. Lenk

  15. Awan says:

    Bu Naie,

    Aspartame dan zat2 beracun dlm makanan bs didetoks dg cara banyk mengonsumsi sayuran hijau, dan terapi jus. Atau jika ingin cara yg lbh praktis, bs melalui suplemen HD Dynamic Trio Plus Enzymeminerals. Info ttg produk ini bs diklik di:

    http://healindonesia.wordpress.com/2008/08/18/hdt-enzymeminerals/

  16. Hero says:

    Saya setuju dengan pak AWAM, oleh karena itu saya tidak lagi konsumsi TROPICANA SLIM.
    efek pada saya: 1. mati rasa 2. kepala sakit 3. Mudah lupa

    Astagfirullahaladzim, Ya Allah sembuhkanlah diriku dari penyakit ini….

    Aspartame ini juga salah satu sebaran makanan ZIONIST Yahudi, karena mereka ingin populasi dunia menyusut jadi hanya 500jt pada thn 2012. artinya aspartame berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian.

  17. dananjoyo says:

    @hero:
    bos, koq jadi bawa2 SARA ??? anda salah forum bung !!

  18. dananjoyo says:

    ini salah satu resource berkaitan dengan kontroversi aspartame, ternyata tahun 2004 pernah diajukan tuntutan sebesar 350 juta USD, dan banyak hal2 tersembunyi dibalik persetujuan FDA atas aspartame, salah satunya adalah peran Donald Rumsfeld (mantan menteri Pertahanan Amerika) dalam mempengaruhi persetujuan FDA atas aspartame….

    buka mata dan telinga dan jauhkan hati dari prasangka……lihat faktanya!!

    http://www.newswithviews.com/BreakingNews/breaking25.htm

    masih banyak lagi resources di internet tentang aspartame dan isu2 kesehatan lainnya…….silahkan selidiki, anda akan kaget bahwa banyak sekali fakta2 penting yang di tutup2i oleh pihak2 tertentu demi kepentingan pribadi mereka……

  19. nimas says:

    terimakasi ya, atas ilmunya, sangat berguna bagi saya untuk presentasi, walau saya masih kelas dua SMP. sekali lagi makasi

  20. remy says:

    menarik juga “konflik” ini, ada yang acc karena mungkin bekerja dipihak pemakai (dalam arti luas) aspartame, ada yang menolak untuk menghentikan kerusakan anak bangsa, keduanya memiliki bobot pemikiran yang didukung oleh berbagai nara sumber, so… sebaiknya siapapun janganlah menganggap “konflik” ini sebagai pamer “ego” dari pembahas, kita tanya saja sendiri diri kita, mana arah yang mau kita ambil… tak perlu polemik… kita sudah sama tahu uang diatas segalanya… gitu saja kok repot… peace.

  21. alchaedai says:

    smua yg kimia memang ga baik tuk tbh kita. go back to nature. kemaren sy jg ikut kajian yg diisi oleh Jefry D Grey (mantan tentara as yg masuk islam) menerangkan bahaya aspartame, jg smua macam obat kimia yg merusak tubuh. Pokoknya kita coba tinggalkan smua produk instan dan berbahan kimia.

  22. ihsan. a says:

    Wah,..!! Thanx bgt bwt info nya, saya baru tahu kalo aspartame itu berbahaya bagi tubuh kita. tapi kok baru sekarang ramainya? malahan saya tahunya dari sms yg tersebar akhir-akhir ini, yg asal mulanya entah dari mana. tapi yg saya tidak kalah heran, kalau aspartame se berbahaya itu, mengapa pemerintah tidak melarang penggunaannya pada produk-produk makanan yg banyak dijual di pasaran?!

  23. Awan says:

    @ ihsan. a: sebenarnya hal ini dah disinggung lama di luar negeri, tapi di Indo baru krn blm ada aktifis yg handle ttg ini.

    Pemerintah tdk melarangnya krn dianggap masih kontroversial dan lagipula, pemerintah sendiri tdk benar2 paham ttg kesehatan yg sesungguhnya.

    Disamping itu, urusan pemerintah dah buuannyak sekali yg harus diselesaikan selain ngurusin masalah aspartame.

  24. sari says:

    saya pikir, semua produk buatan manusia berbahan kimia seperti pemanis buatan, pewarna buatan, perasa buatan/ essens, aroma buatan, penyedap buatan, pengawet makanan buatan punya dampak yang merugikan bagi kesehatan. bahan- bahan itu karena bukan bahan alami maka dianggap bahan asing bagi tubuh, dlm proses pencernaan, tubuh tdk bisa menyerapnya. bahan tersebut akan tersimpan dalam tubuh (organ atau jaringan), dari hari ke hari- sedikit demi sedikit menumpuk, tubuh akan menolaknya dan akhirnya mengakibatkan gangguan kesehatan seperti kerusakan organ atau kanker.
    Saya miris dengan realita, makanan yang kita makan mungkin sudah ‘beracun’ semua. Coba bayangkan, misalnya beras yang kita makan, awalnya dari benih yang disebar di sawah, supaya padi subur kemudian dipupuk dengan pupuk buatan/ kimia berlebihan, supaya sukses panen tanpa hama kemudian disemprot insektisida (bahan kimia beracun tinggi). Setelah panen jadi beras, disimpan lama,karena beras kurang putih kemudian diberi pemutih, supaya harum disemprot aroma pandan buatan. Beras dimasak menjadi nasi, karena diolah menjadi kerupuk kemudian ditambah bleng dan penyedap, supaya lebih menarik diberi pewarna buatan, setelah jadi kemudian digoreng, supaya kerupuk lebih renyah minyak goreng diberi plastik. Produk jadi baru dijual kepada konsumen, kemudian kita sebagai konsumen menyantapnya. Apa nggak ngeri, makanan apa racun?

  25. moely mulyadi says:

    memang lebih baik mencegah mengkonsumsi makanan/minumam yang mengadung aspartam, setuju sama dokter Awan, hal yang masih kontroversial seperti ini sepertinya memang perlu penanganan yang lebih dari pemerintah untuk menjelaskan kepada masyarakat tentang polemik yang sedang terjadi.
    kebanyakan masyarakat awam masih merasa masa bodoh dengan ini…itu…toh pemerintah tidak melarangnya….namun menurut hemat saya, lebih baik mulai sekarang kita mulai mengurangi komsumsi makanan/minumam ber-aspartam.
    ketika saya mengkonsumsi minuman beraspartam, saya merasakan rasa yang beda….seperti sedikit pahit rasanya…berbeda dengan gula asli yang rasa manisnya memang benar2 manis….

  26. pras says:

    Sebaik-baiknya zat buatan masih aman zat alami…Dunia ini penuh dengan kepentingan pribadi, satu sisi menilai dari segi positif, karena ada faktor lain.. dagang misalnya.satu sisi menilai dari segi negatifnya..karena ada faktor lain.. persaingan dagang atau kesehatan. kita ambil saja hikmahnya bagi kesehatan kita sendiri. semua produk yang alami atau buatan pasti ada plus minusnya,tergantung prosentase penggunaannya.
    menurut saya yang orang dusun.. makan / minum dari bahan alami lebih baik dan aman bagi tubuh manusia. Tidak ada satupun di dunia ini yang bisa menandingi kesempurnaan ciptaan tuhan.
    ” susah-senang, sehat-sakit..bukan karena siapa-siapa tetapi karena perbuatan diri sendiri “.

  27. dewi rahmasari says:

    permisi dokter saya mau menanyakan apakah aspartame bahaya buat anak kecil

  28. Awan says:

    @Sdri Dewi Rahmasari: kalo keseringan dan rutin / berlebih, ya sngt berbahaya buat anak kcl.

  29. muwaffiq says:

    sebagai tambahan, silakan baca buku “Deadly Mist” karya Jerry D Gray, buku ini mengungkapkan keburukan AS dan Yahudi yang ingin menghancurkan manusia dengan bahan2 berbahaya, seperti aspartame dan flouride.
    buku ini juga berisi informasi keburukan NAMRU II (pusat penelitian Navy Seal) yang nyata2 mengembangkan viru berbahaya, dan akhirnya ditutup oleh Menkes RI, Siti Fadhila Supari.
    dan anehnya, pengganti menkes -alias menkes RI yang sekarang- Ibu Endang, adalah salah seorang yang diberhentikan dari jabatannnya sebagai direktur di depkes karena bekerja di NAMRU II sebagai peneliti virus.
    TANGAN YAHUDI SEDANG MENGOBOK-NGOBOK INDONESIA…

  30. Elvi Yulianita,S.H. says:

    Dokter,saya mau curhat nih…suami beli vit untuk anakku yg usianya 2 th 8 bln yg mereknya biolysin..eh,ternyata ada aspartamnya dan fenilalin ya..gimana nih dok?pemerintah khususnya depkes seharusnya lebih memperhatikan hal-hal yg begini masak untuk vit aja hrs mengandung sesuatu yg berbahaya…pernah anak sakit aku bawa ke dokter umum(biasanya aku ke dokter spsialis anak)di situ aku dikasih vit juga,pas aku baca mengandung pengawet benzoat…aku jadi bingung..tolong kasih masukan..vit apa yang gak “berbahaya”.Terimakasih.

  31. Awan says:

    @ Bu Elvi Yulianita,S.H.: Kalau mau multivitamin dan multimineral yg bagus tanpa zat aditif sintetis bs pakai madu gurun merek Clover Honey. 100% murni, baik utk anak dan malah punya khasiat lebih utk yg sakit2an. Detail infonya bs dilihat di link:

    http://sites.google.com/site/tokohomart/produk/hdcloverhoney

    Contoh testimoni:
    http://sites.google.com/site/tokohomart/paket-resep-alami/anakseringsakit

    http://sites.google.com/site/tokohomart/paket-resep-alami/demensiapikun

    Cara mendptkannya:

    http://sites.google.com/site/tokohomart/cara-berbelanja

    Semoga bs membantu :)

  32. yuda says:

    Produk apa yang aman selain dari penggunaan pemanis aspartame ?

  33. yuda says:

    Penggunaan aspartame di produk produk yang di jual di pasaran biasanya disebutkan dalam kadar yang aman utk konsumsi perhari. Apakah aspartame dalam tubuh akan dibuang keluar oleh sistem. Atau akan menumpuk di dalam tubuh? pertanyaan ini mengacu pada jika kita mengkonsumsi contohnya CDR Fortos aja setiap hari utk kesehatan tulang kita. Dilain sisi apa ini aspartame akan menumpuk dan mengganggu pada saat kadarnya melebihi ukuran aman dalam satu hari ?

  34. Dt Awan says:

    @ Sdr Yuda: Produk pemanis yg aman adl madu, gula aren/jawa/merah, gula batu, dan pemanis stevia.

    Aspartame bs dikeluarkan oleh tubuh kita, tapi itu perlu waktu dan ‘antri’. Belum lagi terhitung zat2 lain yg sdh menumpuk di dalam tubuh kita oleh krn pola makan yg tdk terjaga misal penyedap rasa buatan, pewarna makanan, pengawet buatan, obat2an kimia, nikotin dari rokok, dll masih banyak lagi. Nah, selagi aspartame ini masih ada di tubuh, dlm takaran tertentu akan membawa dampak pada tubuh kita.

    Perlu dipertimbangkan jg bahwa tiap org punya metabolisme berbeda, jd seberapa besar takaran aman utk aspartame jg akan berbeda-beda tiap org.APalagi faktor pola makan dia jg sangat mempengaruhi.

  35. Akhmad Ghozali says:

    Wah jadi males ngonsumsi vitamin nih?
    punya solusi ngga untuk menganti vitamin instan.

  36. Dt Awan says:

    @ Sdr Akhmad Ghozali: kl mau vitamin yg alami bs dicari di madu asli, bee pollen, coklat hitam. Info ttg prosuk madu asli dan bee pollen bs dilihat di http://www.homartinfo.co.nr

    Info ttg terapi coklat hitam bs dilihat di http://www.coklatdach.co.nr

  37. arshad says:

    Saya setahun memakai gula buatan, susu bubuk, selai, sirup,kue kering yang memakai Aspartame. Tangan kiri dan jari2 berangsur-angsur menjadi kaku tidak bisa digerakkan. Tiga bulan berobat ke dokter umum, ke akhli accupunture, accupressure, dokter spesialis saraf, kemudian ke Fisioterapi Rehab Medik di RSPAD sampai di hidrotherapi. Tidak ada perubahan. Tetap kaku dan rasa cekot2 (shooting pains) Setelah membaca artikel di Internet , ASPARTAME THE SILENT KILLER oleh Ron Harder 2002. dan semua makanan yang mengandung Aspartame saya buang ke bak sampah, Alhamdulillah rasa cekot2-nya berkurang dan tangan mulai bisa digerakkan. Dalam seminggu saya normal tidak invalid lagi. Ternyata hampir semua pasien di Rehab Medik mengkonsumsi gula buatan yang sampai sekarang masih berjaya di iklan televisi.

  38. arshad says:

    Ketua RT didepan rumah saya dalam beberapa tahun akhir2 ini wajahnya makin kurus dan pucat. Sebulan lalu meninggal dunia. Isterinya mengatakan bahwa almarhum menderita diabetes. Padahal dia selalu minum gula buatan yang diberikan oleh anak tetangganya yang berprofesi sebagai pramugari. Nama gula buatan tsb sama dengan yang hampir mencelakakan saya

  39. casper says:

    @all…: kita buktikan aja..
    mksh untuk p.awan yang sudah memberikan informasi’y…
    drpda mengobati lebih baik mencegah…
    sedia payung sebelum hujan…
    trim’s…
    mhon mf apabila kata2 saya tidak sopan..

  40. nn says:

    heh..bcod u smua…aspartam itu bahaya…goblok

  41. maria says:

    Terimakasih dg artikelnya Pak, isinya bagus sekali. Artikel seperti ini sulit di temukan di surat kabar umum.
    Bravo.

  42. gilang says:

    salam kenal pak awan…
    Saya sangat terkesan dengan artikel tentang aspartame yang anda buat.
    Saya adalah salah satu distributor TIENS di Semarang..
    Selama saya selling produk tiens terutama yang mengandung aspartame walaupun cuma beberapa persen saja yang dicantumkan dalam label di beberapa produk suplemen kesehatan tiens..
    Memang pada saat saya selling produk,sering terjadi pro-kontra tentang aspartame pada beberapa produk tiens,terutama orang yang sedikit-banyak paham tentang masalah kesehatan..
    Setahu saya,penggunaan aspartame pada beberapa produk TIENS adalah sebagai pemanis-pengganti gula tebu.
    Saya juga pernah konsultasi dengan orang yg berpengalaman di TIENS bahwa,beberapa produk TIENS yang mengandung aspartame,takarannya tidak melebihi batas apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita.
    Banyak sekali kesaksian tentang penggunaan produk TIENS,termasuk ibu saya sendiri,yg khususnya terdapat aspartame pada kenyataannya mampu mengatasi bahkan mengobati beberapa macam penyakit yang notabene para dokter sudah angkat tangan untuk mengatasi penyakit tersebut..
    Dan,kalau memang terbukti penggunaan aspartame pada beberapa produk TIENS adalah suatu bentuk penyimpangan dan kalau memang penggunaan aspartame tsb sangat merusak tubuh,tentunya pabrik tianshi bakalan bangkrut dong,hehehe….apalagi sudah banyak bukti khasiat prodak TIENS yang benar2 mampu menyembuhkan penyakit kronis.
    Sekian dari saya….saya juga masih dalam tahap belajar tentang dunia herbal dan kesehatan….Mohon bimbingannya….
    wassalam…….

  43. Lotta says:

    @gilang:

    soal produk yang katanya paling TOP sekalipun, jangan lupakan dengan segala macam produk ROKOK, MECIN, MIE INSTAN, DSB…

    Kalau memang terbukti buruk untuk kesehatan, berarti pabrik-pabrik pada bangkrut dong? Limbahnya kan juga buruk untuk lingkungan dan kesehatan.

  44. Lotta says:

    Tambahan lagi…

    Yang namanya sintetis alias buatan alias palsu itu artinya serupa tapi tak sama. Ada efeknya kan kita tau…

  45. gilang says:

    @Lotta :
    tambahan aspartame pada produk suplemen herbal fungsinya untuk menambah rasa manis saja,dan takarannya pun lebih kecil dibanding komposisi herbal yang terkandung di dalamnya yaitu hanya 1% saja..
    kenapa Aspartame??
    karena penggunaan gula tebu lebih berisiko untuk kesehatan kita terutama penderita diabetes,jika aspartame diganti dengan gula tebu dengan maksud untuk mendapatkan rasa manis yang dianjurkan pada setiap penggunaan suplemen kesehatan takarannya pasti melebihi dari 10% dibanding aspartame yang takarannya cuman 1% saja..
    jika dikatakan bahwa akumulasi penggunaan aspartame lama2 akan membahayakan bagi kesehatan kita,saya punya pendapat…
    obat/suplemen/makanan kesehatan dimanapun tidak dapat mengobati suatu penyakit tertentu..yang dapat mengobati penyakit adalah tubuh kita sendiri,suplemen herbal berperan menjaga kestabilan tubuh,memperlancar metabolisme serta memperlancar aliran darah.
    jika itu semua dapat dijaga dengan baik maka tubuh dengan sendirinya mempunyai senjata super canggih untuk melawan segala macam penyakit,termasuk penyakit kronis.intinya adalah back to nature dan yin-yang saling mengimbangi….
    jika kita mengonsumsi suplemen herbal yang 99% adalah bahan alami dan 1%nya adalah aspartame,menurut saya sangat kecil sekali efek berbahaya dari aspartame yang terkandung dalam produk tsb..
    karena aspartame tsb hanya berfungsi sebagai penambah rasa manis dan ketika aspartame masuk ke tubuh kita,dengan sendirinya akn dilawan dengan bahan2 herbal yang presentase nya lebih besar daripada aspartame….
    intinya yang harus kita pahami sekarang adalah BACK TO NATURE

  46. Dt Awan says:

    @ Sdr Gilang dan Sdri Lotta: Di jaman skrg mustahil bs menghindari aspartame dan zat2 aditif lainnya yg kalau RUTIN dikonsumsi membahayakan keshtn. Jadi perlu pola pikir yg bijaksana dlm menyikapi hal ini. Oleh krn mustahil menghindarinya, kt bs memakai prinsip “jauh lbh bnyk yg sehat drpd yg tdk sehat”. Jadi kl prosentase konsumsi sehatnya lbh bnyk, kt akn sehat2 sj (kecuali konsumsi racun kuat yg sedikit aja sdh bs beresiko kematian).

    Nah aspartame sendiri sebenarnya bersifat racun dlm tubuh kita, tapi baru terasa kl ada dlm ambang batas tertentu. Walaupun lembaga keshtn tlh menentukan ambang batas yg sehat, tp permslhnnya adl tiap manusia punya ambang batas yg berbeda-beda( sensifitas berbeda utk tiap zat aditif).

    Sy paling senang “membanding2kan” produk keshtn yg satu dg yg lain dan terusterang saya dapati produk2 tianshi masih kalah dlm khasiat dibandingkn produk alami lainnya yg tdk memakai aspartame. Sy tdk biialng kl produk2 tianshi tdk berkhasiat… tdk… tp sy bilang adl produk2 thiansi masih kalah berkhasiat dg produk2 alami lainnya yg tanpa efek samping dan bhkn lbh murah.

    Menurut sy suatu perushaan yg memakai aspartame sbg pengganti gula adl krn punya motivasi utk mengurangi budget pengeluaran mrk, jd bukn krn alasan kesehatan krn gula pasir alami (bkn refinasi) msh lbh aman dibandingkn aspartame. Sy tdk bilang kl gula pasir itu sehat, sy hanya bilang bhw gulapasir non refnasi msh lbh aman DIBANDINGKAN aspartame. Sbenarnya msh bnyk jenis pemanis lainnya yg bkn hanya aman tp jg menyembuhkn, spt misalnya pemanis daun stevia…. ini jauh lbh aman dan bs menyehatkan , tp tdk dipakai oleh perusahaan2 di Indonesia krn harganya mahal.

  47. Dt Awan says:

    Maaf komentar sy tadi bukan bermaksud mendiskreditkan suatu organisasi atau perushaaan tertentu, sy hanya bicara berdasarkn fakta saja, demi kesehatan yg lbh baik tuk semua orang :)

  48. tjenarvi says:

    subscribe dulu yah :-)

  49. tjenarvi says:

    BPOM hingga saat ini berkeras pemanis buatan masih aman dikonsumsi umum asalkan memenuhi komposisi.

    bagaimana tanggapannya dengan pernyataan di atas pak awan?

    ada dsini nih ketemu
    obatpropolis(dot)com(slash)aspartam(dash)berbahaya

  50. yanuardi says:

    klo aspartam berbehaya, so apa pengganti pemanis buatan yang murah? setidaknya yang terjangkau oleh jutaan rakyat indonesia? Alitame! sygnya belum beredar di indonesia….

  51. Dt Awan says:

    @ Sdr Yanuardi: kalau mau yg manis2 jgn pakai yg sintetis (pemanis buatan). Pakai sj gula aren/gula merah, gula batu dan madu.

  52. tjenarvi says:

    Biyang dari Melia Nature ada tertera aspartam?
    itu bagaimana tuh?

  53. Dt Awan says:

    @ tjenarvi : Maaf br sempat jawab skrg. Kl si pasien tdk sensitif thd aspartame, dikonsumsi sekali2 tdk apa2. Tapi kl dikonsumsi dlm jangka panjang, bs jadi bs menimbulkan efek samping.

  54. atoq says:

    saya sangat terkesan dengan tulisan ini..karena saya baru memahami tentang konspirasi yang dilakukan suatu negara adidaya yang sangat berhubungan erat dengan bahan-bajan kimia seperti aspartame, msg, flouride, xylitol dll. seperti yang telah kita ketahui bahan-bahan kimia tersebut telah ada di semua makanan dan minuman yang beredar serta dikonsumsi semua orang didunia bahwa semuanya itu terkait dengan teori depopulasi umat manusia yang memang benar-benra telah dilakukan loeh negara adidaya tersebut. dan cara yang paling mudah dan paling mudah untuk melakukannya adalah dengan pandemi-pandemi makanan ini.walaupun memang banyak juga yang dilakukan untuk melancarkan program tersebut tapi yang paling berefek memang dari konsumsi atau dimasukinya bahan-bahan kimia ke dalam produk makanan. jika anda yang ingin lebih tahu soal aspartame ini anda bisa membuka link : http://www.dorway.com
    situs itu merupakan situs nirlaba yang didirikan oleh david oliver yang didekasikan bagi kesehatan masyarakat dunia agar menghentikan sama sekali penggunaan zat pemanis buatan aspartame. disana juga anda bisa melihat dan mengetahui apa itu FDA dan siapa dalang dibalik organisasi FDA tersebut.

    mungkin cuma itu saja ilmu yang bisa saya share. karena saya juga baru pemula untuk hal yang begini..jadi saya sangat berterima kasih jika komentar dari saya dapat dijadikan pelajaran.
    terima kasih

Comments are closed.

Tips Menghindari Malpraktek

Arsip Artikel