Home » Info Sehat » Kangkung; Menyehatkan, Bikin Enak Makan dan Enak Tidur

Kangkung; Menyehatkan, Bikin Enak Makan dan Enak Tidur

Dikalangan masyarakat sering kita mendengar perkataan “ jangan makan kangkung karena membuat kita ngantuk”. Tetapi apakah benar seperti itu? Ternyata kangkung juga berkhasiat sebagai antiracun dan juga mengobati berbagai gangguan kesehatan. Simak lebih jelas mengenai khasiat kangkung tersebut dan cara-cara penyajiannya.

Menurut Dr. R.A. Seno Sastroamidjojo, MD, nilai nutrisi 100 gram kangkung yang direbus tanpa garam adalah air 91,2 gr, energi 28 kcal, protein 1,9 gr, lemak 0,4 gr, karbohidrat 5,63 gr, serat 2 gr, dan ampas 0,87 gr.

Kangkung juga memiliki kandungan mineral, vitamin A, B,C, asam amino, kalsium, fosfor, karoten, dan zat besi. Karena berbagai kandungannya itulah, kangkung memiliki sifat sebagai antiracun, peluruh, perdarahan, diuretik (pelancar kencing), antiradang, dan sedatif (penenang/obat tidur), Sebab itu tidak heran bila kita mudah mengantuk setelah makan banyak dengan menu utama kangkung.

Sifat-sifatnya inilah yang membuat kangkung memiliki khasiat antara lain mengurangi haid yang terlalu banyak, mengatasi keracunan makanan, kencing darah, anyang-anyangan (kencing sedikit-sedikit dan rasanya nyeri), mimisan, sulit tidur, dan wasir berdarah. Sebagai obat luar, kangkung bisa digunakan untuk mengobati bisul, kapalan, dan radang kulit bernanah.

Sementara menurut Dr. Setiawan Dalimartha, Ketua II Perhimpunan Dokter Indonesia, Pengembang Kesehatan Tradisional Timur (PDPKT), mengutarakan, Kangkung memang berfungsi sebagai penenang (sedatif), dan mampu membawa zat berkhasiat ke saluran pencernaan. Itulah sebabnya, tanaman ini mempunyai kemampuan menetralkan racun di tubuh.

Secara khusus Dr. Setiawan Dalimartha, Ketua II Perhimpunan Dokter Indonesia Pengembang kesehatan Tradisional Timur (PDPKT), mengutarakan, bahwa Kangkung termasuk suku Convolvulaceae atau keluarga kangkung-kangkungan. Bagian tanaman kangkung yang paling penting adalah batang muda dan pucuknya sebagai bahan sayur-mayur.

Menurut Dr. Setiawan, kangkung mempunyai rasamanis, tawar, sejuk. Sifat tanaman ini masuk ke dalam meridian usus dan lambung. Efek farmakologis tanaman ini sebagai antiracun (antitoksik), antiradang, peluruh kencing (diuretik), menghentikan perdarahan (hemostatik), sedatif (obat tidur). Kangkung juga bersifat menyejukkan dan menenangkan.

Resep berkhasiat dari kangkung, yaitu:

  • Mengurangi Haid
    Daun kangkung (kira-kira setengah kilogram) dicuci dan ditumbuk halus. Lalu tuangkan air setengah gelas. Kemudian saring dan tuangkan 1 sendok makan madu. Minum 1 kali sehari sekaligus.
  • Mimisan
    Seikat daun kangkung yang segar dicuci dan ditumbuk halus. Tambahkan sedikit gula dan seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin, saring, minum 2 kali sehari.
  • Sakit Kepala
    Seikat daun kangkung segar direbus dengan 2 gelas air hingga 1 gelas. Kemudian air hasil rebusan tersebut diminum.
  • Ambeien
    Segenggam akar kangkung dicuci dan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, minum setengah gelas sebanyak 2 kali sehari.
  • Insomnia
    Daun kangkung sering dikonsumsi dalam bentuk tumis kangkung tanpa batang.
  • Sakit Gigi
    Segenggam akar kangkung ditambahkan setengah sendok teh cuka, kemudian direbus dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya sekaligus 1 kali sehari.
  • Melancarkan Air Seni
    Segenggam akar kangkung direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus 1 kali sehari.
  • Menghilangkan Ketombe
    Seikat daun kangkung direndam semalaman hingga airnya berwarna kebiruan. Lalu, keramas dengan air rendaman. Sebaiknya dilakukan setiap hari.
  • Sembelit dan Mual pada Ibu Hamil
    Ibu hamil dianjurkan untuk sering mengonsumsi tumisan sayur kangkung.
  • Gusi Bengkak
    200 gr akar kangkung dicuci bersih, lalu direbus dengan 200 cc air dan 200 cc cuka. Setelah hangat, air rebusan itu digunakan untuk kumur-kumur. Lakukan hal tersebut berulang-ulang.
  • Kapalan
    Bagian kulit yang menebal diolesi dengan getah kangkung dan lakukan setiap hari.
  • Kulit Gatal karena Eksim
    Daun kangkung segar dicuci, lalu direbus dengan air secukupnya sekitar 5 menit. Setelah hangat, pakai untuk mencuci bagian yang sakit. Lakukan setiap hari.
  • Penghilang Sakit Akibat Gigitan Lipan

Kalau digigit lipan, ambil daun kangkung. Lalu dicuci bersih, tambahkan garam secukupnya. Giling sampai halus, bubuhkan di tempat yang sakit, lalu dibalut.

Karena manfaat kangkung sangat banyak, maka jangan malas lagi makan sayuran lezat ini. tapi tetap jangan berlebihan, karena nantinya akan terserang rasa kantuk.

Referensi: http://hendrinova.blogspot.com/2008/02/kangkung-enak-makan-dan-enak-tidur.html

509 Total Views 3 Views Today

10 Comments

  1. Novi says:

    terimakasih info tentang kangkungnya….saya sebarluasin manfaat kangkungnya ya mas…..boleh ya…….tengkyu.

  2. Awan says:

    Tentu saja boleh. Silahkan & tengkiu jg :)

  3. Asma says:

    sya mw tany ttg kandungan yg ad pda kangkung ap dan mengap kangkung dpt mnyebabkn kantuk…?
    tlong krimkan k email sya….

  4. Awan says:

    Saudara/i Asma,

    kandungan yg ada pd kangkung adl kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium fosfor, zt besi, natrium, kalium, vitamin A, vitamin B, vit C, karoten, hentriakontan, saponin, flavonoid, polifenol, dan sitosterol.

    Kangkung tdk secara langsung menyebabkan kantuk. Kandungan enzim atau nutrisi yang ada pada kangkung menjadi zat sedatif (bersifat penenang) yang membantu org mudah utk tidur.

  5. erika yutiasari says:

    saya butuh info nih..kandungan kimia apa yang terdapat dalam kangkung yang menyebabkan kita mengantuk..mohon infonya segera..saya butuh sekali untuk sidang sarjana saya ttg kangkung.tx.mohon dikirim ke email saya..terima kasih banyak

  6. Awan says:

    @ erika yutiasari: lihat jawaban saya untuk komentar Asma di atas komentarnya Erika.

  7. Alex says:

    Saya penggemar berat kangkung, tapi ada yg bilang klw di dlm batang kangkung kadang ada lintanya, meskipun dimasak tdk akan mati & klw kita makan akan berkembang biak dlm usus kita. Saya jd agak ngeri. Betul ga sih?
    Gmana cara yg baik utk mengolah kangkung?

  8. Dt Awan says:

    @ Sdr Alex: ….. ada yg bilang klw di dlm batang kangkung kadang ada lintanya, meskipun dimasak tdk akan mati & klw kita makan akan berkembang biak dlm usus kita….

    Answer; sy tdk setuju dg hal ini krn sy pernah coba memasak lintah dan ia mati. Berita ini sebenarnya disebarluaskan lewat email tp kebenarannya masih diragukan. Kalo toh benar kejadiannya pasti 1 milyar banding 1. Masih jauh lbh aman jk dibandingkan dg kecelakaan lalu lintas, atau sakit keracunan makanan. jadi Anda tdk perlu takut utk makan kangkung :)

    Cara mengolah kangkung adl spt pada umunya, bs dikukus, direbus, atau ditumis minimal 15 menit.

  9. febry says:

    Ada yang bilang kangkung memyebabkan asam urat..apa benar yahh
    terimakasih

    Febry (pengemar kangkung)

  10. Dt Awan says:

    @ Sdr febry: kangkung tdk menyebabkan asam urat, tp ngga cocok utk penderita asam urat krn kandungan purinnya yg cukup tinggi bs memicu nyeri asam urat.

Comments are closed.

Tips Menghindari Malpraktek

Arsip Artikel