Home » Info Sehat » Bagaimana Mengatasi Anemia?

Bagaimana Mengatasi Anemia?

426visionApakah Anda akrab dengan 5L (letih, lemah, lesu, lelah, dan lunglai)? Kondisi ini kerap muncul karena berbagai faktor. Jika tidak segera diatasi, bisa fatal akibatnya.

Tubuh kita, memerlukan hemoglobin dalam jumlah yang cukup untuk menyalurkan oksigen dan zat-zat makanan ke seluruh tubuh. Jika hemoglobin atau sel darah merah dalam tubuh kurang dari jumlah normal, tubuh akan kekurangan oksigen. Sehingga gejala-gejala seperti 5L (letih, lemah, lesu, lelah, dan lunglai), daya ingat dan daya konsentrasi menurun, juga warna pucat pada kelopak mata bagian bawah akan muncul. Kondisi kekurangan sel darah merah pada tubuh ini sering disebut dengan anemia. Dibandingkan pada pria, anemia lebih rentan menyerang wanita. Di samping siklus bulanan yang membuat wanita kehilangan darah pada saat haid, anemia juga terjadi karena ketidakseimbangan gizi pada mereka yang tengah menjalani diet. Pada wanita bekerja, anemia mengakibatkan tubuh menjadi lemas sehingga produktivitas kerja dan daya tahan tubuh menurun.

Anemia erat kaitannya dengan asupan gizi dari makanan kita sehari-hari. Di Indonesia, sebagian besar kasus anemia disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi/Ferum (Fe) pada tubuh. Namun demikian, baik pria maupun wanita sering tidak menyadari jika tubuhnya kekurangan zat besi. Kita hanya dapat merasakan tatkala tubuh tengah mengalami 5L. Karena itu, jurus penting untuk mengatasi anemia adalah dengan memperbaiki pola makan.anemi

Dalam memilih makanan untuk dikonsumsi, sebaiknya kita mulai memperhatikan jumlah, jadwal, dan jenis makanan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak terlalu sedikit, juga tidak terlalu banyak; tiga kali sehari; dan tetap memerhatikan asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang seimbang.

Jika tubuh sudah terserang anemia, makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah yang kaya akan zat besi. Selain itu, disarankan juga untuk menambah asupan asam folat dan vitamin B12. Contoh bahan makanan yang sebaiknya dikonsumsi jika kita terserang 5L antara lain berbagai jenis daging merah, seperti daging sapi dan kambing (kecuali penderita hipertensi); hati; keju; berbagai jenis ikan; sayuran berwarna hijau tua; dan kacang-kacangan.

Bagi Anda pecinta kopi, sebaiknya berhati-hati. Minuman seperti teh, kopi, cokelat, dan susu yang mengandung kalsium dapat menghalangi penyerapan zat besi dalam tubuh. Oleh karena itu, ada baiknya memberi jarak waktu sekitar dua jam antara makanan yang mengandung zat besi dengan minuman-minuman tersebut.

Jangan anggap enteng gejala anemia. Jika tidak ditangani segera, bukan tidak mungkin kondisi kekurangan hemoglobin akan memengaruhi kinerja organ tubuh lainnya. Sekalipun bukan penyakit berbahaya, ada baiknya kita selalu menerapkan prinsip mencegah lebih baik dari mengobati. Jika masih dalam stadium awal, resiko yang fatal dapat dihindari.

Link referensi: http://www.hdindonesia.com/artikel.asp?Topik=tipssehat&artikel=29

78 Total Views 2 Views Today

12 Comments

  1. lisa says:

    Mau tanya nih pak, saya biasa mengkonsumsi susu kalsium yang mengandung asam folat cukup tinggi. Apakah penyerapan asam folat di dalam tubuh nanti terganggu atau tidak? Jika penyerapannya terganggu, akan sia-sia dong kandungan asam folat yg tinggi pada susu tersebut.
    Kalo ada saran, please dikasih dong. Thanks.

  2. arifudin says:

    thankz infonya ya like this pokoknya…

  3. Dt Awan says:

    @ Bu Lisa: biasanya produk2 susu sapi akan mengganggu pencernaan, termasuk dlm mencerna asam folat. jadi jk ingin kebthn asam folatnya terpenuhi, sy sarankn utk tdk mengonsumsi susu sapi.

  4. didaa says:

    pak gimna sya punya anemia ,, bisa disembuhkann ? dengan cara apa ? trus mata saya suka kunang2 , gimna ya ?

  5. Dt Awan says:

    @ didaa: utk anemia bs dibantu penyembuhannya dg produk yg namanya POLLENERGY. Detail info produk, harga dan pemesanan bs dilihat di link

    http://sites.google.com/site/tokohomart/produk/hdpollenergy520

    Selain itu bnyk2 konsumsi sayur dan buah yg berwarna gelap. Bnyk Minum air putih minimal 8 gelas sehr dan cukupi kebutuhan tdr malam 6-9 jm sehr.

  6. fortunata says:

    saya umur ya 14 thn,dari gejala2 yg saya lihat sama persis sprti gejala anemia,seperti semponyongan saat mau dan bangun tidur.. saya mau nanya cara untuk mengatasinya bagaimna? thank you

  7. Adi says:

    Setelah mengkonsumi susu brkalsium kox darahq menurun.ap solusi buat sya.terima kasih

  8. Dt Awan says:

    @ Fortunata dan Adi: Utk mengatasi atau penyembuhannya bs dg bnyk2 mengnsumsi sayur dan buah yg berwarna gelap. Bnyk minum air putih minimal 8 gelas sehr dan cukupi kebthn tdr malam. Hindari susu sapi.
    Selain itu perlu jg rutin konsumsi madu asli 3×1 sdm seblm mkn. Kl mau madu asli berkualitas, bs dg yg merek Clover Honey. Detail info produk, harga dan pemesanan bs dilihat di link:
    http://sites.google.com/site/tokohomart/produk/hdcloverhoney

  9. ferdi says:

    mau tanya dikit
    kepala ku kok suka pusing seperti melayang2
    apkh ini gejala anemia….

  10. Dt Awan says:

    @ Sdr ferdi: pusing seperti melayang2 itu bs bnyk penyebabnya bkn hanya anemia. Bs jadi krn tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah. nah kl mau kondisinya lbh sehat, lbh baik jaga pola mkn yg sehat dan rutin minum madu asli.

  11. imurelsa says:

    Salam Kenal pak Dt.Awan,
    saya pernah dengar katanya anemia yang berkepanjangan bisa menyebabkan leukimia. saya belum ketemu jurnalnya pak. Benar begitu ga Pak? tks.

  12. Dt Awan says:

    @ Sdr/i imurelsa: mohon maaf br sempat bs jawab. Anemia yang berkepanjangan TIDAK bisa menyebabkan leukemia.Jadi Anda tdk perlu khawatir. Yg bs menyebabkan leukemia adl efek samping obat2an kimia dan pola makan yg salah.

Comments are closed.

Tips Menghindari Malpraktek

Arsip Artikel