Home » Info Sehat » Bagaimana Menaklukkan Eksim Secara Alami

Bagaimana Menaklukkan Eksim Secara Alami

eksimApakah Eksim Itu?

Eksim atau Dermatitis adalah istilah kedokteran untuk kelainan kulit yang mana kulit tampak meradang dan iritasi. Peradangan ini bisa terjadi di bagian tubuh mana saja namun yang paling sering terkena adalah tangan dan kaki. Jenis eksim yang paling sering dijumpai adalah eksim atopik atau dermatitis atopik. Gejala eksim akan mulai muncul pada masa kanak-kanak terutama saat mereka berumur di atas 2 tahun. Pada beberapa kasus, eksim akan menghilang dengan bertambahnya usia, namun tidak sedikit pula yang akan menderita seumur hidupnya. Dengan pengobatan yang tepat, penyakit ini dapat dikendalikan dengan baik sehingga mengurangi angka kekambuhan bahkan mengalami kesembuhan.

Apa Saja Gejala Eksim?

Dimanapun lokasi timbulnya eksim, gejala utama yang dirasakan pasien adalah gatal. Terkadang rasa gatal sudah muncul sebelum ada tanda kemerahan pada kulit. Gejala kemerahan biasanya akan muncul pada wajah, lutut, tangan dan kaki, namun tidak menutup kemungkinan kemerahan muncul di daerah lain.

Daerah yang terkena akan terasa sangat kering, menebal atau keropeng. Pada orang kulit putih, daerah ini pada mulanya akan berwarna merah muda lalu berubah menjadi cokelat. Sementara itu pada orang dengan kulit lebih gelap, eksim akan mempengaruhi pigmen kulit sehingga daerah eksim akan tampak lebih terang atau lebih gelap.

.

Apa Yang Menjadi Penyebab Eksim?

Penyebab dari eksim sebenarnya belum diketahui dengan pasti, namun beberapa ahli mencurigai eksim berhubungan dengan aktifitas sistem imunitas yang berlebihan. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami reaksi berlebihan terhadap bakteri atau iritan yang sebenarnya tidak berbahaya pada kulit. Oleh karena itu, eksim banyak ditemukan pada keluarga dengan riwayat penyakit alergi atau asma.

Tiap orang mempunyai pencetus eksim yang berbeda beda. Ada orang yang setelah memegang sabun atau deterjen akan merasakan gatal yang luar biasa, ada pula yang disebabkan oleh bahan atau alat rumah tangga yang lain. Gejala yang timbul pun bervariasi, ada yang gatalnya ringan tetapi rasa panas yang dominan, ada pula yang sebaliknya. Infeksi saluran nafas bagian atas atau flu juga bisa menjadi pencetus timbulnya eksim. Stress yang dialami penderita akan membuat gejala menjadi lebih buruk.

Meskipun penyembuhan eksim sangat sulit dilakukan, namun pada banyak kasus, pasien dapat mengurangi terjadinya kekambuhan dengan melakukan pengobatan yang tepat dan menghindari iritan/alergen yang menyebabkan eksim. Perlu diingat, penyakit ini tidak menular dan tidak akan menyebar dari satu orang ke orang yang lain.

.

Bagaimana Cara Pengobatannya?

Ketika kulit terasa sangat kering dan gatal, lotion dan krim pelembab sangat dianjurkan untuk membuat kulit menjadi lebih lembab. Tindakan ini biasanya dilakukan saat kulit masih sedikit basah, seperti saat habis mandi sehingga lotion yang dioleskan akan mempertahankan kelembaban kulit. Namun perlu diperhatikan untuk memakai lotion yang terbuat dari bahan alami dan cocok dengan kulit penderita. Untuk lotion tradisional, Virgin Coconut Oil (Minyak Kelapa Murni) sangat aman dan efektif dalam melembutkan, melembabkan dan mengurangi peradangan. Pada kasus tertentu, kompres dingin juga dapat mengurangi rasa gatal yang terjadi.

Salep atau krim yang mengandung kortikosteroid seperti hydrokortison diberikan untuk mengurangi proses inflamasi atau keradangan. Untuk kasus kasus yang berat, dokter akan memberikan tablet kortikosteroid dan apabila pada daerah eksim telah terinfeksi maka bisa diberikan antibiotika untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Obat lain yang dibutuhkan adalah antihistamin untuk mengurangi rasa gatal yang terlalu berat, dan cyclosporin untuk penderita yang tidak berespon terhadap semua jenis pengobatan yang diberikan.

Namun perlu diwaspadai bahwa penggunaan kortikosteroid memiliki beberapa efek samping yang merugikan, bahkan bisa memperparah kondisi eksim itu sendiri sehingga Anda perlu dosis yang lebih besar lagi.

Pengobatan alami yang baik dan aman adalah menggunakan gabungan produk lebah, yaitu madu, bee pollen dan bee propolis. Ketiga produk tadi dikonsumsi secara teratur sampai memperlihatkan kemajuan atas eksim yang diderita.

Sedangkan untuk gatal atau borok yang telah nampak pada kulit, penderita bisa mengoleskannya dengan Virgin Coconut Oil sesudah mandi dan sebelum tidur, atau dengan propolis dalam bentuk cream.

.

Bagaimana Cara Pencegahannya?

Munculnya eksim dapat dihindari dengan melakukan beberapa hal di bawah ini :
Jaga kelembaban kulit.

  • Hindari perubahan suhu dan kelembaban yang mendadak.
  • Hindari berkeringat terlalu banyak atau kepanasan.
  • Kurangi stress.
  • Hindari pakaian yang menggunakan bahan yang menggaruk seperti wool dan lain-lain.
  • Hindari sabun dengan bahan yang terlalu keras, deterjen dan larutan lainnya.
  • Hindari faktor lingkungan lain yang dapat mencetuskan alergi seperti serbuk bunga, debu, bulu binatang dan lain lain.
  • Hati-hati dalam memilih makanan yang bisa menyebabkan alergi.

Link referensi: http://www.blogdokter.net/2007/12/30/eksim-dermatitis-penyakit-kulit-yang-menyebalkan/
.

Note: Untuk mendapatkan resep alami tanpa efek samping dalam mengatasi eksim, silahkan KLIK DI SINI.


1301 Total Views 5 Views Today

26 Comments

  1. DB says:

    Apa ada hubungan keluarga dengan Psoriasis bro ?

    Kalau Psoriasis bisa di minimalisirkan dgn terapi penggantian hormon Estrogen (terapi injeksi, terapi apllikasi), shg T-cell tipe tertentu dapat ditingkatkan produksinya oleh tubuh.

    Untuk problem kulit biasanya berhubungan erat dgn:
    1. stres yg tdk ter-management dgn baik
    2. sangat kelebihan berat badan
    3. sangat buruk pola olah raga yg rutin dan baik, serta cukup dan berkecukupan
    4. kurang banyaknya minum air putih yang benar2 bebas polusi, segar terjamin dan bebas kuman, mikro-organisme
    5. rendahnya pengetahuan ttg kebersihan kulit yg benar, serta perawatannya
    6. Pola makan yg buruk, tdk sehat (kurang/berlebihan gizi/berat badan) dan tdk seimbang, sehingga mengancurkan kesehatan organ2 tubuh, mulai dari pencernaan, hingga liver, ginjal dan keseimbangan tubuh (hormonal, ph, dan tekanan darah, kekentalan darah, metabolisme, imunitas, dan akhirnya ekskresi dan sekresi !

    JBU

  2. DB says:

    Minyak Lanolin yg berasal dari lemak di bulu domba sangat ampuh mengatasi kulit kering pecah2.

    Beli yg masih murni belum tercampur bahan2 lain/sintetis apapun!
    Campurkan dgn serbuk Vit C murni (beli di agen2 bahan farmasi obat), di tangan bersih Anda, setiap kali Anda membutuhkannya.

    Penyamakan bulu domba terbesar contohnya di Australia.
    Harganyapun tergolong murah bila Anda mendapatkan langsung dari sana pas berlibur atau titp teman.

    Tapi yg saya sdh coba dan sempurna paling baik, paling aman, paling ampuh dan paling murah adalah dgn mengompreskan kulit tsb dgn URIN Anda sendiri yg baru keluar dan ditampung di wadah yg terjamin bersih, kalau tidak Anda dapat memanaskannya terlebih dahulu.

  3. Awan says:

    Terima kasih bnyk utk tambahan infonya Mr. DB. Pasti sangat membantu buat Pengunjung HI.

    Alam ciptaan Tuhan memang selalu menjadi solusi terbaik dibandingkan obat2an kimia buatan manusia. GBU

  4. slm says:

    bingung deh nanganin anak sy, mknn da dipantang, badan termasuk yg besih bngt tp knp msh gtl jg ya, ap sabun mndiny pdhl pk sabun baby kok..trus saat ini tiap abs mandi sy olesin bdnny pke minyak vco tp tktny jd mlh lembab trus gerah kan lengket ap ngga mlh jd gtl bro..trus ngilangin bekas2 hitamny dikasi ap ya..buat dkakinya trus trang sy hampir stess liatny bgt trus sembuh kambuh lg.munculny ky bentol2 keras gt & dgaruk deh jd luka,trakhir da ke spec kulit trus dks salep &obat minum..ap ank ku mesti konsumsi obat2n trus..gmn ya cr yg plg aman agar ngga kmbuh2 lg?

  5. Awan says:

    Mbak Syifa,

    Diagnosa dokter apa ya? Apa hanya eksim atau ada penyakit lain. Saya curiga mungkin ada factor lainnya.

    Oles VCOnya jgn bnyk2 Mbak. Dioles tipis, digosok sampai kering (menyerap) jadi tidak akan lembab sekali.

    Jika hanya eksim, resepnya bisa Mbak klik di:

    http://healindonesia.wordpress.com/produk-paket-sembuh-alami/eksim-dermatitis/

    Tapi, utk membantu sy mendiagnosa dan memberikan resep yg tepat, mohon bantuannya utk melengkapi Formulir Data Pasien di link:

    https://spreadsheets.google.com/viewform?formkey=cFVRZHo2UFBWSkM1TnNuaGxjb3RlZnc6MA..

  6. iwan says:

    thanx buat infonya, eksim saya kambuh lagi setelah 4 tahun. akan saya coba tips2 nya.

  7. mei says:

    Kulit ujung jari tangan saya pecah2, membelah seperti kena pisau.apalagi kl kering keliatan seperti tanah yg gersang dan retak.kl kena lombok akan terasa panas.Ada yang bilang itu karena kulit tipis, sampai sekarang belum sembuh2. Bagaimana cara mengobatinya?

  8. Awan says:

    @Sdri Mei: Sy perlu data2 lbh lengkap lagi dari Anda supaya bs mendiagnosa penyebabnya lalu menyarankan terapi yg tepat. Jadi mohon bantuannya utk melengkapi Formulir Data Pasien di link:

    https://spreadsheets.google.com/viewform?formkey=cFVRZHo2UFBWSkM1TnNuaGxjb3RlZnc6MA..

    Thx

  9. Evi says:

    Sy pnderita eksim di kaki dr 10thn-18thn ..
    Sy udah berobAt k berbAgai dokter kulit,,tp kalo obAtnya haBis pasti kambuh lagi..
    Stiap sy makan seafo0d badan sy gatel2 bgt,yg akHirnya menambAh lebAr,malah bekasnya itu jd item2 & bekasnya susah hilang ampe skarang..
    Apalagi kalo sy lagi stres,seluruh badan sy jd gatel2..
    Sy pake BENOSON-N dr kecil, obat itu msh ampuh ga ?
    Akhir2 ini, seusai mandi sy membAsuh badan sy dgn air hangat+garam lalu mengoleskn Ben0s0n-N, apakah itu bs menyembuhkn penyakit sy ini?
    Dan akhir2 ini tiap 3hr sekali sy minum rebusan daun putri malu yg katanya bs menghilangkn bekas yg menghitam.. Bnr ga y?
    Trus sy jg suka pake lulur,emang sih bs ngilangin bekas2nya,tp bekas yg bertahun2 susah hilang..

    Bagaimana caranya menghilangkn bekasnya yg item2??
    Sy jd ga PEDE krn penyakit ini,apalagi kulit sy putih,sangat keliatan bekas yg item2 itu..
    M0hoN bAnTuannya y,trims..

  10. Awan says:

    @Sdri Evi: saya jawab via pesan pribadi FB aja.

  11. Danny says:

    Ditangan saya ada kulit yg menghitam, awalnya spt bekas gigitan nyamuk lalu saya garuk dan lama kelamaan membesar dan warnanya menghitam, saya mengalami ini kira2 sdh 3 tahun apakah ini jg eksim ? saya pernah mengobati dg calusol dan kalpanax tp cuma terjadi pengelupasan kulit dan lamakelamaan kulitnya menghitam kembali, sekarang ditangan sebelahnya juga ada kejadian yg sama tapi masih agak kecil dan sudah berjalan 8 bulan awalnya saya mengalami gatal2 alergi, bagaimana cara nyembuhannya ya ? dan apa jenis penyakit yg saya alami ? terima kasih ebelumnya

  12. Danny says:

    Ditangan saya ada kulit yg menghitam, awalnya spt bekas gigitan nyamuk lalu saya garuk dan lama kelamaan membesar dan warnanya menghitam, saya mengalami ini kira2 sdh 3 tahun apakah ini jg eksim ? saya pernah mengobati dg calusol dan kalpanax tp cuma terjadi pengelupasan kulit dan lamakelamaan kulitnya menghitam kembali dan tambah membesar, sekarang ditangan sebelahnya juga ada kejadian yg sama tapi masih agak kecil dan sudah berjalan 8 bulan awalnya saya mengalami gatal2 alergi, bagaimana cara nyembuhannya ya ? dan apa jenis penyakit yg saya alami ? terima kasih sebelumnya

  13. Awan says:

    @Sdr Danny: Sy rasa itu bukan eksim krn warnanya yg menghitam. Sy sarankan Anda utk datang ke dokter spesialis kulit utk bisa memastikan nama penyakitnya. Sesdh itu, baru bisa konsultasi ke saya apa obat alaminya.

  14. Febe says:

    Dear Pak Awan,
    sy snang skli bc artkel anda.sy tkna eksim wkt umur 9 th,berobt kmana2,smbuh kambuh.smpai kuku2 sy pnah copot smua.gatal,berair,gelmbg air dbwh klit.smpai akhrx sy ke papua dan diobati dg drendam gula dan dbgks daun dr papua.smbh total.17 thn kmudian mncl lg,tp hanya pd jari tertentu dan biasax smbh sndri.tp skrg,stlah 2 thn,mlah tmbh parah.apa krn sy lg hamil?sampai2 jari sy kaku krn penuh sisik,air,gatal.sygx yg ngobti dulu gak tau dmn.kok bsa ya muncl lg?apa obt yg aman krn sy lg hamil?apa salep k-steroid(?)aman?krn doktr membrkan dlu sblm hamil n kdg kalo kambuh sy oleskan.tks alot.JBU

  15. Awan says:

    @ Bu Febe: Eksim bs muncul kembali atau tambah parah krn pola makan kita yg tidak sehat. Bbrp list yg bs membuat eksim muncul kembali atau memperparah kondisi adl: susu sapi, kopi atau kafein, alkohol, junk food, soft drink, mie, bakso, donat, kue atau bakery. Jika mau sembuh total, alangkah lebih baik Bu Febe menghindari yg ada dlm list, apalagi semasa hamil.

    Pemberian steroid , baik jenis tablet maupun krim, semasa hamil tdk baik utk janin, Resep alami utk eksim yg aman ketika hamil bs Ibu lihat di link:

    http://sites.google.com/site/tokohomart/paket-resep-alami/alergiasma

  16. cosmas says:

    Setahun belakangan ini,saya terkena eksim. Saya sudah ke dokter berkali-kali,tetapi begitu obat habis,eksim ini kambuh.Saya juga sudah test alergi,dan hasilnya tdk ada alergi sama sekali.
    Ada ada saran utk penyembuhannya?virgon coconut oil ini dijual bebas di supermarket?

  17. Awan says:

    @ Sdr Cosmas: Anda tes alergi dimana?Deteksi dan pengobatan alergi secara tuntas bs juga dg teknologi bioresonance. DImana klinik yg menyediakan terapi ini bs di search di google.

    Selain itu pengobatan eksim secara alami dan tuntas juga bs dilihat di link:

    http://sites.google.com/site/tokohomart/paket-resep-alami/dermatitiseksim

    Virgin Coconut Oil (VCO) biasa dijual di apotek atau toko obat china. Tapi Anda harus cukup jeli dlm memilih VCO yg baik, krn bnyk jg beredar VCO dg kualitas rendah yg cepat tengik dan tdk manjur dipasaran. Anda bs memesan VCO dg kualitas tinggi secara online di link http://www.terapivco.co.nr

  18. nyit2 says:

    kalo aq kambuhan. dkaki daerah jmpol. nglangn bkasnya gmana ya, tp ni wrnany mlh lbh crah dr kulit asli. putih agak pink gt. tx b4 y..

  19. Awan says:

    @ Ngilangin bekasnya bs rutin pakai minyak zaitun. diolesin sesering mungkin. Atau bs jg pakai produk HD Propolis Cream. Detail info produk dan gimana mendptknnya bs dilihat di link: http://sites.google.com/site/tokohomart/produk/hdaloepropoliscream

  20. icha says:

    dok,,saya lagi sedih T_______T
    satu tahun yang lalu saya kecelakan, yang akhirnya membekas di kaki kiri saya, nah, untuk pengobatan luka tersebut, saya dianjurkan atasan saya pakai coconut oil, dianjurkan kaka ipar saya pake jelly gamat, dianjurkan mama saya pake biyang. nah jadilah bekas luka saya dioles oleh macam2 obat..

    nah,,sya tidak begitu memperhatikan,sampai setengah tahun lalu, temen kantor saya bilang,,kayanya bekas luka saya berubah jadi eksim kering T___T

    hwoh,,akhirnya saya ke dokter kulit, pake benoson.. ga mempan,,malah melebar..
    ke dokter lagi,saya bilang jangan kasih benoson,,akhirnya dikasih salep racikan + obat kapsulnya.. sudah 2x saya, dikasih salep + kapsulnya.
    tapi saya ga minum obat kapsulnya,karena saya berdebar2 kalau minum obat.

    tapi dok,,bukannya malah sembuh,, tapi malah melebar T__T dan merah2 hitam2,,
    dan now,,kaki saya lagi di cat,, di cat pake cat tembok sama ayah saya. soalnya waktu dulu kaka saya kecil kena eksim basah,,di cat sama ayah saya, besoknya kering dan sembuh..
    tapi apakah ini sama dengan eksim kering T___T ?

    need advice dok,,
    *sorry jadi curhat..

  21. Dt Awan says:

    @ Sdri Icha: Eksim basah Beda dg eksim kering. Saya tdk tahu apa dg di cat, eksim kering akan bs sembuh. Tapi kalau mau, Anda bs pakai resep alami di link

    http://sites.google.com/site/tokohomart/paket-resep-alami/dermatitiseksim

    Cara belanja: http://sites.google.com/site/tokohomart/cara-berbelanja

  22. Efi says:

    mau tanya dan cerita sedikit…
    pada bulan januari
    tangan saya ada infeksi yang pertama saya kira itu harpes, lalu saya obati dengan aciclovir.. setelah 2 minggu saat saya main ke tempat temen saya cerita, diberi solusi untuk mencoba oleskan salep kulit lupa namanya.. itu ternyanta langsung sembuh dalam waktu 3 hari…. ternyata setelah dibagian tangan sembuh sekarang mlah jari-jari saya yang terkena
    denngan tanda-tandanya kaya keringet buntet yang dalmnya ada ir
    ,kadang juga nanah
    saya mulai lelah dengan ini ,karena ini mengganggu,apalagi saat ini saya maupraktik kebidanan
    takutnya nanti malah tambah terinfeksi dan tidak kungjung sembuh……

    Minta tolong dicarikan solusinya????
    jawab via E-mail

  23. ami says:

    dok saya mo tanya nih…sudah 3 tahun ini saya mengalami gatal yang sangat di selangkangan saya, sampai sekarang selangkangan saya berwarna hitam dan kalo gatal muncul gelembung dan ada cairan warna putihnya apa obatnya ….saya sudah kedokter awalnya dikasih obat betametason dan obat tablet tapi saya lupa namnya tapi setelah habis obatnya beberapa bulan kambuh kembali, kasih solusi dong…

  24. Dt Awan says:

    @ Sdri Ami: Maaf br sempat bs jawab. Resep alaminya tanpa efek sampin yaitu Jelly gamat dan propolis. Detail info dan pemesanan Jelly Gamat bs dilihat di link: http://healindonesia.wordpress.com/ruang-belanja/jelly-gamat-luxor/
    Utk propolis: https://sites.google.com/site/tokohomart/produk/hdbeepropolis

    Propolis diminum 2×2 tablet seblm srpn dan seblm tdr malam.
    Jelly Gamat diminum 2×2 sdm seblm srpn dan seblm tdr malam jg dioleskan secukupnya di daerah yg terinfeksi sesdh mandi dan seblm tdr malam.

  25. saya berusia 18 tahun,penyakit kulit ini muncul sewaktu saya duduk di bangku SMA kelas 1 awalnya kya di gigit nyamuk di kaki.Kemudian kerena gatal saya garuk dan muncul kemerahan lama-kelamaan menjadi hitam.Sudah bolak-balik ke dokter kulit,katanya dokter sih tidak boleh makan yang mengandung penyedap rasa dan zat-zat kimia. Sempet sembuh,tetapi bila obatnya habis kambuh lagi.Di kasih obat salep sama obat minum (telfast dan urbason kalo gak salah)
    bagaimana cara alami untuk mengatasinya ?

  26. Dt Awan says:

    @ Esti Novianti : Maaf saking sibuknya jd lama jawabnya. Obat alami utk eksim bs dengan propolis tablet dikonsumsi 3×2 tablet seblm mkn. Detail info, harga, pemesanan propolis tablet bs dilihat di link: https://sites.google.com/site/tokohomart/produk/hdbeepropolis

    Selama sakit, hindari dulu susu sapi, junk food, soft drink, segala jenis mie, bakso, dan kopi.

    Minum air putih jg hrs bnyk minimal 8 gelas sehr.

Comments are closed.

Tips Menghindari Malpraktek

Arsip Artikel