Home » Info Sehat » Khasiat Lalapan untuk Mengatasi Berbagai Penyakit Termasuk Kanker

Khasiat Lalapan untuk Mengatasi Berbagai Penyakit Termasuk Kanker

lalapanLalapan bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung zat gizi relatif tinggi yang sangat dibutuhkan tubuh, yaitu vitamin dan mineral. Hampir semua jenis vitamin dan mikronutrien (terutama mineral) yang penting bagi tubuh terdapat di dalam lalapan. Vitamin dan mineral penting berguna untuk menjaga metabolisme tubuh. Selain vitamin dan mineral, lalapan memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat sering kali disebut sebagai the forgotten nutrient (zat gizi yang dilupakan) karena pada awalnya tidak diketahui fungsinya. Padahal, serat berguna untuk melancarkan pembuangan kotoran (tinja), menurunkan kolesterol, mengurangi resiko penyakit jantung, dan mencegah kanker usus.

Manfaat lain lalapan adalah untuk memperlambat penuaan dan menjaga kecantikan. Kandungan antioksidan dalam lalapan dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penuaan dini. Dengan mengkonsumsi lalapan yang cukup, kecantikan tubuh senantiasa terjaga dan terlihat awet muda.

Dengan kata lain, untuk menangkal atau mengobati suatu penyakit tidak mutlak harus mengkonsumsi obat-obatan kimia. Sebagai gantinya dapat ditempuh upaya pengobatan alternatif dengan mengkonsumsi lalapan secara rutin. Banyak jenis lalapan yang berkhasiat mengobati berbagai jenis penyakit. Namun, tidak semua lalapan berkhasiat obat. Hingga saat ini belum ada aturan yang jelas dan lengkap mengenai dosis konsumsi lalapan. Hal ini dikarenakan kebiasaan mengkonsumsi lalapan merupakan tradisi warisan nenek moyang sehingga tidak ada aturan tertulis. Namun, dari pengalaman dapat ditentukan perkiraan dosis konsumsi lalapan yang dianjurkan untuk kepentingan pengobatan.

Seiring dengan berkembangnya pengetahuan tentang tanaman yang berkhasiat obat, diketahui pula bahwa banyak jenis lalapan yang bermanfaat sebagai obat. Lalapan tersebut berkhasiat membantu dalam pencegahan dan pengobatan berbagai jenis penyakit. Hal ini dimungkinkan karena dalam berbagai jenis lalapan terkandung bermacam-macam zat atau senyawa kimia tertentu yang berkhasiat obat. Dengan mengkonsumsi sayuran lalap yang berkhasiat tertentu, penyakit yang diderita dapat diobati. Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan lalapan antara lain sebagai berikut.

a.       Diabetes (Kencing Manis)

leuncaPenyakit diabetes dapat diobati dengan beberapa jenis lalapan. Daun dan buah mengkudu, buncis, leunca, petai, petai cina, dan salam berkhasiat menurunkan kadar gula darah.

b.      Kanker

Beberapa jenis kanker seperti kanker mulut rahim, kanker pavudara, kanker lambung, dan kanker hati dapat dicegah atau diobati dengan lalapan. Beberapa jenis lalapan tersebut di antaranya buncis, leunca, dan mengkudu.

c.       Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Lalapan yang dapat dimakan mentah/direbus atau dibuat sayur terlebih dahulu seperti buncis, mengkudu, buah pepaya, katuk, kunyit, leunca, mentimun, pegagan, selada air, seledri, dan takokak berkhasiat menurunkan tekanan darah.

d.      Sakit kuning (lever)

pegaganRimpang kunyit, mengkudu, sawi tanah, dan semanggi berkhasiat sebagai obat sakit kuning (lever). Lalapan tersebut dapat direbus/dikukus dan dimakan bersama dengan sambal.

e.      Batuk

Penyakit batuk dapat diobati dengan lalapan seperti daun beluntas, jahe, kangkung, kencur, leunca, mengkudu, pegagan, sawi tanah, semanggi gunung, takokak, dan temu kunci.

f.        Demam

Lalapan yang berkhasiat sebagai obat penurun panas (demam) di antaranya beluntas, katuk, kemangi, kencur, kunyit, leunca, mentimun, pare, pegagan, pepaya, sawi tanah, semanggi gunung, dan tempuh wiyang.

g.       Rematik atau Encok

Rematik atau encok dapat diatasi dengan mengkonsumsi lalapan seperti kemangi, pepaya, seledri, jahe, dan kunyit.

h.      Ambeien, Asma/Sesak Napas, Maag, dan Anemia

Pegagan dan selada air berkhasiat sebagai obat ambeien. Penyakit asma/sesak napas dapat diobati dengan lalapan pegagan dan seledri. Daun jombloh dan buah pepaya berkhasiat sebagai obat maag. Sementara obat penambah darah (anemia) dapat digunakan daun jombloh.

i.         Peluruh Keringat (Diaphoretic)

selada-airBau badan dapat diatasi dengan mengkonsumsi daun beluntas, jahe, kemangi, atau kencur. Lalapan tersebut mengandung senyawa aktif yang bersifat meluruhkan keringat.

j.        Peluruh Air Seni

Buncis, kacang panjang, legetan, mengkudu, petai cina, sawi tanah, semanggi gunung, dan tempuh wiyang berkhasiat sebagai obat peluruh air seni.

k.       Penambah Nafsu Makan

Beberapa jenis lalapan yang berkhasiat sebagai obat penambah nafsu makan adalah genjer, jahe, pare, pegagan, takokak, dan temu kunci.

l.         Pelancar ASI

Lalapan yang berkhasiat sebagai obat pelancar ASI adalah kacang panjang, daun katuk, kemangi, pegagan, buah pepaya, dan temu kunci.

m.     Penetralisir Keracunan Makanan

Kacang panjang, kangkung, kencur, mentimun, pepaya, dan singkong berkhasiat menetralisir keracunan akibat makanan seperti singkong, jengkol, jamur, tempe bongkrek, maupun keracunan saat hamil.

Sumber: Tanaman Lalap Berkhasiat Obat, 2005, Hal. 9-12

142 Total Views 4 Views Today

16 Comments

  1. tia says:

    itu lalapannya direbus atau dimakan mentah…???
    cz temenQ bilang, keseringan makan lalapan mentah tu gak baik…
    bisa mengakibatkan apa gitu..
    lupa aQ…

  2. Awan says:

    Saudari Tia,

    Lalapannya bs direbus atau mentah, tergantung selera. Tapi paling baik adl dikonsumsi mentah krn kandungan nutrisinya msh bnyk yg tdk hancur.

    Lalapan akn berbahaya jika lalapan tersebut bnyk kena pestisida dan mencucinya tdk bersih. Jadi pastikan Anda mengkonsumsi lalapan yg tercuci bersih (shg terbebas dr kuman dan pestisida yg nempel diluar) dan lalapan organic. Ciri lalapan organic adl: daun ada bnyk atau bbrp lubang habis dimakan ulat atau serangga. Daun lalapan yg mulus biasanya sdh tercemar pestisida.

    Keracunan pestisida bs mengakibatkan mual2, Pusing, sakit perut, gangguan syaraf, hati, dan ginjal.

  3. topik says:

    untuk pengganti sel yang rusak… dan awet muda katanya diperlukan lalapan yang kandungan beta karotin yang tinggi. Lalapan apa yang umum di indonesoia

  4. Awan says:

    Saudara topic,

    Semua lalapan jika dikonsumsi secara gabungan akan membantu kita awet muda karena gabungan dari antioksidan dan enzim2 di dalamnya. Banyk2 saja konsumsi lalapan yg tertulis di artikel ini. Semuanya adl umum di Indonesia ini.

  5. iny says:

    jenis sayuran atau lalapan apa sih yang bisa menimbulkan efek samping jika sering dikonsumsi?

  6. iny says:

    ada mitos soal “dengan mengkonsumsi Juz bayam bisa bikin otak encer”bener ngk sih…

  7. Awan says:

    Itu bukan mitos tapi memang berdasarkan penelitian bahwa bayam itu baik utk otak. Kandungan asam folat dan antioksidannya sangat baik utk otak. Info:

    http://hubpages.com/hub/Why_spinach_is_good_for_your_brain

    http://www.spinachwords.com/brain_health.shtml

    http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=news&dbid=68

  8. Awan says:

    Sayuran atau lalapan yg bisa menimbulkan efek samping jika TERLALU sering dikonsumsi adalah seperti misalnya jengkol (bisa jengkolan atau mengganggu ginjal), cabai (kalau kebanyakan akan sakit perut), bayam (perlu dicerna agak lama oleh perut, jadi jgn keseringan), dll.

    Pada dasarnya segala sesuatu yg BERLEBIHAN adl tdk baik. Jadi kita harus pintar2 “mendengarkan” tubuh kita dlm bereaksi thd apa yg kita makan dan minum.

  9. laru says:

    yuk kembali ke alam nan sehat dan berlimpah di negeri kita supaya sehat jasmani dan rohani

  10. Ima says:

    bingung nih.. soalnya ga ada dosisnya.. kan ga tau kita musti makan berapa banyak n berapa lama supaya kita mendapatkan efek yang diinginkan dan tidak terkena efek sampingannya yg kita ga inginkan… makacieh..

  11. Awan says:

    lalapan itu makanan, jd tdk bs disamakan dg obat yg perlu diatur dosisnya. Aturannya adl makan secukupnya layaknya makanan lainnya. Efek akan terlihat dlm kurun waktu rata2 3 hari atau 1 minggu jika RUTIN mengonsumsi BERBAGAI lalapan utk penyakit TERTENTU SESUAI DENGN JENIS lalapan tertentu.

    Mengenai efek samping tdk ada, sama spt makanan lainnya tdk ada efek samping. Tapi kalau makannya rakus ya berakibat sakit perut :)

  12. Andy says:

    Lbih bgus makan daun petai cina. Dijamin brkalsium tinggi.

  13. nyota says:

    gw suka banget ma selada.paling enak bwt lalapan

  14. asud ganda r says:

    lalapan itu bagus juga bos…… untuk kesegaran kulit

  15. galih rhamdani says:

    apakah benar salada air bisa berfungsi mencuci darah…?

  16. Dt Awan says:

    @ Sdr galih rhamdani: iya bs MEMBERSIHKAN darah krn kandungan antioksidannya yg tinggi.

Comments are closed.

Tips Menghindari Malpraktek

Arsip Artikel