Healindonesia

Manfaat Senam Kegel untuk Seks, Wasir, dan Wanita Hamil

26sexual

Senam kegel adalah senam untuk menguatkan otot panggul. Otot panggul atau otot PC (PuboCoccygeal Muscle) adalah otot yang melekat pada tulang-tulang panggul seperti ayunan dan berperan menggerakkan organ-organ dalam panggul yaitu rahim, kantong kemih, dan usus. Bila Anda menahan dan melepaskan air seni, berarti Anda sedang menggerakkan otot panggul. Cara lain untuk mengetahui otot panggul adalah dengan memasukkan jari Anda yang bersih ke dalam vagina, lalu menekannya. Otot-otot yang ‘mencengkeram’ jari Anda itu adalah otot panggul.


Nama senam ini diambil dari penemunya Arnold Kegel, seorang dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan di Los Angeles sekitar tahun 1950-an. Dokter Kegel seringkali melihat pasiennya yang sedang dalam proses persalinan sering tidak dapat menahan keluarnya air seni (ngompol). Timbullah inisiatifnya untuk menemukan exercise agar pasiennya tidak mengalami hal tersebut.

kegel919thumbnailSenam Kegel dan Seks

Dalam perkembangan selanjutnya, senam ini selain dilakukan oleh wanita juga dilakukan oleh para pria. Pada pria kerja otot ini lebih mudah diamati dari luar dibanding wanita. Hal ini dapat dilihat dengan gerakan penis “naik-turun” dalam keadaan ereksi. Pria yang terlatih akan mendapatkan orgasme yang lebih intens, dapat mencegah ejakulasi dini dan memperpendek waktu untuk siap melakukan hubungan seks ulang.

Pada wanita kerja otot pubococcygeal dapat dirasakan berupa denyutan pada dinding vagina. Bila otot ini terlatih dan kuat , kontraksi otot vagina dapat dengan sengaja dilakukan saat berhubungan intim tanpa menunggu orgasme terlebih dahulu. Wanita dengan otot pubococcygeal terlatih lebih mudah mengalami perangsangan seksual (tidak frigid), lebih cepat “basah” untuk mengalami orgasme yang sering dan memuaskan bahkan dapat mencapai orgasme hanya dengan rangsangan pada G spot-nya.

.

Manfaat Senam Kegel Bagi Wanita Hamil dan Wasir

Hemorrhoid atau sering disebut dengan wasir pada wanita hamil, salah satu penyebabnya adalah konstipasi, yaitu buang air besar (BAB) yang keras, sulit dan jarang, serta dibarengi perasaan mengejan dan tidak puas.

Ahli kandungan dan kebidanan, dr Suhartono DS SpOG mengatakan, hal lain yang yang bisa menjadi penyebab timbulnya wasir pada masa kehamilan adalah membesarnya rahim yang memberikan tekanan pada pembuluh darah balik panggul dan vena cava inferior (pembuluh darah balik besar yang terletak di sebelah kanan tubuh yang menerima aliran darah dari tubuh bagian bawah).

“Konstipasi dapat terjadi pertama kali selama dalam kehamilan atau dapat juga bersifat kronik yang semakin bertambah parah selama kehamilan,” katanya.

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konstipasi dalam kehamilan antara lain asupan cairan yang rendah akibat mual dan muntah, atau suplemen vitamin dengan kadar zat besi yang tinggi. Selain itu gaya hidup menyangkut aktivitas fisik yang rendah dan stres juga bisa berpengaruh.

Selama masa kehamilan, wasir diperberat oleh adanya perubahan hormonal, pelebaran dan penambahan pembuluh darah, serta peningkatan aliran darah ke derah kandungan. Selain itu, terjadinya perbesaran kandungan dan desakan kepala janin dapat menyebabkan gangguan dan komplikasi terhadap pembuluh darah disekitar kandungan. Akibatnya bagi wanita hamil yang memang sebelumnya sudah menderita wasir dapat menyebabkan bertambah parah.

Umumnya, pada masa kehamilan gejala wasir baru muncul memasuki trimester kedua akibat rahim dan janin yang mulai membesar. Ada banyak gejala yang menyertai penyakit wasir tapi keluhan yang kerap dirasakan adalah rasa sakit, nyeri atau gatal di anus.

“Gejala lanjutan lain yang sering dijumpai adalah perdarahan di anus. Penderita biasanya tidak mengeluhkan rasa sakit yang sangat tapi aktivitasnya terganggu,” tegasnya.

Wasir tingkat lanjut akan ditandai dengan munculnya prolaps atau wasir yang menonjol. Rasa sakit dapat muncul pada tingkat lanjut jika terjadi trombosis atau gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah. Kondisi ini umumnya terjadi pada wasir luar yang terjepit.

Penanganan wasir pada masa kehamilan dilakukan dengan memberikan pengobatan.

“Tindakan pembedahan untuk mengatasi wasir yang akut pada wanita hamil tidak dapat dilakukan karena dapat menimbulkan komplikasi pada kehamilan dan janin,” katanya. Karena itulah untuk mengoperasi wasir yang akut harus menunggu sampai waktu melahirkan.

Perubahan gaya hidup perlu dilakukan untuk menghindari timbulnya wasir pada wanita yang sedang hamil. Melakukan aktivitas buang air besar (BAB) secara rutin bisa menjadi kebiasaan yang efektif untuk menghindari munculnya wasir.

Selain itu olahraga ringan secara teratur, minum air minimal dua liter sehari dan banyak makan makanan berserat juga dapat mencegah munculnya wasir.

Upaya pencegahan lain yang baik adalah dengan melakukan senam kegel. Dengan melakukan senam kegel sirkulasi darah disekitar dubur dapat meningkat sehingga dapat mencegah wasir.

“Senam kegel juga dapat memperkuat otot-otot vaginal dan perianal yang akan mempercepat penyembuhan pasca bersalin,” jelasnya.

Kehamilan, persalinan, kegemukan dan batuk berat dapat menjadi beban bagi otot panggul. Bila dasar otot panggul melemah, organ-organ panggul wanita akan melorot dan menonjol keluar lewat vagina. Kondisi tersebut dinamakan prolapsis uterus atau vagina yang seringkali membuat wanita kencing dan buang air tanpa sengaja (Jawa: pecirit). Senam kegel yang teratur dapat mencegah hal tersebut.

Jadi, dari semua penjelasan di atas, manfaat senam kegel adalah:

  • Memudahkan kelahiran bayi tanpa banyak merobek jalan lahir (tanpa atau sedikit ‘jahitan’).
  • Meningkatkan kepuasan seksual (karena lebih kuatnya ‘daya cengkeram’ vagina dan meningkatnya daya tahan kelamin pria)
  • Mencegah ambein/wasir.
  • Mencegah ‘ngompol kecil’ saat bersin dan batuk.

.

Cara Melakukan Senam Kegel

Teknik senam Kegel yang paling sederhana dan mudah dilakukan adalah dengan seolah-olah menahan kencing (pada wanita dan pria). Kencangkan atau kontraksikan otot seperti menahan kencing, pertahankan selama 5 detik, kemudian relaksasikan (kendurkan). Ulangi lagi latihan tersebut setidaknya lima kali berturut-turut. Secara bertahap tingkatkan lama menahan kencing 15-20 detik, lakukanlah secara serial setidaknya 6-12 kali tiap latihan. Latihan bisa dilakukan di kursi kerja, sambil duduk, saat mengendarai mobil bahkan saat anda berada di kamar kecil asal ada kemauan yang keras. Hasilnya kelak dapat memberikan kesenangan bukan hanya kepada pasangan melainkan juga bagi keduanya.

Bila Anda melakukan senam kegel secara teratur, dalam waktu 8 hingga 12 minggu Anda sudah dapat merasakan manfaatnya. Bagi wanita, lakukanlah sepanjang hidup Anda, tidak sebatas pada saat hamil. Bila rajin melakukan senam kegel sejak muda, maka di saat tua otot panggul Anda tetap kuat. Anda akan terhindar dari mengompol, sulit menahan kencing dan masalah lainnya yang sering dialami para lansia. Selamat mencoba.

Link referensi: 

http://id.88db.com/id/Knowledge/Knowledge_Detail.page?kid=876

http://hil4ry.wordpress.com/2007/10/25/senam-kegel/

http://www.info-usaha.tripod.com/hotnews07.htm

23 Responses on Manfaat Senam Kegel untuk Seks, Wasir, dan Wanita Hamil"