Home » Info Sehat » Penyakit Akibat Lalai Mengonsumsi Buah dan Sayur serta Solusi Penyembuhannya

Penyakit Akibat Lalai Mengonsumsi Buah dan Sayur serta Solusi Penyembuhannya

sehat0407-906Ada ungkapan bijak yang mengatakan kesehatan tercermin dari apa yang Anda makan. Pola makan yang buruk akan mengakibatkan kemunculan  beragam  penyakit. Sebaliknya, pola makan yang baik akan menjadikan tubuh bugar dan sehat. Ada hubungan sejajar antara pola perilaku makan dan kesehatan. Dalam gemuruh modernitas seperti saat ini, semua orang lebih menyukai makanan instan dan mengabaikan makanan nabati.

“Kegilaan” akan makanan instan sejatinya banyak melahirkan dampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan makanan instan kebanyakan mengandung pengawet, pewarna, pemberi rasa, tinggi lemak, tinggi protein, banyak gula dan garam, tetapi rendah serat. Pola makan seperti ini menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit degeneratif seperti tekanan darah tinggi, diabetes melitus, jantung koroner, stroke, obesitas, hingga kanker.

Jika Anda ingin terhindar dari ragam penyakit tersebut, sudah seharusnya Anda MEMBIASAKAN pola makan sehat, yaitu dengan banyak mengonsumsi buah dan sayuran sebagai sumber vitamin, mineral esensial, serta nutrisi mikro yang penting bagi kesehatan tubuh. Buah dan sayuran juga mampu mendetoksifikasi tubuh dari beragam zat karsinogen penyebab kanker.

Buah dan sayur juga mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan ini mampu mengubah sel-sel tubuh menjadi pengamanan untuk melawan  radikal  bebas  penyebab  berbagai  penyakit Sebenarnya, radikal bebas yang tidak terkontrol bisa menyebabkan kerusakan sel-sel. Disinilah antioksidan dalam buah dan sayuran mengambil peranan. Antioksidan akan mencegah berkembangnya radikal bebas dalam tubuh sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Seseorang yang mengabaikan atau bahkan antimakan buah-buahan dan sayur-sayuran akan menghadapi masalah besar dalam hidupnya. Tubuhnya akan menjadi ‘surga’ berbagai macam penyakit. Berikut ini akan diuraikan beberapa jenis ragam penyakit akibat mengabaikan menu makanan yang kaya akan gizi dan protein, yaitu buah-buahan dan sayuran segar.

Daya Tahan Fisik Lemah

Orang yang jarang mengonsumsi buah-buahan dan sayuran daya tahan fisiknya lemah. Hal ini disebabkan oleh tubuh orang tersebut ‘miskin’ vitamin B kompleks, vitamin C, E, seng, besi, magnesium, dan potasium. Supaya fisiknya tetap bugar dan fit, orang itu harus rajin mengonsumsi jus wortel, jahe, bayam, peterseli, selada air, buah apel, jeruk, leci, kiwi, dan buah atau sayuran lainnya. Buatlah jus buah dengan komposisi sebagai berikut:

  • 4 buah wortel, 2 cm jahe, 3 lembar daun bayam, ½ genggam peterseli, dan 6 tangkai selada air; atau
  • 3 lembar daun bayam, 5 buah wortel, dan brussel sprout, atau
  • 6 lembar daun bayam, 1 apel, ¼ jeruk nipis, 6 buah leci, dan 4 buah kiwi. Tambahkan air sesuai kekentalan yang diinginkan.

Stres atau Depresi

Seseorang yang pola makannya ‘miskin’ buah-buahan dan sayuran akan mudah terserang stres dan depresi. Hal ini disebabkan tubuh orang itu kekurangan vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, dan magnesium. Untuk menghilangkan kesuntukan hati, pikiran keruh, dan tekanan jiwa yang tak tertahankan hendaknya banyak mengonsumsi buah melon, anggur, bayam, dan makanan nabati lainnya. Buatlah jus buah dengan komposisi sebagai berikut:

  • 220 gr melon dan 6 lembar daun bayam; atau
  • 4 lembar daun bayam dan 110 gr anggur merah.

Flu

Seseorang yang jarang makan buah-buahan dan sayuran akan rawan terkena penyakit flu. Penyebabnya yaitu dalam tubuhnya kekurangan vitamin C, betakaroton, dan seng. Orang yang terjangkiti penyakit flu hendaknya mengobati sakitnya dengan mengonsumsi buah jeruk, jambu biji dan jambu air, pepaya serta makanan nabati lainnya. Jika terkena flu buatlah jus buah dengan komposisi bahan sebagai berikut:

  • 1 buah jeruk yang besar dan 1 buah jambu biji da air; atau
  • 2 buah jeruk yang besar, 1/2 jeruk lemon, 1/z buah jeruk nipis, dan 1 buah pepaya.

Tekanan Darah Tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi, bisa disebabkan karena tubuhnya ‘miskin’ potasium, kalsium dan magnesium. Orang yang mengidap tekanan darah tinggi hendaknya rajin mengonsumsi buah anggur, pir, ceri, serta buah-buahan yang lain. Buatlah jus buah dengan komposisi:

  • 110 gr buah ceri, 170 gr buah anggur, dan 1 buah pir.

Gangguan Pencernaan

Orang yang jarang makan buah-buahan dan sayuran, tubuhnya bakal kekurangan gizi yang berupa asam folat dan betakaroten. Untuk menyingkirkan gangguan pencernaan dalam tubuh dianjurkan rajin mengonsumsi wortel, lobak cina, seledri, apel, mentimun, dan buah-buahan lainnya. Sembuhkan gangguan pencernaan dengan membuat jus buah dengan komposisi:

  • 3 buah wortel, 1 buah lobak cina, dan 2 buah apel; atau
  • 3 buah apel, ¼ buah mentimun, dan 4 tangkai selada air.

Gusi Berdarah

Gusi berdarah bisa muncul karena tubuh kekurangan vitamin C, kalsium, dan magnesium. Untuk menyembuhkan gusi berdarah, hendaknya rajin mengonsumsi buah apel, pir, daun bayam, wortel, seledri, peterseli, dan buah-buahn yang lain. Solusi penyembuhan gusi berdarah dengan membuat jus buah dengan konsumsi:

  • 4 lembar daun bayam, 3 buah apel, dan 1 buah pir; atau
  • 6 lembar daun selada, 5 buah wortel, dan segenggam peterseli.

Gangguan Mata

Gangguan pada mata bisa diakibatkan karena tubuh kekurangan gizi yang berupa betakaroten. Gangguan mata, utamanya kelelahan mata bisa diatasi dengan banyak mengonsumsi wortel, selada air, dan buah-buahan lainnya. Jika mata lelah, buatlah jus buah dengan komposisi bahan sebagai berikut:

  • 6 buah wortel dan 4 tangkai selada air.

Kulit Keriput

Kulit keriput bisa disebabkan karena tubuh kekurangan gizi yang berupa vitamin B2, C, E, silikon, selenium, dan potasium. Agar kulit tetap kencang, hendaknya banyak mengonsumsi wortel, pir, seledri, peterseli, dan buah-buahan segar lainnya. Buatlah jus buah dengan komposisi:

  • 4 buah wortel, 1 buah pir, 6 lembar daun seledri, dan segenggam peterseli.

Artritis

Orang yang tubuhnya kekurangan niasin, vitamin B3, vitamin C, kalsium, dan selenium akan mudah terkena penyakit artritis. Agar terhindar dari penyakit tersebut, hendaknya rajin mengonsumsi buah wortel, selada air, jambu biji, nanas, dan jeruk nipis. Buatlah jus buah dengan komposisi sebagai berikut:

  • 4 buah wortel dan 6 tangkai selada air; atau
  • 1 buah jambu biji, ¼  buah jeruk nipis, dan 2 cm nanas potongan melintang.

Osteoporosis

Orang yang jarang  makan  buah dan  sayuran  tubuhnya akan mudah menderita penyakit osteoporosis, sebab tubuh kekurangan vitamin D dan kalsium. Untuk mencegah osteoporosis bisa dilakukan dengan cara rajin mengonsumsi wortel, apel, kuntum brokoli, peterseli, serta buah dan sayuran segar lainnya. Jika terjangkili osteoporosis, buatlah jus buah dengan komposisi sebagai berikut:

  • 3 buah wortel, 1 buah apel, 4 kuntum brokoli beserta batangnya dan ½ genggam peterseli.

Jerawat

Jerawat di wajah bisa disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin B2, C, E, betakaroten, potasium, dan seng. Untuk mengusir jerawat bisa dilakukan dengan rajin mengonsumsi wortel, lobak cina, jahe dan buah serta sayuran lainnya. Cobalah membuat jus buah dengan komposisi bahan sebagai berikut:

  • 4 buah wortel, 1 buah lobak cina, dan 2 cm jahe.

Kulit Kusut

Orang yang jarang makan buah-buahan dan sayuran, kulitnya bakal kusut dan terlihat kusam. Hal ini disebabkan tubuh ‘miskin’ gizi yang berupa vitamin B2, C, E, betakaroten, dan potasium. Orang tersebut, hendaknya rajin mengonsumsi buah anggur merah, strowbery, jeruk, jambu biji, dan buah-buahan lainnya. Obati kulit kusut dengan membuat jus buah yang mempunyai komposisi bahan sebagai berikut:

  • 110 gram buah anggur merah dan 10 buah strowbery; atau
  • 2 buah jeruk, 1 buah jambu biji, dan !/2 buah jeruk nipis.

Sembelit

Sembelit atau konstipasi adalah tanda bahwa pencernaan sedang terganggu. Agar terhindar dari gangguan-gangguan tersebut hendaknya rajin mengonsumsi buah sirsak, nanas, pepaya, dan buah-buahan lainnya. Buatlah jus buah dengan komposisi bahan sebagai berikut:

  • 250 g sirsak, 100 g nanas, 100 g pepaya, 2 sendok makan air jeruk nipis, 2 sendok makan madu, dan 100 cc air dingin atau es.

Kanker

Jika tidak ingin terjangkiti kanker, hendaknya rajin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar, misalnya semangka, jahe, dan makanan nabati lainnya. Jika ada gejala kanker atau bah-kan terjangkiti kanker, buatlah jus buah dengan komposisi bahan sebagai berikut.

  • 250 g buah semangka, 250 ml air, 125 ml sari jahe, 2 sendok makan gula pasir, dan 1 ons irisan jahe.

Kelebihan Kolesterol Darah

Agar tubuh terhindar dari penyakit kolesterol, hendaknya rajin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran seperti nanas, wortel, dan mentimun. Jika tubuh mengidap kolesterol darah berlebih, buatlah jus buah dengan komposisi bahan sebagai berikut:

  • 100 gr wortel, 100 gr mentimun, 250 gr nanas matang, 4 buah cabai merah, 50 ml cuka, 400 ml air, 100 gr gula merah, dan garam secukupnya.

Sariawan

Agar tubuh terhindar sariawan, hendaknya rajin mengonsumsi buah jeruk, melon, jeruk nipis, dan buah-buahan lainnya. Solusi untuk ‘mengusir’ sariawan ialah dengan membuat jus buah melon atau jeruk. Dapat juga dengan membuat teh jeruk segar. Buatlah minuman teh jeruk segar dengan komposisi bahan sebagai berikut:

  • 2 kantong teh celup, 500 ml air mendidih, 60 ml air jeruk nipis, 50 cc madu, 250 g nanas (cincang kasar), 500 ml sari jeruk lemon, 150 g melon (potong kecil-kecil), dan 2 buah jeruk lemon berkulit (iris tipis).

Dan, masih banyak lagi jenis penyakit yang menyerang orang yang enggan atau bahkan anti-mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Tidak mungkin untuk menyebutkan satu per satu dalam artikel ini. Oleh karena itu, mulai sekarang, di hari ini juga, BIASAKANLAH diri Anda untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, terlebih lagi yang masih mentah.

Sumber: Buku “Live Food” halaman 78-83, karya dr. Amin Ruwaihah

763 Total Views 5 Views Today

6 Comments

  1. Deny says:

    halloo…
    saya Pria Berusia 20tahun, yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah apabila seluruh badan kita merasa dingin itu bisa dikatakan suatu penyakit? padahal suhu disekitar kita tidak dingin.
    2. Apa dampak apabila seseorang itu memiliki tensi darah yang rendah? sekitar 70/90?
    3. ada kah cara untuk mengembalikan suhu tubuh kembali normal sehingga tidak dingin lagi?

    Terima Kasih

  2. Awan says:

    Mas Deny,

    Saya jawab langsung ya:
    1. Jika suhu disekitar kita tdk dingin tapi kita merasa dingin itu disebut dengan meriang. Tubuh jadi meriang itu sebagai tanda ada yg tdk beres DI DALAM TUBUH.
    2. dampak apabila seseorang itu memiliki tensi darah yang rendah bisa diklik di: http://healindonesia.wordpress.com/2008/12/10/hipotensi-bukan-“penyakit-bagus”/

    3. Konsumsi VCO (Virgin Coconut Oil) atau bisa juga madu yang mengandung bee pollen. Keduanya bisa dibeli di toko obat manapun, terserah merek apa saja. Dosis & aturan pakai disesuaikan pada brosur. Jika ingin madu mengandung bee pollen yg berkualitas tinggi dan terjamin asli, bisa Mas klik di:
    http://healindonesia.wordpress.com/2008/08/30/pollenergy-520/

  3. mia says:

    kaih tahu dong jus untuik mempercepat / menghilangkan bekas jerawat atau bekas luka di kulit

  4. Awan says:

    @Saudari Mia: jus yg baik utk kesegaran kulit adl jus pepaya, bengkoang, apel, atau tomat. Bisa dicampur2 atau dipisah.

  5. gen says:

    Saya pria berusia 20 tahun..
    Saya ingin menanyakan beberapa hal..
    1. apa yang menyebabkan badan dan pikiran mudah lelah saat beraktifitas
    2. apakah konsumsi suplemen (berbahan chemical dari Barat, bukan alami dari China) secara rutin itu baik? Apakah vitamin yang berasal dari suplemen cukup untuk menunjang kebutuhan tubuh apabila jarang mengkonsumsi buah atau sayur?
    3. apakah cukup apabila saya hanya mengkonsumsi beberapa jenis buah seperti semangka, melon dan jeruk saja?

  6. Awan says:

    @ Sdr Gen:
    1. yang menyebabkan badan dan pikiran mudah lelah saat beraktifitas ada banyak penyebabnya. Bisa karena makanan yg tdk sehat (menguras tenaga), kurang makan, organ yg tdk sehat, atau stres.

    2. Suplemen yg terbaik adl yg alami apalagi jika ingin dikonsumsi setiap hari seumur hidup. Mengandalkan Vitamin yg dari suplemen mengantikan tubuh yg jarang mengonsumsi buah dan sayur tdklah cukup. Anda perlu suplemen alami yg kaya akan mineral, enzyme, protein, asam lemak, dll.

    3. Asal alami dan tdk bnyk teracuni pestisida, sy rasa itu cukup.

Comments are closed.

Tips Menghindari Malpraktek

Arsip Artikel