Home » Info Sehat » Khasiat Terapi Garam Laut

Khasiat Terapi Garam Laut

Meski memiliki nilai gizi dan komposisi yang sama, garam laut dipercaya lebih sehat daripada garam meja karena dapat berkhasiat sebagai terapi pengobatan. Setidaknya ada tiga jenis terapi sehat dari garam laut. Apa saja?

Dilansir Livestrong, Rabu (13/10/2010), berikut 3 manfaat terapi sehat dari garam laut:

1. Manfaat hidroterapi

Mandi terapi air laut garam berguna untuk berbagai alasan. Menurut laporan International Journal of Dermatology, mandi garam laut menghambat gejala yang terkait dengan penyakit inflamasi.

Garam laut bersifat hidrat dan melembutkan kulit untuk meningkatkan fungsi penghalang pelindung kulit. Mandi garam laut dapat membantu meringankan nyeri otot dan nyeri serta berguna dalam memerangi stres dan menenangkan saraf. Mandi air garam dalam jangka lama akan membantu Anda bersantai dan meningkatkan kualitas tidur.

Membilas rongga hidung dengan air garam laut dapat membersihkan kemacetan (hidung mampet), mengurangi lendir berlebih dan mengurangi gejala yang berhubungan dengan sinusitis dan retronasal. Dan berkumur dengan air garam laut bisa meredakan sakit tenggorokan dan tenggorokan kering, juga mengurangi lendir berlebih.

2. Menyeimbangkan elektrolit

Garam laut mengandung magnesium, kalium, kalsium, natrium dan bromida, semua mineral penting. Garam laut juga efektif dalam menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh.

Menurut Medical News Today, elektrolit diperlukan untuk mengatur pembentukan saraf dan otot, pH darah, hidrasi tubuh, tekanan darah dan perbaikan jaringan luka. Mineral pengganti elektrolit yang hilang melalui keringat dapat bermanfaat dalam kegiatan fisik yang kuat dan juga membuat tubuh tetap bersemangat.

3. Mempercantik kulit

Garam laut memperbaiki kondisi dan tekstur kulit serta membantu penyembuhan. Garam laut sangat bermanfaat untuk kulit dan detoksifikasi.

Terapi garam laut dapat dilakukan satu menit sebelum mandi. Garam laut dapat menarik kotoran dan racun, pembersihan juga melancarkan sirkulasi darah.

Scrub garam laut di wajah dan tubuh juga dapat menghilangkan sel-sel mati dari permukaan kulit dan membuat kulit lebih segar. Penggunaan scrub garam laut secara teratur juga membantu mencegah bintik-bintik dan jerawat, serta membantu menyembuhkan luka kecil dan goresan pada kulit.

Sumber: DetikHealth

Artikel Terkait:

Terapi Garam untuk Atasi Hipertensi dan Penyakit Degeneratif

“Garam” Yang Menyehatkan

Tips Menghindari Malpraktek

Arsip Artikel