Home » Info Sehat » 7 Makanan Pencegah Wasir

7 Makanan Pencegah Wasir

Lebih dari 75% orang Amerika kadang mengalami masalah wasir (hemoroid) dalam hidup mereka (Data Mayo Clinic). Gatal-gatal, rasa terbakar dan sakit di sekitar anus merupakan pertanda adanya wasir. Anda bisa juga melihat adanya sedikit darah merah segar pada tisu toilet atau di kloset Anda.

Wasir terjadi bila vena di dubur membesar. Wasir umumnya terbentuk setelah beberapa kali mengejan untuk mengeluarkan tinja yang keras. Wasir dapat tumbuh di dalam saluran anus atau menonjol ke luar pada bibir anus. Mengangkat benda berat, kegemukan, kehamilan, melahirkan, stres, dan diare, dapat pula meningkatkan tekanan pada vena-vena ini dan menyebabkan wasir. Keadaan ini tampak diturunkan di dalam keluarga.

Beberapa tips berikut ini dapat mengobati wasir secara alami.

Jus lobak.
Jus lobak adalah obat alami untuk mengobati wasir. Mulailah dengan seperempat jus lobak dan kemudian secara bertahap meningkat menjadi setengah gelas jus lobak.

Kulit delima.
Kulit delima juga serng digunakan sebagai obat untuk wasir. Cara penggunaannya, rebus kulit delima yang sudah dikupas dan saring sampahnya. Minumlah satu atau dua kali sehari.

Jeruk lemon dan jahe.
Dehidrasi adalah salah satu penyebab wasir. Untuk mencegah dehidrasi, ambil segelas air hangat dicampur dengan air jeruk nipis. Kemudian tambahkan beberapa tetes madu. Minum ramuan ini secara teratur dua kali sehari agar tetap terhidrasi.

Ara.
Rendam buah ara kering dalam segelas air semalaman. Kemudian minum setengah gelas air di pagi hari dan di malam hari. Serat dalam buah ara sangat efektif untuk menyembuhkan sembelit dan wasir.

Kunyit.
Rempat-rempah memiliki sifat penyembuhan dan anti-inflamasi. Ramuan sederhana ini didapat dengan merebus rimpang kunyi dan minum air rebusan setiap hari.

Pepaya.
Jika Anda sembelit, cobalah mengonsumsi pepaya. Buah ini dapat meringankan sembelit dan memperlancar sistem pencernaan.

Pisang.
Pisang juga mengurangi sembelit karena dapat menormalkan fungsi usus dalam menyerap air. Juga terkenal karena kandungan seratnya yang tinggi. Makan pisang merupakan solusi alami untuk mengatasi sembelit. Sembelit menjadi penyebab utama terjadinya wasir.

Wasir bukanlah penyakit sepele yang harus diabaikan. Periksakan ke dokter jika gejala wasir semakin memburuk.

Sumber: Intisari-Online.com, K. Tatik Wardayati, Tuesday, 29 January 2013

35 Total Views 1 Views Today
Tips Menghindari Malpraktek

Arsip Artikel