Fast Food 2 Kali Seminggu Berhubungan dengan Obesitas dan Diabetes

Walaupun memang terlihat jelas sekali, sebuah penelitian secara resmi mengkonfirmasi bahwa makan banyak-banyak fast food (makanan cepat saji) akan dapat membuat Anda gemuk dan meningkatkan kemungkinan berkembangnya diabetes.

Mereka yang makan fast food 2 kali seminggu atau lebih bisa menambah berat badannya sebanyak 10 pound dan dua kali menjadi insulin resistance (sel tubuh tdak sensitif lagi/tidak merespon terhadap hormon insulin), dimana berhubungan dengan diabetes, dibandingkan dengan mereka yang makan fast food kurang dari sekali seminggu, meskipun pola hidup lainnya telah diperhitungkan sebelumnya.

Walaupun fast food telah dikenal sebagai makanan dengan kualitas nutrisi yang rendah, industri fast food mengklaim fast food bisa menjadi bagian dari pola makan yang sehat.

Dalam penelitian yang merupakan usaha jangka panjang pertama dalam mempelajari hubungan antara makan fast food dengan diabetes, para peneliti mengamati 3000 anak muda selama 15 tahun, memonitor pengecekan rutin kesehatan mereka dan menanyakan pola makan mereka, aktivitas fisik yang dilakukan, dan faktor gaya hidup lainnya.

Para peneliti mengungkapkan dari penelitian mereka bahwa fast food, sebagaimana sampai sekarang dikonsumsi, tidak bisa diperhitungkan sebagai bagian dari gaya hidup yang sehat. Ukuran porsi besar dan berat jenis kalori yang tinggi dari kebanyakan fast food merupakan penyebab utama dari obesitas.

Beberapa jenis fast food telah mulai menawarkan pilihan makanan yang lebih sehat, seperti misalnya buah, selada, dan sebotol air dibandingkan soda. Namun para peneliti mengatakan bahwa trend ini, walaupun bergerak ke arah yang benar, adalah masih “lemah”.

Salah seorang ahli obesitas berkomentar bahwa, walaupun kesimpulan-kesimpulan dari penelitian adalah benar, restoran-restoran fast food lebih memilih merespon keinginan masyarakat akan makanan yang cepat saji dan tidak mahal. Ahli tersebut mengatakan bahwa menginformasikan pelanggan akan kualitas makanan dan efek kesehatan dari fast food adalah salah satu dari kemajuan kunci yang perlu dilakukan.

Referensi: http://articles.mercola.com/sites/articles/archive/2005/01/22/fast-food-part-three.aspx

Register New Account
Reset Password

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!