Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Seringkali kita menyaksikan di layar kaca, selebritis yang baru melahirkan sudah kembali langsing. Penasaran dengan rahasia mereka mengembalikan bobot tubuh sebelum kehamilan ? Simak usaha mendapatkan berat badan ideal yang dilakukan beberapa selebritis yang baru menjadi ibu, mulai dari Catherine Zeta-Jones sampai Arzeti Bilbina.

Catherine Zeta-Jones
Berat badan aktris Hollywood ini bertambah 23kg ketika hamil anak pertamanya, Dylan. Zeta-Jones terkenal sebagai penganut diet ’rendah karbohidrat dan tinggi protein’ untuk membantu menghilangkan kelebihan bobotnya. Ia juga percaya bahwa mengatur porsi makan bisa mengurangi berat tubuh, selain itu aktris cantik ini juga meminta jasa ahli gizi untuk membantunya mengatur jumlah kalori untuk setiap makanan yang akan dikonsumsinya. Sebagai penunjang gaya hidup sehatnya, ia memilih makanan rendah lemak seperti ikan dan sayuran serta minum banyak air putih dan cukup istirahat.

Uma Thurman
Pemeran utama film Kil Bill ini pernah bermasalah dengan bobot tubuh pasca melahirkan tahun 2002 yang lalu. Ia lalu meminta bantuan ahli gizi dan menyewa pelatih pribadi untuk membuat tubuhnya kembali langsing. Setiap hari ia menyantap makanan yang disesuaikan dengan kebutuhan kalorinya. Menu makanannya diatur oleh penyedia jasa makanan sehat untuk diet, yang memang banyak terdapat di hollywood. Kombinasi antara menu makanan yang diatur dan pelatih pribadi terbukti berhasil menghilangkan kelebihan bobotnya sebanyak 12kg dalam enam minggu.

Kate Hudson
Bintang-bintang papan atas Hollywood tidak pernah memperdulikan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menghilangkan kelebihan berat badan akibat kehamilan. Setelah melahirkan putranya, Ryder, Kate Hudson menyewa dua pelatih pribadi untuk membantu menghilangkan bobotnya yang naik 28kg semasa hamil. Meski ia mengakui bahwa latihan yang dijalaninya berat, ia tetap berlatih 2-3 jam setiap hari, enam hari per minggu. Program dietnya terdiri dari sedikit saja makanan berlemak dan mengkonsumsi makanan berprotein tinggi serta membatasi makanan berkarbohidrat seperti biji-bijian atau gandum serta beberapa macam buah-buahan. Latihan intensif serta diet yang dijalaninya telah mengembalikan bobot normalnya dalam waktu empat bulan.

Debra Messing
Atris Hollywood ini baru saja menyandang status sebagai ibu setelah melahirkan putranya, Roman. Namun berbeda dengan aktris Hollywood lainnya, ia tidak melakukan usaha diet apa pun pada tiga bulan pertama kecuali tetap menyusui bayinya. Ia menyadari bahwa ini mungkin hal paling baik untuknya juga bayinya, sebab menyusui bisa membakar 3000 kalori per hari. Terbukti, dengan menyusui ia membuang kelebihan bobot sebanyak 15kg sejak melahirkan dan sekarang aktris cantik ini meminta bantuan pelatih fitnes serta menjalani diet untuk menjaga tubuhnya tetap langsing.

Arzeti Bilbina
Selain rasa bahagia karena kehadiran putra pertamanya, Bagas, top model asal Indonesia ini harus berjuang menghilangkan kenaikan berat badan sebanyak 33 kg. Untuk membuat tubuhnya kembali normal, Arzeti melakukan olahraga dan mengurangi porsi makan. Menyadari bahwa usaha itu membutuhkan waktu yang lama, ia meminta bantuan profesional dari sebuah pusat pelangsingan tubuh untuk mempercepat penurunan bobotnya. Dari posisi 71 kg, beratnya kini sudah mencapai 60 kg setelah menjalani perawatan di tempat tersebut selama 3 minggu. Kini ia bahkan ditunjuk menjadi juru bicara dari pusat pelangsingan tubuh asal Swiss ini.


Meskipun cara yang ditempuh para selebritis di atas terbilang cepat dan efektif, namun biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Cara yang efektif bagi para ibu yang ingin mengembalikan berat badan pasca melahirkan seharusnya adalah dengan menjadikan program penurunan berat tadi sebagai bagian dari gaya hidup yang di dalamnya termasuk olahraga serta diet.

Walau menjalani diet, tentu saja perlu diperhatikan asupan nutrisi yang memang diperlukan tubuh. Selama menyusui, pastikan makanan yang dikonsumsi memenuhi kebutuhan kalori minimal sebanyak 1800 setiap harinya.

Tetaplah realistik dan bersabar dalam menurunkan berat badan. Jika dibutuhkan waktu 9 bulan untuk mencapai suatu berat, maka dibutuhkan waktu yang sama untuk kembali ke berat semula.

Referensi: http://www.dunia-wanita.com/index.php?option=com_content&task=view&id=156&Itemid=8

Buat Akun Baru
Reset Password