Buah dan Sayuran Mengurangi Risiko Kanker Pria

TEMPO Interaktif, Tokyo: Pria yang makan lebih banyak buah dan sayuran memiliki risiko lebih rendah terkena jenis kanker esophagus, sebuah penelitian oleh tim medis Jepang mengungkapkannya hari ini.

Penelitian yang dipelopori Kementerian Kesehatan Jepang itu memonitor 39.000 pria berusia 45 hingga 74 tahun. Selama kurun waktu itu 116 terkena kanker yang disebut esophageal squamous cell carcinoma (SCC).

Esophageal SCC adalah tipe kanker yang umum di antara pria Jepang, dikaitkan dengan kebiasaan merokok dan minum alkohol, menurut penelitian yang dipimpin Shoichiro Tsugane, Kepala Divisi Epidemiology dan Pencegahan di Pusat Kanker Nasional Jepang.

Penelitian itu membagi pria ke dalam tiga kelompok dan menemukan mereka yang makan paling banyak buah dan sayuran memiliki hampir setengah risiko terkena esophageal SCC dibandingkan kelompok yang paling sedikit makan sayuran.

“Peningkatan konsumsi buah dan sayuran 100 gram setiap hari dikaitkan dengan 11 persen pengurangan terkena esophageal SCC,” kata para peneliti.

Penelitian itu menyimpulkan bahwa sayuran, khususnya dari family cruciferous yang termasuk lobak dan cabe, dapat menghindarkan esophageal SCC.

Diet yang kaya buah dan sayuran akan mengurangi risiko terkena jenis kanker ini hingga sepertiga, bahkan di antara pria yang merokok dan minum.

Namun studi itu mengingatkan bahwa buah dan sayuran bukan pengganti manfaat kesehatan dari berhenti merokok dan minum alkohol.

Studi Britain’s Institute of Food Research bulan lalu menunjukkan bahwa pria yang makan lebih banyak brokoli, salah satu sayuran dari family cruciferous, mengurangi risiko kanker prostat dan penyakit kronis lainnya.


AFP/Erwin Z, Kamis, 14 Agustus 2008

 

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan resep untuk mengatasi berbagai jenis kanker secara alami dan tanpa efek samping, silahkan klik di sini!

 

Referensi: http://www.tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2008/08/14/brk,20080814-130823,id.html

Register New Account
Reset Password

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!