Waktu Menonton Televisi Menurunkan Fungsi Retina Anak

Lamanya menonton televisi pada anak usia 6-13 tahun akan menurunkan fungsi retina.”Korelasinya negatif,” ujar Pratiwi Rapih Astuti Mahasiswa Kedokteran Universitas Indonesia ketika memaparkan penelitiannya di Aula Senat UI Jakarta Kamis (14/7)

Pratiwi bersama, Wahyu Budi Santosa, Allan Taufiq Rivai dan Dwi Notosusanto meneliti Korelasi antara menonton televisi dan fungsi retina pada anak.

Objek penelitian mereka siswa Sekolah Dasar sebanyak 106 responden pada Juni 2008. Hasilnya, Pratiwi menjelaskan semakin lama menonton televisi maka semakin turun fungsi retina mata anak. Metode yang digunakan adalah contrast sentivity test.

Kelompok mahasiswa ini menyarankan ambang waktu menonton televisi 60 menit (anak 6-9 tahun) dan 90 menit (anak 9-12 tahun).

Penelitian juga menemukan ada korelasi negatif dengan jarak menonton televisi. Walaupun belum terbukti secara statistik (hasilnya tak berbeda nyata), tapi ada kecenderungan semakin dekat menonton televisi maka fungsi retina akan menurun.

Pada responden yang menonton dengan jarak televisi ke mata 4 meter, ditemukan kondisi retina yang normal. Namun korelasi antara jarak dan ukuran televisi belum ditelii pengaruhnya pada retina.


Dianing Sari,
TEMPO Interaktif, Jakarta: Jum’at, 25 Juli 2008

Referensi: http://www.tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2008/07/25/brk,20080725-128985,id.html

Buat Akun Baru
Reset Password