Daging Gelonggongan Bersertifikat Disita

 

KEDIRI, KAMIS –  Jajaran petugas Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kediri berhasil mengamankan daging gelonggongan bersertifikat Pemkab Tulungagung, Jatim.

Daging sapi gelonggongan seberat 7 kuintal yang diangkut pikap nomor polisi AG 7568 N yang dilengkapi sertifikat dari Pemkab Tulungagung itu ditangkap saat hendak dijual di Pasar Setono Betek, Kota Kediri, Jatim, Kamis (11/9) dini hari.

Salah satu pelakunya adalah Tarmuji (49) yang kini menjabat Kepala Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kabupaten Tulungagung. Warga Pucangan RT 03/RW I, Kauman, Tulungagung, itu kini ditahan di Mapolresta Kediri bersama Arifin (32), warga Bandar Lor Gang IV, Kediri; Siswoyo (26), warga Jalan Mayjen Sungkono Gang IX nomor 44 Tulungagung; dan seorang kuli angkut bernama Komaruddin (38), warga Gedangsewu, Boyolangu, Tulungagung. 

Menurut keterangan Kepala Satuan Reskrim Polresta Kediri AKP David Subagio, penangkapan tersebut berawal dari informasi masyarakat dan pedagang daging sapi di Pasar Setono Betek. “Perdagangan daging ini sangat meresahkan sehingga kami pun menindaklanjutinya dengan beberapa kali melakukan pengintaian sebelum menangkap para pelakunya,” katanya.

Sesuai hasil penelitian yang dilakukan Dinas Pertanian Kota Kediri, derajat keasaman (pH) daging yang berasal dari RPH Tulungagung itu mencapai angka sembilan. “Sedangkan untuk ukuran normal pH pada daging sapi berkisar enam hingga tujuh. Dengan kadar pH yang cukup tinggi ini daging sapi tidak akan tahan lama secara wajar,” kata Kepala Dinas Pertanian Kota Kediri Semeru Singgih.

Ia menduga, para pelaku sengaja memberi minum sapi dalam volume besar pada sapi tersebut sebelum disembelih untuk menambah berat timbangan daging yang akan dijualnya. “Kandungan air dalam daging yang berasal dari Tulungagung itu di atas 30 persen. Ini sudah diluar batas kewajaran,” katanya. ONO

KOMPAS.COM, KAMIS, 11 SEPTEMBER 2008

 

Referensi: http://www.kompas.com/read/xml/2008/09/11/1429528/daging.gelonggongan.bersertifikat.disita

Register New Account
Reset Password

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!