Daging Sapi Sisa Hotel Kagetkan Konsumen

 

JAKARTA, JUMAT – Beberapa pembeli daging sapi di Pasar Senen mengaku sempat kaget dengan berita daging sapi olahan dari sisa hotel dan restoran yang ditemukan di Cengkareng. Tetapi mereka tidak merasa khawatir dan mengaku akan lebih berhati-hati saat memilih daging segar.

Seperti dikatakan Maesaroh, penjual bakso, saat ditemuiKompas.com sedang memilih daging sapi di Pasar Senen, Jumat (11/9). Maesaroh (35) mengaku telah lama berlangganan daging di kios Haji Asril dan sudah yakin dengan kualitas daging yang dipasok untuknya. “Saya gak perlu ngomong, dia sudah tahu mana daging yang saya butuh. Kadang pegawai saya yang kesini, kebetulan saya lagi longgar maka belanja sendiri,” ujarnya.

Ia justru prihatin dengan beberapa orang yang mengambil jalan pintas untuk meraup rejeki dengan menjual daging sapi olahan seperti yang diberitakan. “Kalau rejeki tidak halal semacam itu kan nanti hilangnya juga cepet. Saya sih sudah bisa membedakan mana daging yang bagus dan tidak, tapi kasihan pembeli awam yang kadang tak tahu,” ujarnya.

Pemerintah seharusnya, dikatakan Maesaroh, meberi tahu pada masyarakat kalau ada kasus semacam ini dan memberi pengarahan cara memilih daging sapi yang masih segar. Hal senada juga dikatakan pembeli daging Ajip yang masih tidak mengetahui perbedaan daging sapi segar dan tidak. “Saya biasanya cuman nanya sama pembelinya, tapi kan emang gak tau mana yang segar dan tidak. Paling dari warna dan bau daginganya saja, kalau warna daging bagian dalam masih putih berarti segar,” jelasnya.

Ia juga berharap pemerintah dapat menyosialisasikan pemilihan daging sapi segar pada khalayak, apalagi menjelang Lebaran konsumsi daging akan meningkat.(MYS)

KOMPAS.COM, JUMAT, 12 SEPTEMBER 2008

Referensi: http://www.kompas.com/read/xml/2008/09/12/11174480/daging.sapi.sisa.hotel.kagetkan.konsumen

Register New Account
Reset Password

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!