Biarkan Cairan Jaga Telinga Anda

 

Kebanyakan orang berpikir bahwa mereka harus membuang cairan atau kotoran di telinga, yang biasa disebut cerumen yang merupakan campuran cairan dan kotoran serta rambut halus. Namun ternyata hasil penelitian terbaru seorang dokter spesialis kuping di University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas Dr Peter Roland menunjukkan bahwa cairan ini sebenarnya melindungi karena memiliki cairan bersifat antibakterial.

Roland mempublikasikan hasil penelitian ini dalam sebuah panel American Academy of Otolaryngology Head and Neck Surgery Foundation. Ini merupakan panel pertama yang merekomendasikan secara komprehensif bagaimana mengidentifikasi pasien dengan gangguan karena cairan di telinga, dan bagaimana cara penanganannya dengan tepat.

Kesimpulannya Roland menjelaskan, jika anda tidak memiliki masalah atau gangguan pendengaran, sebaiknya tidak melakukan apapun untuk membersihkan cairan di telinga. Karena telinga anda akan bekerja dengan sendirinya membersihkan cairan yang berlebihan. Kecuali bagi mereka yang menggunakan alat bantu pendengaran, karena alat bantu dengar menghalangi telinga menjalankan tugasnya, yakni membersihkan cairan yang berlebihan pada telinga secara alami.

Untuk umur tertentu masalah cerumen atau cairan telinga ini sangat sering terjadi, biasanya lebih rentan terjadi pada mereka yang berusia di atas 65. Kemudian para ahli ini menyimpulkan bahwa cerumen sesungguhnya bermanfaat dan bisa membersihkan diri pada waktunya sehingga tidak mengganggu pendengaran. [L1]

INILAH.COM, Tiara Anisa, 02/09/2008

 

Referensi: http://www.inilah.com/berita/gaya-hidup/2008/09/02/47346/biarkan-cairan-jaga-telinga-anda/

Register New Account
Reset Password

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!