Hamil Repot Pertanda Bayi Perempuan

 

Sebelum fasilitas USG menjadi sangat umum, menebak jenis kelamin bayi seringkali berdasarkan bentuk perut calon ibu dan detak jantung. Seperti tebak-tebak buah manggis, yang lebih banyak dihiasi fantasi daripada fakta.

Namun sebenarnya tanpa mengandalkan USG pun, seringkali hamil muda yang repot tak ketulungan, konon adalah pertanda tengah mengandung bayi perempuan. Sejumlah penelitian dari berbagai negara membenarkan anggapan itu.

Terutama pada calon ibu yang mabuk berat pada trisemester awal kehamilan yang seringkali berujung pada perawatan rumah sakit. Kondisi yang dinamakan hyperemesis gravidarum itu secara intensif diteliti oleh pakar epidemiology dari University of Washington. Penelitian dilakukan pada 2.110 perempuan hamil muda yang dirawat di rumah sakit pada trisemester pertama, dan mengamati pula sebanyak 9.783 perempuan hamil tanpa masalah.

Peneliti menemukan fakta bahwa pada kelompok pertama, sebagian besar melahirkan bayi perempuan. Bahkan pada calon ibu yang dirawat di rumah sakit tidak kurang dari tiga hari, sebanyak 80% melahirkan bayi perempuan.

Penelitian yang hampir sama dilakukan oleh The Lancet dan dipublikasikan jurmal Epidemiology, pun mengkonfirmasikan hal serupa.

Sampai saat ini masih berlangsung penelitian lanjutan untuk mencari penyebabnya. Sebagian besar menunjukkan karena pengaruh produksi hormon selama mengandung janin bayi perempuan. [L1]

INILAH.COM, Entin Supriati, 28/08/2008

Referensi: http://www.inilah.com/berita/gaya-hidup/2008/08/28/46482/hamil-repot-pertanda-bayi-perempuan/

Buat Akun Baru
Reset Password