AIDS Bukan Penyakit Baru?

Berlawanan dengan pandangan umum, AIDS tidaklah baru dan juga bukan suatu penyakit. AIDS adalah nama baru yang diberikan oleh Centers for Disease Control (CDC) terhadap kumpulan 29 penyakit umum termasuk infeksi jamur, herpes, diare, beberapa jenis pneumonia, beberapa kanker, salmonella, dan TBC. (1) Penyakit-penyakit ini disebut dengan AIDS hanya pada saat mereka muncul pada seseorang yang juga memiliki protein dan antibodi pelindung yang “diduga” sebagai HIV.

Seseorang didiagnosis mengidap AIDS jika mereka memiliki satu atau lebih dari 29 gejala resmi AIDS dan jika mereka juga mendapat hasil test positif untuk antibodi yang berhubungan dengan HIV. Lain kata, pneumonia pada seseorang yang ditest positif HIV akan disebut sebagai AIDS, sementara pneumonia yang sama pada seseorang yang ditest negative HIV akan tetap disebut sebagai pneumonia. Gejala-gejala dan manifestasi dari kedua pneumonia tadi bisa mirip, tapi pada seseorang akan disebut sebagai AIDS sedangkan yang lainnya tetap disebut pneumonia.

Tidak satupun dari 29 gejala AIDS adalah baru, tidak satupun muncul secara eksklusif pada seseorang yang ditest positif akan antibodi HIV, dan semuanya memiliki dokumentasi yang memperlihatkan penyebab dan perawatan yang tidak berhubungan dengan HIV. Sebelum adanya kategori AIDS ciptaan CDC, 29 penyakit lama ini tidak pernah diajarkan memiliki satu jenis penyakit sebagai penyebab semuanya.

Walaupun kebanyakan dari kita mengasosiasikan AIDS dengan berbagai penyakit berat, pada tanggal 1 Januari 1993, CDC menambah definisi AIDS yang meliputi orang dengan jumlah sel T 200 atau kurang walaupun tanpa gejala atau penyakit. (2) Definisi baru ini menyebabkan jumlah kasus AIDS di Amerika naik dua kali lipat tiap harinya. (3) Sejak tahun 1993, lebih dari separuh semua kasus-kasus AIDS yang baru tiap tahunnya ada di antara orang-orang yang tidak memiliki gejala atau penyakit klinis. (4)

Hanya oleh karena penyebarluasan definisi AIDS-lah yang mengakibatkan jumlah kasus-kasus baru AIDS jadi meningkat. Definisi AIDS  di Amerika telah ditambahkan tiga kali sejak 1981. Walaupun tiap penambahan definisi telah mengakibatkan peningkatan besar pada kasus-kasus AIDS baru, statistik AIDS tetap mendatar pada group beresiko di tahun 1992 dan telah berkurang dengan pasti sejak caturwulan kedua tahun 1993.

Jika CDC tetap melanjutkan tiga definisi pertama mengenai AIDS, kasus-kasus baru penderita AIDS di Amerika pada tahun 1997 akan menjadi lebih dari 10.000, membuat AIDS menjadi masalah kesehatan yang tidak begitu penting. Dengan menggunakan definisi tahun 1993, 21.000 kasus baru AIDS bertambah dan lebih dari 20.000 kasus ini terdapat pada orang-orang tanpa gejala maupun penyakit. (5)

Di tahun 1998, CDC berhenti memberikan informasi mengenai penyakit dan definisi AIDS sebagai pedoman diagnosis siapakah yang terjangkit AIDS. Ini berarti publik tidak lagi mengetahui dengan pasti berapakah kasus baru AIDS terdapat pada orang-orang yang tidak sakit sama sekali. (6)

Fakta mengejutkan lainnya adalah Anda bisa menerima diagnosis AIDS bahkan tanpa test HIV. Ini disebut sebagai “diagnosis presumtif”. Berdasarkan dokumentasi CDC, lebih dari 62.000 kasus AIDS di Amerika telah didiagnosis tanpa test HIV. (7) Namun tetap saja satu-satunya perbedaan antara pneumonia dengan AIDS adalah hasil test positif HIV dan test itu sendiri tidak diperlukan untuk mendiagnosis AIDS.

Oleh karena AIDS bukanlah suatu penyakit dan tidak satupun definisi AIDS yang diterima secara universal, maka kondisi atau gejala yang disebut AIDS itupun berbeda-beda dari satu negara ke negara lainnya. Misal, di laboratorium Kanada (LCDC) tidak memakai pedoman criteria jumlah sel T dari Amerika.(8) Ini berarti bahwa 182.200 pasien AIDS Amerika (lebih dari 25% penduduk Amerika terdiagnosis AIDS) tidak akan terdiagnosis AIDS jika mereka di Kanada. (9)

WHO menerapkan 2 definisi AIDS yang berbeda di Afrika, dimana tak satupun dari definisi tersebut sama dengan kriteria di Amerika maupun di Kanada. Definisi diagnostik yang sering digunakan di Afrika tidak memerlukan test HIV jika seorang pasien memiliki setidaknya salah satu dari tiga gejala utama (berat badan turun, demam dan atau batuk), ditambah satu “tanda kecil” seperti misalnya gatal-gatal atau pembengkakan kelenjar. (10)

Sebelum memperkenalkan AIDS, CDC pernah menyerukan pengumuman kepada masyarakat mengenai masalah kesehatan lain yang sebenarnya tidak penting. Di tahun 1976, ketika ada 5 prajurit yang bertugas di markas New Jersey terjangkit flu, pejabat CDC menyerukan kepada masyarakat akan adanya wabah flu yang akan segera terjadi. Berita mereka memprediksi bahwa akan ada wabah yang sanggup mematikan 500.000 orang Amerika dalam setahun. Anggota Kongres kemudian menanggapi peringatan CDC dengan cara mengalihkan jutaan dolar uang pemerintah ke program vaksin darurat dan dengan seruan Presiden Amerika, Gerald Ford, banyak penduduk Amerika menerima vaksin Flu Babi. Namun demikian, wabah yang ditakutkan tidak pernah terjadi begitu juga dengan prediksi Virus Babi yang mematikan. Malahan, lebih dari 600 orang menjadi lumpuh oleh karena vaksin yang juga mengakibatkan hampir 100 orang meninggal. (11)

CDC sekali lagi menyerukan peringatan ke publik tahun berikutnya dengan prediksi mengerikan akan Penyakit Legionnaire. Diikuti banyak usaha penelitian dari pemerintah dan tak henti-hentinya berita-berita dari media massa mengenai wabah baru, ternyata pneumonia biasa yang disebut “Legionnaire” hanya menyebabkan kematian 30 orang diseluruh Amerika. Kemudian diketahui bahwa 20 sampai 30 persen orang Amerika positif terhadap bakteri Legionella, mikroba yang umum terdapat di sistem perairan Amerika. (12) Prediksi CDC akan wabah, berlawanan dengan fakta bahwa semua penyakit infeksi yang ada jika digabung ternyata hanya menyebabkan kematian pada 1% orang Amerika. (13)

Sumber: Alive & Well

Note:

  • Untuk melihat artikel tentang HIV/AIDS lainnya, silahkan Anda KLIK DI SINI.
  • Untuk melihat panduan menyembuhkan AIDS secara alami, mitos-mitos seputar AIDS, kesaksian para Odha tanpa ARV, pola makan sehat untuk kasus AIDS, dan pendapat para ahli golongan medis holistik, silahkan Anda KLIK DI SINI.

 

.

Artikel Terkait:

Referensi: http://aliveandwell.org/html/rethinking/rethinkingaids.html

1. In the United States, AIDS = 28 old illnesses and one non-illness:
1983 original AIDS definition (12 illnesses): Pneumocystis carinii pneumonia, Kaposi’s sarcoma, toxoplasmosis, strongyloidosis, aspergillosis, cryptococcosis, candidiasis, cryptosporidiosis, cytomegalovirus, herpes simplex, progressive multifocal leukoencephalopathy, lymphoma of the brain

1985 revised definition (seven more old illnesses added): Mycobacterium avium complex, histoplasmosis, isosporiasis, Burkitt’s lymphoma, immunoblastic lymphoma, candidiasis of the bronchi, trachea and lungs, and a positive HIV antibody test.

1987 revised definition (six additional illnesses): Encephalopathy, Mycobacterium tuberculosis, wasting syndrome, coccidioidomycosis, cytomegalovirus retinitis, Salmonella septicemia. HIV antibody test no longer required.

1993 revised definition (three more illnesses plus one surrogate marker): Recurrent bacterial pneumonia, invasive cervical cancer, pulmonary tuberculosis, T Cell count of <200 or <14% of total lymphocytes (non-illness).

Source: Duesberg P, Yiamouyannis J, 1995 AIDS: The Good News Is HIV Doesn’t Cause It Health Action Press

2. US Centers for Disease Control 1994 HIV/AIDS Surveillance Report Year-end edition 1993
3. Navarro M AIDS Definition Widened to Include Blood Cell Count August 8 1993 New York Times; Altman L AIDS Cases Increase Among Heterosexuals March 11 1994 New York Times
4. US Centers for Disease Control HIV/AIDS Surveillance Report Year-end editions 1998, 1997, 1996, 1995, 1994, 1993
5. US Centers for Disease Control 1998 HIV/AIDS Surveillance Report Year-end edition 1997 Table11 p17
6. US Centers for Disease Control 1999 HIV/AIDS Surveillance Report Year-end edition 1998 p43
7. Duesberg P 1993 The HIV Gap in National Statistics Bio/Technology 11:955-6
8. Laboratory Centre for Disease Control, Health Canada, 1998 HIV and AIDS in Canada: Surveillance Report to December 31, 1997; US Centers for Disease Control 1999 HIV/AIDS Surveillance Report Year-end 1998
9. US Centers for Disease Control 1998 HIV/AIDS Surveillance Report Year-end edition 1997 Figure 6 p25; US Centers for Disease Control 1999 HIV/AIDS Surveillance Report Year-end edition 1998
10. World Health Organization 1985 Bangui definition for AIDS in Africa (current use confirmed by WHO April 1999); WHO case definitions for AIDS surveillance in adults and adolescents, Weekly Epidemiological Record September 1994; 69:273-80 (current use confirmed by WHO April 1999)
11. Duesberg P 1996 Inventing the AIDS Virus: Regnery Press, Washington DC p141-145
12. Duesberg P 1996 Inventing the AIDS Virus: Regnery Press, Washington DC p54-58
13. Carins J 1978 Cancer: Science and Society WH Freeman and Company, San Francisco

.

Buat Akun Baru
Reset Password