Daun Wungu, Atasi Bisul Hingga Wasir

Daun wungu sudah lama dikenal untuk mengobati wasir atau ambeien. Namun, tak cuma itu khasiat yang dimiliki. Senyawa flavonoid dalam daun wungu mampu mengurangi pembengkakan atau peradangan. Daun wungu atau yang disebut juga daun ungu (Graptophyllum pictum [L.]Griff.) sering ditemukan tumbuh liar di pedesaan atau ditanam sebagai tanaman hias dan tanaman pagar. Asalnya dari Papua dan Polynesia.

Daun ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.250 dpl (di atas permukaan laut). Tumbuh baik pada tempat terbuka yang terkena sinar matahari, dengan iklim kering atau lembab.

Ciri menonjol tanaman yang juga sering disebut sebagai daun temen-temen ini adalah permukaan daun berwarna ungu mengkilap dan berbau kurang sedap. Daunnya berbentuk bulat telur dengan pangkal dan ujung daun meruncing, sedangkan tulang daun menyirip.

Bentuk tanamannya adalah pohon kecil atau perdu. Tanaman perdu ini bisa tumbuh dengan ketinggian antara 1,5 sampai 3 meter. Cabang dan ranting memenuhi batang tanaman ini.

Terdapat tiga jenis varietas tanaman daun wungu. Varietas itu adalah daun berwarna ungu, daun berwarna hijau, dan daun belang-belang putih. Namun, yang sering digunakan sebagai obat adalah varietas yang berdaun ungu.

Pengembangbiakan tanaman yang oleh orang Madura disebut sebagai daun karotong ini bisa dilakukan dengan biji atau stek batang. Meski demikian, perkembangbiakan yang baik adalah dengan stek batang.

Cara memeliharanya cukup mudah, yaitu cukup disiram dan dijaga kelembaban tanahnya. Jangan lupa pula untuk memberi pupuk dasar.

Meluruhkan Air Seni

Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai obat adalah bagian daun, kulit batang, dan bunga. Daunnya mengandung flavonoid, alkaloid nontoksik, glikosid, steroid, saponin, tanin, dan lendir.

Batangnya mengandung kalsium oksalat, asam forlat, dan lemak. Kandungan zat tersebut mengakibatkan tanaman ini bersifat diuretik atau meluruhkan kencing, mempercepat pemasakan bisul, mempunyai pencahar yang memperlancar buang air besar (mild laxative), dan melembutkan kulit (emolien).

Sifat pencahar pada daun ini hanya bersifat ringan, artinya menjadikan tinja lunak tapi tidak sampai diare. Ini disebabkan persentase kandungan lendir mencapai 35 persen. Kandungan serat ini mampu membantu mengatasi dan mencegah penyakit wasir dan sembelit.

Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya penyakit wasir. Ada faktor kehamilan, keturunan, dan kegemukan.

Hanya saja, faktor yang paling jelas menyebabkan wasir adalah tinja terlampau keras sehingga menekan dubur dan menggelembungkan pembuluh darah di dubur. Faktor ini bisa dicegah dan diobati dengan minum ramuan daun wungu.

Kurangi Nyeri

Senyawa flavonoid dalam daun wungu bersifat antiinflamasi, sehingga mampu mengurangi pembengkakan atau peradangan yang disebabkan oleh wasir.

Sempat diceritakan juga oleh beberapa orang bahwa daun wungu mampu mengobati penyakit wasir yang amat parah alias keluar darah waktu buang air besar. Untuk memperoleh hasil maksimal, penderita wasir harus meminum rebusan daun wungu secara teratur, sehari satu gelas.

Rasa nyeri dan perdarahan juga bisa dikurangi dengan rebusan daun ini. Namun, untuk melancarkan datang bulan, khasiat tanaman ini terdapat pada bunganya.

Zat antinflamasi atau antiperadangan pada tanaman ini bisa juga digunakan untuk menyembuhkan bengkak dan bisul. Demikian juga untuk bengkak karena benturan dan bisul di payudara.

Penelitian di Universitas Kristen Widya Mandala Surabaya pada tahun 1980 berhasil membuktikan bahwa daun wungu berkhasiat mengatasi penyakit panas dalam. Kabar baik juga untuk penderita varises karena ramuan daun wungu dapat membantu menghilangkan varises yang cukup mengganggu penampilan.

Bahkan dari penelitian Dr. Sardjono Oerip Santoso dan Dr. Sugiarto, seperti yang termuat dalam Majalah Trubus no.361 edisi Desember 1999, dinyatakan bahwa rebusan daun wungu bisa menghilangkan rasa nyeri dan perdarahan, baik yang dirasakan di dalam atau di luar tubuh.

Ramuan Daun Wungu untuk Pengobatan

Melancarkan Haid
Siapkan 3 sendok makan bunga daun wungu yang sudah dikeringkan. Rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Kemudian saring. Minum 3 hari menjelang haid.

Sembelit
Daun wungu segar sebanyak 7 lembar dicuci bersih. Tambahkan 2 gelas air bersih lalu direbus sampai airnya tersisa 1 gelas. Setelah disaring, minum sekaligus.

Melancarkan air seni
Siapkan 2 genggam daun wungu dan (tigaperempat) adas pulowaras. Tumbuk sampai halus. Oleskan pada bagian perut sampai di bawah pusar seperti menggunakan parem.

Ambeien
Siapkan 7 lembar daun wungu dan adas pulowaras. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring, minum sekali setiap pagi dengan teratur.

Reumatik/encok
Siapkan 2 genggam daun wungu, tumbuk sampai halus. Oleskan pada bagian persendian yang sakit. Lakukan hingga rasa sakit berkurang.

Bisul
Siapkan 2 lembar daun wungu dan minyak kelapa 1 sendok teh. Olesi permukaan daun wungu dengan minyak kelapa, kemudian panggang di atas api. Dalam keadaan hangat, tempel pada bagian yang sakit (bisul). @

KompasCybermedia, 30 Mei 2004

Artikel Terkait:

Wasir dan Cara Menaklukkannya Tanpa Operasi

.

Produk yang Disarankan.

Jika Anda menghadapi wasir stadium 1 dan 2, Anda bisa menggunakan herbal-herbal biasa. Namun jika sudah stadium 3 dan 4, Anda perlu herbal yang bagus dan kuat. Salah satu terapi alami yang bagus untuk wasir akut maupun kronis adalah dengan menggunakan produk herbal Maca Max. Berikut contoh kesaksiannya:

.

Romli Susanto (47 tahun) – Yogyakartatestimonial maca MAX

Masalah : Wasir sejak 1991
Konsumsi : MACA MAX 5 Saset

Saya menderita wasir sejak tahun 1991 yang sangat mengganggu pekerjaan saya sebagai seorang konsultan. Saya sudah banyak mencoba produk-produk untuk mengatasi penyakit ini, tetapi hasilnya belum memuaskan. Tapi pada awal Juli 2007 saya mengenal MACA MAX dari seorang teman tapi hanya sekedar mencoba dulu dengan 5 saset. Hari pertama sampai ketiga saya mengalami reaksi adaptasi yang luar biasa, kepala pusing dan badan sakit semua sampai saya berulang kali membaca brosur MACA MAX. Anehya di hari ke 4 reaksi yang saya alami berhenti da wasir saya membaik, saya sangat senang dan langsung menghubungi teman yang mengenalkan saya pada MACA MAX.

.

Yuswo Prakoso (32 Thn) – Bantul DIYtestimonial maca MAX

Masalah : Wasir sejak 1995
Konsumsi : MACA MAX 10 Saset

Saya terkena wasir tahun 1995, tetapi karena dipekerjaan saya memang sering mengangkat beban berat maka malah wasir semakin parah. Karena takut pengobatan dokter maka saya hanya berobat ke tabib, tidak ada perubahan sayapun berhenti. Bulan Juli 2007 kemarin kakak saya mengenalkan Maca Max dan saya beli 1 box Maca Max. Saya mulai konsumsi tapi tidak rutin tiap hari. Walaupun begitu saya merasa perubahan luar biasa pada wasir saya. Semakin hari wasir saya semakin kecil dan semakin tidak terasa, terlebih setelah habis 10 saset. Sekarang saya merasa sudah sangat nyaman, wasir tidak lagi mengganggu aktifitas saya dan saya merasa sangat senang. Hasil Maca Max luar biasa !

Berapa lama harus mengonsumsi produk Herbal Maca Max guna menyembuhkan wasir tersebut? Jawabnya tergantung keseriusan yang menjalankan terapi. Jika serius, atas seijin Tuhan wasir yang diderita bertahun-tahun bisa sembuh kurang lebih 1 bulan terapi. Banyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan sangat dianjurkan, begitu pula dengan banyak minum air putih.

Masalah waktu ini pun cukup relatif, jika penderita cukup disiplin dalam menjalani terapi dan menjaga pola makannya, waktu yang lama bisa dipersingkat. Namun, umumnya yang banyak terjadi justru ketika sudah merasa agak sembuhan sedikit, penderita kembali melakukan pola makan dan gaya hidup yang lama, sehingga wasir yang tadinya mulai sembuh, kembali meradang.

.

Buat Akun Baru
Reset Password