Realitas akan Resiko AIDS

Apa kita Semua Beresiko Terkena AIDS?

Sering dikatakan bahwa semua orang beresiko terkena AIDS, tapi statistik mengatakan hal yang berbeda. Hampir selama 2 dekade, kasus AIDS di Amerika tetap berada pada angka 94% untuk kelompok-kelompok yang beresiko. (46)

CDC meletakkan 88% pasien AIDS Amerika dalam dua kategori, yaitu gay dan pengguna narkoba suntik. Hanya 10% masyarakat Amerika yang terdagnosa AIDS menyatakan kontak heteroseksual sebagai resiko mereka satu-satunya dan hampir dari setengah (4%) menyatakan berhubungan seks dengan pengguna narkoba suntik.

Klasifikasi kasus-kasus AIDS kelompok beresiko sepenuhnya mengandalkan respon sukarela terhadap survey CDC, yaitu suatu metode mengumpulkan informasi yang terdokumentasi sebagai sumber yang tidak valid dan menyimpang. (47) Pada kenyataannya, sejumlah penelitian kesehatan publik memperlihatkan bahwa dalam investigasi lebih jauh lagi, 65 – 99% orang-orang dengan AIDS yang pernah mengklaim kontak heteroseksual sebagai satunya-satunya resiko penularan mereka atau juga yang mengklaim tidak pada kelompok beresiko sama sekali, ternyata kemudian mengakui bahwa mereka juga menggunakan narkoba suntik dan atau terlibat dalam homoseksualitas. (48)

Walaupun homoseksualitas merupakan kelompok beresiko paling atas pada diagnosa AIDS, informasi ini tidak dimaksudkan bahwa seks oleh gay adalah penyebab AIDS, atau hubungan seks antar gay akan berakibat AIDS. Terdapat beberapa faktor kesehatan buruk yang berhubungan dengan terjadinya AIDS dan itu bukanlah karena homoseksualitas. Silahkan melihat artikel “Jika Bukan HIV, Apakah Penyebab AIDS yang Sebenarnya?” untuk penjelasan dan klarifikasi lebih lanjut. Juga penting untuk mengerti bahwa kelompok beresiko AIDS dibatasi pada enam kategori yang didefinisikan oleh CDC dan itupun CDC menerima semua respon survey sebagai hasil yang akurat.

Kelompok beresiko AIDS juga secara tidak proporsional terbagi atas pria dan wanita di Amerika, dengan 85% jumlah kumulatif kasus AIDS adalah pria. (50) Berlawanan dengan fakta, pengetesan HIV yang diadakan oleh pihak militer Amerika sejak 1985 memberikan laporan yang menunjukkan bahwa jumlah test HIV positif pada rekrutmen baru pria dan wanita adalah hampir seimbang. (51) Jika HIV adalah penyebab AIDS, kita seharusnya berekspetasi akan adanya hasil pengujian yang hampir sama pada presentase kasus AIDS pria dan wanita. Malahan, wanita justru tidak pernah dipresentasikan lebih dari 15% atas semua kasus AIDS di seluruh dunia.

Dalam suatu kasus wabah, para professional kesehatan yang memiliki kontak langsung dengan penderita biasanya berada pada resiko tertular paling tinggi. Namun pada kasus wabah AIDS, hanya terdapat 25 kasus dilaporkan ada pada pekerja kesehatan yang mengklaim pekerjaan merekalah sebagai penyebab satu-satunya tertularnya mereka, dan tidak satupun dari 25 kasus ini telah dicatat pada literatur kesehatan. (52) Walaupun CDC melaporkan bahwa 75% pekerja kesehatan adalah wanita, 23 dari 25 kasus AIDS ini (92%) adalah pria. (54) Yang menarik lainnya adalah fakta bahwa tidak ada teknisi medis darurat, paramedik, ahli bedah atau dokter gigi di antara 25 kasus AIDS yang dilaporkan oleh CDC. (53) Sebagai perbandingan terhadap AIDS, 1.000 kasus infeksi hepatitis dilaporkan ada tiap tahunnya di antara pekerja kesehatan karena kontak langsung dengan penderita. (54)

.

Mempertanyakan AIDS

Kenapa 88% orang Amerika dimasukkan hanya pada dua kelompok beresiko?

Mengapa 85% dari kasus AIDS di Amerika ditemukan di antara kaum pria?

Jika AIDS adalah wabah meluas, kenapa tidak tersebar pada populasi umum?

Oleh karena pekerja kesehatan sebenarnya pada resiko paling tinggi tertular wabah, kenapa hanya ada 25 kasus AIDS di antara pekerja kesehatan selama hampir dua dekade AIDS?

Jika AIDS ditularkan secara seksual, kenapa kasus syphilis, chlamydia dan gonorrhea jumlahnya jauh lebih banyak daripada AIDS?

Karena pekerja seks komersial wanita berada pada resiko tinggi tertular PMS (Penyakit Menular Seksual), kenapa meraka tidak dimasukkan dalam kelompok beresiko AIDS?

Sementara AIDS seringkali disebut-sebut sebagai bencana utama bagi 26 juta remaja Amerika, berdasarkan CDC, kasus-kasus AIDS baru di antara remaja Amerika di tahun 1998 adalah 293 – menurun dari total tahun lalu yaitu 403 kasus. (55) Total keseluruhan kasus AIDS di antara orang Amerika yang berusia 13-19 tahun selama ini adalah 3.432 kasus. Di Kanada, hanya ada dua kasus baru di kaum remaja yang dilaporkan di tahun 1997 sementara di tahun yang sama, remaja Kanada telah terhitung hanya ada setengah dari semua 4.442 kasus gonorrhea yang ada. (56)

AIDS anak-anak adalah topik yang populer di berita-berita nasional dan menjadi pusat perhatian dari banyaknya usaha penggalian dana multijuta dolar walaupun hanya ada sedikit kasus yaitu kurang dari 400 kasus AIDS di antara balita tiap tahunnya. (57) Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa sebanyak 85% kasus AIDS anak-anak yang ada di Amerika dan Eropa terjadi pada anak-anak yang lahir dari ibu yang menggunakan obat IV selama kehamilan. (58) Kasus-kasus baru AIDS anak-anak – bersamaan dengan semua kategori kasus AIDS – telah berkurang dengan pasti sejak 1993, dan di tahun 1998, hanya ada 10 negara bagian Amerika yang melaporkan adanya lebih dari 10 kasus baru AIDS pada anak-anak.

Semua kasus AIDS pada anak-anak berusia 12 ke bawah selama ini berjumlah kurang dari 8.500. Membandingkan AIDS dengan Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) yang terjadi di periode yang sama, SIDS telah mengakibatkan kematian lebih dari 80.000 anak-anak dan semuanya terjadi di bawah usia satu tahun. (59)

Perhitungan aktual menunjukkan bahwa kemungkinan utk positif dalam test HIV karena hubungan seks tak terlindungi dengan seseorang di luar kelompok beresiko adalah satu dibanding tujuh juta, itu artinya kurang dari kemungkinan tersambar petir, atau kemungkinan keracunan makanan di restoran fast food, mengalami kecelakaan di elevator, atau bahkan kurang dari kemungkinan meninggal karena kecelakaan lalu lintas padahal berjarak 10 mil dari kendaraan lainnya. (60)

.

Apakah AIDS Merupakan Ancaman Terbesar Bagi Kita Semua?

Di tahun 1998, kematian pada orang-orang Amerika karena AIDS mencapai 410.800. Ini adalah keseluruhan dari selang waktu adanya AIDS sampai sekarang ini, periode yang berselang selama hampir dua dekade. (36) Termasuk dalam statistik ini adalah kematian karena segala sebab, yaitu kecelakaan, penyakit tidak menular, efek samping obat-obatan, dan lain-lain pada penderita AIDS. (37)

Tanpa mengabaikan kematian AIDS atau penderitaan mendalam pasien AIDS dan orang-orang yang mereka kasihi, adalah penting untuk memberi perhitungan statistik di atas dengan beberapa perspektif pembanding: Lebih dari 400.000 orang Amerika meninggal tiap tahun karena kanker, dan terdapat lebih dari 700.000 orang meninggal tiap tahunnya karena penyakit kardiovaskular di Amerika. (38)

Selama periode AIDS selama ini, 14 juta orang meninggal karena penyakit jantung, itu berarti lebih besar 13,5 juta dibandingkan meninggal karena AIDS, sementara 9 juta meninggal karena kanker, itu berarti 8,5 juta lebih banyak dibandingkan meninggal karena AIDS. Mulai dari 1981 sampai dengan 1998, kecelakaan lalu lintas telah membunuh lebih dari 800.000 orang Amerika, itu berarti hampir dua kali lebih besar dibandingkan kematian karena AIDS. Total angka kematian karena bunuh diri saja lebih besar 100.000 dibandingkan kematian karena AIDS. (38) Kematian karena efek samping obat dokter juga lebih besar dari 1,3 juta dibandingkan karena AIDS. (39)

Walaupun kebanyakan orang mengasosiasikan “wabah epidemis” pada AIDS, satu wabah terakhir yang benar-benar paling merusak sepanjang sejarah adalah flu di tahun 1918, yang merenggut 20 juta nyawa di seluruh penjuru dunia hanya dalam waktu satu tahun. (40) Sudah hampir dari 20 tahun, kasus AIDS yang terdiagnosa di seluruh dunia hanya kurang dari 2 juta, dan di antara mereka adalah termasuk orang-orang yang masih hidup dan baik-baik saja. (41)

Jadi mengapa kita selalu berpikir akan jumlah yang besar ketika kita berpikir mengenai AIDS? Tidak seperti kanker dan kondisi kebanyakan lainnya, laporan mengenai AIDS memakai perhitungan kumulatif total. Lain katanya adalah, kasus baru yang terjadi, ditambahkan pada jumlah total keseluruhan kasus AIDS lama, sehingga menciptakan suatu data perhitungan yang besar dan memberi kesan bahwa AIDS sedang melonjak naik.

Selain itu, perkiraan dan proyeksi gambaran lebih sering dipakai daripada jumlah aktual dari kasus AIDS itu sendiri. Sebagai contoh, laporan United Nation tahun 1999 “memperkirakan” adanya 2.5 juta orang di seluruh dunia “mati” karena AIDS di tahun 1998, sementara catatan Epidemiologikal mingguan WHO melaporkan hanya ada 2,2 juta orang di seluruh dunia “terdiagnosa” AIDS (bukan meninggal). (42) “Perkiraan” United Nation-lah yang luas dipublikasikan sedangkan perhitungan aktual WHO jarang dipublikasikan.

Sedikit fakta lainnya adalah bahwa AIDS tidak termasuk di antara 10 besar penyebab kematian di Amerika. Dalam tingkat kematian tahunan, laju tingkat AIDS masih dibelakang kecelakaan lalu lintas baik karena mengendarai kendaraan bermotor atau diluar mengendarai kendaraan, juga masih dibelakang flu dan pneumonia, diabetes, septicemia, Alzheimer, dan juga pembunuhan (43) Seringkali dilaporkan bahwa AIDS adalah penyebab kematian utama di antara orang Amerika berusia 25-44 tahun. Pernyataan ini menimbulkan ketakutan dan perhatian yang sangat besar sampai akhirnya diselidiki. Hanya ada dua per sepuluh dari satu persen (0,2%) di kelompok ini meninggal oleh akibat penyebab apapun tiap tahunnya, dan di antara mereka, kematian karena AIDS hanya ada sekitar 0,03%. Namun oleh karena AIDS mendasari kategori penyebab kematian utamanya kira-kira 15% (85% dari orang-orang di kelompok usia ini meninggal karena penyebab lainnya), hal ini membuatnya jadi disebut sebagai pembunuh utama. (44)

Menggambarkan AIDS sebagai ancaman kesehatan terbesar telah memberikan AIDS prioritas pendanaan melebihi masalah-masalah lainnya yang sebenarnya lebih besar jumlahnya daripada AIDS. Berdasarkan hasil temuan Institute of Medicine, penelitian NIH ditahun 1996 telah menghabiskan rata-rata $ 1.160 untuk tiap orang Amerika yang meninggal karena kanker, dan lebih dari $ 43.000 tiap tahunnya untuk tiap kematian seseorang yang terdiagnosa AIDS. (45)

Sumber: Alive&Well

Note:

  • Untuk melihat artikel tentang HIV/AIDS lainnya, silahkan Anda KLIK DI SINI.
  • Untuk melihat panduan menyembuhkan AIDS secara alami, mitos-mitos seputar AIDS, kesaksian para Odha tanpa ARV, pola makan sehat untuk kasus AIDS, dan pendapat para ahli golongan medis holistik, silahkan Anda KLIK DI SINI.

.

Artikel Terkait:

.

Referensi:

36. US Centers for Disease Control 2003 HIV/AIDS Surveillance Report Year-end edition 2002 (Deaths in persons with AIDS, cumulative totals through December 2002)
37. US Centers for Disease Control HIV/AIDS Surveillance Report Year-end edition states “Reported deaths are not necessarily caused by HIV-related disease”
38. CDC Wonder website; The New York Times, death count, all ages, all races, both genders 1981-2002
39. Lazarou J, et al 1998 Incidence of Adverse Drug Reactions in Hospitalized Patients (1966-1996) Journal of the American Medical Association, 279:1200; Manmaney T Medications Kill 100,000 Annually Los Angeles Times April 15 1998; CDC Wonder website 2004
40. PBS 1998 The American Experience: Influenza 1918
41. World Health Organization Weekly Epidemiological Record November 2001 (current)
42. UNAIDS June 1998 Report on the Global Epidemic; World Health Organization June 1998, Weekly Epidemiological Record
43. CDC National Vital Statistics Report October 7 1998, Vol 47:4 Table E p7 (Deaths and death rates, final 1996 and preliminary 1997)
44. Geshekter C 1997 AIDS: The Leading Cause of Unjustified Hysteria, Reappraising AIDS, February Vol 5:2
45. Institute of Medicine (IOM) 1996 Scientific Opportunities and Public Needs; Webster K Disproportionate Funding Associated Press June 16 1999
46. US Centers for Disease Control 1999 HIV/AIDS Surveillance Report Year-end edition 1998
47. Crowne D, et al 1964 The Approval Motive John Wiley and Sons, New York; Saxe L 1991 Lying: Thoughts of an Applied Social Psychologist American Psychologist 46:409-415; Source: Brody S Sex at Risk Transaction Publishers, New Brunswick
48. Brody, S 1997 Sex at Risk Transaction Publishers, New Brunswick; 80%: Potterat, et al 1987 JAMA 256 p 12; 65%: Renzullo, et al 1990 JAIDS 3, p266-271; 83%-90%: Committee on AIDS Research and the Behavioral, Social, and Statistical Sciences 1989; 69%: Chicago Dept of Public Health, Journal of AIDS 1997; 99.4%: NYC Dept of Health, American Journal of Epidemiology 137:2
49. Figures for AIDS by Risk Groups are based on cumulative figures through 1998 and do not include cases where risk status was not assessed; AIDS by Health Status are for years 1993 through 1997 using Table 11 of the 93-97 US CDC HIV/AIDS Surveillance Reports (1997 was the last year the CDC published the data in Table 11); AIDS by Gender is based on cumulative figures through 1998
50. US Centers for Disease Control 1999 HIV/AIDS Surveillance Report Year-end 1998
51. Burke D, et al 1990 Seroprevalence Among Applicants for US Military Service Unpublished data through 1997 from US Military Processing: For a copy of this unpublished data, send a SASE to the author
52. US Centers for Disease Control 1999 HIV/AIDS Surveillance Report Year-end 1998 p26
53. Duesberg P 1996 Inventing the AIDS Virus Regnery Press, Washington DC p183
54. Holding R, Carlsen W 1998 Epidemic Ravages Caregivers San Francisco Chronicle p1, A6-A8
55. US Centers for Disease Control 1999 HIV/AIDS Surveillance Report Year-end 1998 Table 7 p14; US Centers for Disease Control 1998 HIV/AIDS Surveillance Report Year-end 1997 Table 8 p15
56. Laboratory Centre for Disease Control, Health Canada, April 1998 Gonorrhea in Canada; US Centers for Disease Control 1998 HIV/AIDS Surveillance Report Year-end 1997, Tables 13A and 13B; Interview with LCDC Bureau of AIDS and STDs Office of Don Sutherland, September 14, 1998: Gonorrhea cases in Canada
57. US Centers for Disease Control 1999 HIV/AIDS Surveillance Report Year-end 1998 Table 7 p14; US Centers for Disease Control 1998 HIV/AIDS Surveillance Report Year-end 1997 Table 8 p15
58. Mok, et al 1987 Infants born to Mothers Seropositive for HIV Lancet 1164-1168; European Collaborative Study 1991 Children Born to Women with HIV 1 Lancet 337:253-260
59. Source: National Center for Health Statistics July 1996 703/821-8955: Cumulative SIDS deaths in children under 1 year of age 1983-1996, 1997 preliminary, 1981-1982 computed by average of years 1983-1993
60. Transactions of the Society of Actuaries, Vol XLIV p333-97; Boffey P April 22 1988, Researchers List Odds of Getting AIDS in Heterosexual Intercourse New York Times; Hearst N, Hulley S April 1988 Journal of the American Medical Association; Dangers Real and Imagined December 8 1997 Wall Street Journal; Discover magazine, May 1996 p82

.

Buat Akun Baru
Reset Password