Cola Merapuhkan Tulang

adved_11606174751Sebuah penelitan yang dilakukan Dr. Kathereine L. Tucker, dari Universitas Tufts di Boston menyimpulkan bahwa perempuan yang mengkonsumsi minuman cola setiap hari memiliki kepadatan mineral tulang (Bone Mineral Density, BMD) rendah di bagian pinggul, dibandingkan dengan perempuan yang hanya minum cola sekali dalam satu bulan.

Penelitian yang melibatkan 2500 responden orang dewasa tersebut, sebelumnya sudah dilakukan untuk gadis remaja yang memiliki kecenderungan tinggi mengkonsumsi soft drink, dan ditemukan gadis yang banyak mengkonsumsi minuman cola memiliki BMD yang relatif rendah.

Kemudian para peneliti mengukur BMD di tulang belakang dan titik pada pinggul terhadap 1.423 perempuan dan 1.125 laki-laki yang menjadi responden penelitian penyakit osteoporosis. Meskipun tidak menemukan keterkaitan secara langsung antara soft drink dengan BMD, para peneliti menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi cola lebih sering mengalami penuruan BMD secara drastis. Dan, cola mengandung phosphonic acid yang menghalangi penyerapan kalisum oleh tulang dan meningkatkan pengeluaran mineral.

Masih ingin minum cola? Pikir sekali lagi….

Sumber: conectique.com

Artikel Terkait:

Kegunaan Coca Cola & Pepsi

Register New Account
Reset Password

Lihat panduan!

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!