Pengenalan Glucose Meter

glucose-meterGlucose meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar gula darah. Penderita diabetes membutuhkan glucose meter untuk membantu memantau kadar gula darahnya, terutama untuk mengetahui efek dari obat diabetes yang diminum atau insulin yang disuntikkan, serta efek diet dan olah raga terhadap gula darah.

Pengukuran kadar gula darah dilakukan dengan 2 cara :

  • Metode fotometri : mengukur gula darah dengan cara membandingkan perubahan warna pada test strip. Kelebihan : harga lebih murah. Kekurangan : hasil kurang akurat, bagian optik perlu dibersihkan secara berkala.
  • Metode elektrokimia : mengukur gula darah dengan cara mengukur jumlah elektron yang dihasilkan. Kelebihan : hasil lebih akurat. Kekurangan : harga lebih mahal.

Faktor yang perlu dipertimbangkan ketika hendak membeli glucose meter :

  • Jika anda akan sering mengukur gula darah, pilih yang memorinya cukup besar sehingga anda dapat membandingkan kadar gula darah anda minggu / bulan lalu dengan minggu / bulan ini.
  • Jika anda termasuk orang yang sulit memperoleh sampel darah atau takut melihat darah, pilih yang sampel darahnya paling sedikit ( 1  mL ).
  • Jika anda adalah orang yang pelupa, pilih alat yang mempunyai alarm untuk mengingatkan.
  • Jika anda senang membandingkan hasil pengukuran di lab dengan di rumah, piih yang akurasinya tinggi.
  • Jika anda ingin mengelompokkan hasil pengukuran berdasarkan peristiwanya, misal : setelah makan, setelah berolah raga, atau ketika stress, pilih alat yang dilengkapi features tersebut.

Seluruh test strip glucose meter mengandung enzim, sehingga peka terhadap lembab dan cahaya. Oleh sebab itu dianjurkan untuk segera menutup kembali dengan rapat wadah test strip setelah anda mengambil test strip.

Link referensi: http://www.mentorhealthcare.com/news.php?nID=218&action=detail

Register New Account
Reset Password

Lihat panduan!

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!