Kiat Praktis Atasi Sakit Amandel

1113flu_smAnda pasti pernah mendengar nama penyakit amandel? Sebenarnya amandel (tonsil) bukanlah nama penyakit, melainkan bagian mulut yang terkena peradangan. Bila Anda membuka mulut lebar-lebar di depan cermin, Anda dapat melihat amandel yang terletak di kedua sisi tenggorokan, tepatnya di bagian belakang dan di atas lidah. Peradangan pada amandel itulah yang dinamakan tonsilitis.

Bakteri dan virus yang masuk dalam tubuh melalui hidung dan mulut akan disaring oleh amandel. Bakteri dan virus yang berbahaya itu akan diselimuti dengan sel-sel darah putih. Infeksi ringan seperti itu akan “memerintahkan” sistem kekebalan tubuh agar segera membentuk antibodi terhadap infeksi yang akan terjadi di masa mendatang. Tetapi, ada saatnya amandel tidak sanggup menahan serangan bakteri dan virus sehingga terjadilah tonsilitis.

Ada kondisi tonsilitis yang masih memungkinkan untuk dirawat sendiri, biasanya jenis tonsilitis yang disebabkan oleh virus. Proses penyembuhan akan membutuhkan sekitar satu atau dua minggu. Penderita diharuskan untuk:

Perlu ditekankan agar tidak memberikan aspirin kepada penderita tonsilitis yang berada di bawah usia 12 tahun karena dapat menimbulkan risiko Reye’s Syndrom yang mematikan.

Buat Akun Baru
Reset Password