Kurang Vitamin D Berkaitan Dengan Resiko Stroke

chest_painKadar vitamin D yang rendah dalam tubuh memiliki kaitan kuat dengan resiko terkena serangan jantung, gagal jantung dan stroke, demikian menurut hasil suatu penelitian. Resiko terkena penyakit yang berhubungan dengan jantung terjadi terutama dengan mereka yang menderita penyakit tekanan darah tinggi. Penelitian tersebut menyatakan vitamin D dapat melindungi seseorang dari penyakit jantung.

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dan diyakini sangat penting bagi kesehatan tulang, namun sejumlah penelitian menunjukkan vitamin D juga memiliki faedah lainnya. Pada orang usia dewasa kekurangan vitamin D dapat menjadi penyebab osteoporosis.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr Thomas Wang dari Fakultas Kedokteran Harvard di Boston, mengadakan penelitian yang melibatkan 1.739 orang dengan rata-rata usia 59 tahun yang diikuti perkembangan kesehatannya selama 5 tahun dengan mengambil sampel darah mereka untuk melihat kadar vitamin D.

Mereka yang memiliki tingkat vitamin D dalam darah yang rendah, 60% di antaranya memiliki resiko tinggi terkena serangan jantung, gagal jantung dan stroke dibandingkan dengan mereka-mereka yang memiliki kadar vitamin D yang lebih tinggi. Selain itu mereka juga memiliki faktor resiko tinggi terkena serangan jantung, diabetes, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Resiko terkena serangan jantung, gagal jantung atau stroke dua kali lipat pada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) dan kekurangan vitamin D, kata para peneliti.

Hasil temuan dipublikasikan dalam buletin yang dipublikasikan oleh persatuan Dokter Ahli Jantung Amerika Serikat.

“Kekurangan vitamin D adalah satu kondisi yang biasa terjadi terutama di negara-negara yang tidak menerima sinar matahari yang cukup selama masa musim dingin.”

“Sebenarnya cukup dapat dibenarkan apabila memperbaiki keadaan kekurangan vitamin D dengan mengubah pola makan memberikan tambahan asupan yang berisi vitamin D,” kata Wang.

Tubuh manusia membuat Vitamin D pada saat kulit terkena paparan sinar matahari . Tak banyak makanan yang banyak mengandung vitamin D. Vitamin D banyak ditemukan pada daging ikan salmon.

Para ahli mengatakan terkena paparan sinar matahari selama 10 sampai 15 menit tiga kali dalam seminggu sudah cukup untuk memproduksi vitamin D yang dibutuhkan tubuh.

“Ada sejumlah banyak literatur yang menyatakan bahwa vitamin D seringkali dibutuhkan untuk kerja jantung dan pembuluh darah utama, serta seringkali ditemukan bahwa kekurangan vitamin D berhubungan dengan perkembangan abnormal dari jantung.”

Hasil penelitian sebelumnya juga menyatakan bahwa menerima asupan tambahan vitamin D dapat melindungi dari terkena sejumlah jenis kanker, demikian juga dengan multiple sklerosis.

Orang-orang yang ikut serta menjadi relawan dalam penelitian itu adalah mereka yang menjadi peserta relawan dari pusat penelitian kesehatan jantung Framingham di Massachusetts yang tak memiliki sejarah kesehatan keluarga sakit jantung dan semuanya berkulit putih.

Sumber: kapanlagi.com, 15 Okt 2008

Register New Account
Reset Password

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!