Editor choice

Bahan Membuat Plastik Berhubungan dengan Ukuran Kelamin Laki-laki Kecil

Berdasarkan hasil penelitian terbaru, terpaparnya wanita hamil akan phthalate, bahan kimia umum untuk kebanyakan plastik, berhubungan dengan kecilnya ukuran kelamin dan bentuk testikel yang tidak sempurna pada bayi laki-laki mereka.

Efek merusak dari phthalate telah didokumentasikan dari hasil penelitian terhadap manusia juga, bukan sekedar terhadap hewan percobaan. Suatu penelitian yang dilakukan oleh Center for Reproductive Epidemiology di University of Rochester meneliti bayi laki-laki dari 3 daerah berbeda di Amerika Serikat dimana ibu mereka selama hamil telah terpapar phthalate dari beberapa produk plastik dan kecantikan. Para peneliti menguji para wanita hamil ini dan menemukan phthalate dalam urin mereka. Para ibu dengan kadar phthalate tinggi cenderung melahirkan bayi laki-laki dengan ukuran kelamin kecil dan dalam beberapa kasus, testikelnya menjadi tidak sempurna.

Pabrik yang memakai phthalate, yaitu pabrik cat kuku, hairspray, dan botol parfum, berkomentar bahwa adalah tidak bijaksana langsung mengambil kesimpulan dari satu penelitian. Namun, para peneliti juga menemukan bahwa tikus jantan yang terpapar phthalate, tumbuh lebih feminim dan memiliki hasil yang sama dengan penelitian terhadap manusia.

Link referensi:

http://www.theglobeandmail.com/servlet/story/RTGAM.20081007.wlplastic07/BNStory/specialScienceandHealth/home

Buat Akun Baru
Reset Password