Pengendalian Diabetes Bisa Dilakukan Melalui Olahraga

0212exercise1Pelatihan ketahanan tubuh di pusat masyarakat membantu bagi pengendalian kadar gula darah pada orang dewasa dengan diabetes tipe 2, demikian saran suatu studi Australia.

Dr. David W. Dunstan dari Lembaga Diabetes Internasional, Melbourne, dan rekannya, mengkaji 57 orang dewasa yang kurang gerak dan bertubuh gemuk dengan usia antara 40 dan 80 tahun yang menderita diabetes tipe 2 selama lebih dari 6 bulan.

Mulanya, objek penelitian tersebut mengikuti program pelatihan ketahanan tubuh yang diawasi laboratorium dua kali dalam satu pekan selama dua bulan.

Semua pasien itu kemudian diberi tugas untuk melakukan program pelatihan ketahanan tubuh dua kali sepekan selama 12 bulan, baik di pusat rekreasi kebugaran masyarakat atau di rumah.

Program di pusat kebugaran masyarakat meliputi akses ke gedung olahraga, olahraga dan pelatihan ketahanan tubuh. Pemantauan tingkat gula darah, dengan menggunakan ukuran yang disebut A1C, dinilai pada awal (pola dasar) dan setelah dua bulan, serta 14 bulan, demikian antara lain isi laporan tim tersebut dalam jurnal medis “Diabetes Care”.

“Program dua bulan yang diawasi laboratorium itu mengurangi A1C dalam jumlah besar, meningkatkan massa tubuh ramping, dan meningkatkan kekuatan tubuh bagian-atas dan bagian-bawah,” kata para peneliti tersebut dalam laporan mereka.

Setelah 14 bulan, A1C tetap lebih rendah daripada batas-dasar dalam kelompok pusat kebugaran masyarakat, tapi kembali mendekati batas-dasar pada kelompok di rumah.

Para peneliti itu menyimpulkan bahwa pemantauan kadar gula darah berlangsung lebih baik pada penderita diabetes tipe 2 yang mengikuti program pelatihan di pusat kebugaran masyarakat.

 

Sumber: Kapanlagi.com, 23 Desember 2006

Buat Akun Baru
Reset Password