Baru! “Perokok Ketiga” – Bahaya Selepas Merokok

dilarang-merokokHati-hati…, walaupun Anda memilih untuk merokok di luar rumah atau mungkin merokok selagi tidak ada anak-anak, Anda masih berkemungkinan mentransferkan racun rokok ke mereka! Penelitian terbaru telah mendemonstrasikan bahwa kontaminasi asap tembakau tetap menempel walaupun api rokok telah dimatikan. Dari hasil temuan ini, para peneliti menamakannya “third-hand smoke” (red: sebutan dari saya untuk hal ini adalah “Perokok Ketiga”).

Ketika Anda merokok, beberapa zat beracun dari asap tembakau menempel pada rambut dan baju Anda. Ketika Anda menyentuh bayi atau anak Anda, mereka pun terkena dan tercemari oleh zat-zat beracun tadi, walaupun Anda pada saat itu tidak merokok.

Zat-zat yang berasal dari asap tembakau/rokok terbukti beracun. Asap rokok mengandung 250 gas, bahan kimia, dan metal beracun, termasuk hydrogen cyanide, carbon monoxide, butane, ammonia, toluene, arsenic, lead, chromium, cadmium, dan juga polonium-210 (suatu zat karsinogen dengan radioaktif tinggi).

Anak-anak kecil terutama bayi, sangatlah rentan terhadap resiko perokok ketiga, karena daya tahan tubuh mereka tidak sekuat orang dewasa. Mereka pun sering merangkak dan bermain dipermukaan yang terdapat zat-zat beracun dari asap rokok, seperti misalnya bantal, sofa, karpet, lantai, dan baju Anda (ketika memeluk mereka). Zat-zat beracun tersebut akan menempel di tangan mereka dan bisa saja masuk lewat mulut mereka.

Sumber:

·        New York Times January 2, 2009

·        Pediatrics January 2009, Vol. 123, No. 1, pp. e74-e79

Artikel Terkait:

Akibat Rokok pada Tubuh Anda

Perokok Pasif yang Juga Menderita

Ex-Smokers: Jauhi Alkohol, Perbanyak Sari Jeruk

Remaja dan Rokok

Buat Akun Baru
Reset Password