Ingin Mengatasi Diabetes? Mulailah Berolah Raga

walkingBerdasarkan suatu penelitian pemerintah tanggal 8 Agustus 2001, setidaknya 10 juta orang Amerika yang kelebihan berat badan dapat mengurangi resiko mereka dengan tajam akan bahaya diabetes dengan cara perubahan gaya hidup, diet (pola makan), dan olah raga rutin. Penurunan ini sangat signifikan yaitu hampir sebanyak 60%!

Program Pencegahan Diabetes merupakan penelitian pertama terbesar yang memperlihatkan bahwa menurunkan berat badan dan olah raga secara efektif dapat menunda diabetes pada kebanyakan penderita obesitas pra-diabetes.

Hal ini memberikan para dokter bukti pertama yang teruji ilmiah dalam mengatasi epidemik diabetes yang terus berkembang di Amerika Serikat.

Sementara penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa diet dan olah raga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah pasien diabetes dan juga mengurangi komplikasi yang ada, penelitian ini mendemonstrasikan bahwa perubahan gaya hidup benar-benar dapat mencegah diabetes hampir sebanyak 60 persen.

Hasil temuan ini sangat positif sehingga pemerintah pun menutup proyek penelitian setahun lebih awal, supaya bisa segera mempublikasikannya secepat dan seluas mungkin.

Di Amerika, diperkirakan ada 16 juta orang menderita diabetes, suatu penyakit kronis yang menyerang pankreas dan menyebabkan kadar gula darah naik tak terkendali. Selama 30 tahun ini, penderita diabetes tipe 2 telah naik tiga kali lipat, dan kebanyakan diakibatkan karena kenaikan angka penderita obesitas.

Diabetes menyerang 800.000 orang per tahunnya dan makin lebih sering terjadi pada orang-orang lebih muda.

Kaum minoritas memiliki yang resiko lebih tinggi. Dibandingkan dengan warga kulit putih, warga kulit hitam memiliki tingkat resiko 60% lebih tinggi, dan kaum Hispanik memiliki tingkat resiko 90% lebih tinggi.

Perawatan diabetes telah menghabiskan rata-rata $100 miliar per tahunnya di Amerika Serikat. Tanpa ada cara teruji untuk mencegahnya, pejabat kesehatan umum khawatir mengenai biaya yang akan ditimbulkan diabetes di masa depan pada populasi yang makin bertambah usianya dan meningkatnya populasi penderita obesitas.

Diabetes tipe 2 merupakan bentuk yang paling umum terjadi, yaitu sekitar 95% dari kasus diabetes di Amerika. Penyakit inilah yang paling utama menyebabkan gagal ginjal, amputasi kaki, dan kebutaan pada orang-orang dewasa. Ia juga menyebabkan sakit jantung dan stroke, dua pembunuh utama di Amerika Serikat.

Sampai sekarang, para dokter percaya bahwa perubahan pola makan dan olah raga akan membantu mengurangi resiko berkembangnya diabetes, tapi mereka memiliki sedikit bukti untuk mendukung pemikiran tersebut. Yang sering dipersalahkan biasanya adalah karena kegagalan seseorang untuk mengatasi obesitas.

Dalam penelitian didapati bahwa pengurangan 5% dari berat badan penderita obesitas, yaitu rata-rata 10 pound dari orang-orang yang ada di penelitian, ternyata dapat mengurangi resiko diabetes sebanyak 58%. Hasil penelitian ini sungguh luar biasa.

Selama tiga tahun penelitian, sukarelawan di kelompok perubahan gaya hidup telah berhasil mengurangi resiko perkembangan diabetes mereka sebanyak 58%. Diantara mereka yang berusia 60 tahun atau lebih, pengurangan resikonya justru lebih besar lagi, yaitu 71%.

Tiap seorang sukarelawan di kelompok perubahan gaya hidup, wajib bertemu tiap minggu dengan seorang konselor selama 6 bulan. Mereka menerima instruksi intensif mengenai diet dan olah raga, diikuti pertemuan kelompok untuk berbelanja bersama. Para sukarelawan membatasi asupan makan mereka di antara 1.200 – 1.800 kalori per harinya. Mereka juga berolahraga setidaknya 30 menit sehari, 5 hari dalam seminggu,biasanya dengan cara berjalan cepat.

Rata-rata dari mereka yang menerima konseling perubahan gaya hidup berhasil menurunkan 7% berat badannya dan bisa menjaganya seperti demikian selama 3 tahun masa penelitian. Hanya 5% dari para sukarelawan yang diabetesnya berkembang per tahunnya.

 

Sumber: Washington Post August 9, 2001; Page A01

 

Artikel Terkait:

Pengendalian Diabetes Bisa Dilakukan Melalui Olahraga

Minuman Buah juga Bisa Menyebabkan Diabetes

Kafein dapat Memperburuk Kondisi Diabetes

Diabetes Bukanlah Penyakit Gula Darah!

Buat Akun Baru
Reset Password