Terapi Minyak Ikan dalam Mengatasi Kelainan Usus Pendek

1223supplement1Ketika Ellie Brogan baru berusia satu hari, para dokter memperingatkan orangtuanya bahwa ia mungkin perlu transplantasi organ hati supaya tidak meninggal di tahun pertama. Ellie terlahir dengan kondisi kelainan usus yang terlalu pendek (Short Bowel Syndrom).

Dua setengah tahun kemudian,Ellie menjadi salah satu lebih dari 100 anak dengan kelainan usus pendek yang menerima terapi unik yang diprakarsai pertama kali oleh Children’s Hospital Boston. Rumah sakit ini menggunakan minyak ikan untuk menjaga organ hati anak-anak tersebut tetap sehat. Para dokter dan orangtua Ellie mengakui bahwa terapi ini benar-benar menyelamatkan nyawanya.

Bayi seperti Ellie kurang mampu mencerna makanan atau menyerap nutrisi. Mereka biasanya perlu diberi makan dengan memakai infus, tapi diketahui cara seperti ini juga bisa merusak hati mereka. Beberapa penelitian akhir-akhir ini telah menunjukkan bahwa menggunakan suplemen yang terbuat dari minyak ikan dalam mengatasi kelainan usus pendek tidak akan mengakibatkan kerusakan hati. Hal ini berbeda dibandingkan dengan perawatan umum (konvensional) yang memakai minyak kedelai dimana minyak ini justru mengakibatkan kerusakan hati.

Sejauh ini, 112 anak di Children’s Hospital telah diberikan terapi minyak ikan dan terapi ini telah tersedia di 70 rumah sakit di seluruh dunia. Walaupun data ini belum terpublikasikan, lebih dari 90 persen para pasien  di Children’s Hospital berhasil diselamatkan.  Ini merupakan angka yang sangat menakjubkan untuk kasus penyakit seserius ini, terutama mengetahui bahwa pihak rumah sakit seringkali menerima pasien anak-anak penderita kelainan usus pendek dalam kondisi fisik yang sangat memprihatinkan.

Sumber: Boston Globe January 9, 2009

Register New Account
Reset Password

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!