Waspadai Penggunaan Lotion dan Sunscreen Anda

lotionTidak banyak pelanggan yang tahu bahwa paraben yang terkandung dalam lotion atau sunscreen tidak hanya berfungsi sebagai bahan pengawet, tapi juga bisa menaikkan resiko kanker payudara.  

Paraben berfungsi untuk menghalangi pertumbuhan bakteri dan ragi, dipakai sebagai bahan pengawet dalam produk-produk shampoo, conditioner, deodorant, sunscreen, dan produk-produk kosmetik,  sehingga produk ini bisa awet selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Selain terdapat pada produk-produk di atas, paraben juga terdapat pada berbagai makanan seperti misalnya mayonnaise, mustard, permen, dan salad. Anda dapat mengenali berbagai jenis paraben dalam label kemasan, yaitu:

  • methyl paraben
  • ethyl paraben
  • propyl paraben
  • butyl paraben
  • isobutyl paraben
  • E216.

Namun beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa paraben dapat memiliki efek pada tubuh Anda seperti estrogen yang  akan mengakibatkan kelembekan otot, kegemukan, dan gynecomastia pria (payudara besar pada pria). Penelitian-penelitian lainnya juga menghubungkan paraben dengan kanker payudara, karena para peneliti menemukan paraben di tiap jaringan contoh dari 20 penderita tumor payudara.

EPA menghubungkan methyl paraben dengan gangguan metabolik, pertumbuhan, hormonal, dan neurologikal, termasuk berbagai jenis kanker.

Jadi tidaklah mengherankan jika lebih dari sepertiga produk perawatan tubuh mengandung bahan kimia yang berhubungan dengan kanker.

Tingkat penderita kanker makin meningkat, tapi dari hampir 4 juta bahan kimia di sekitar kita , hanya ada kurang dari 1% diantaranya yang bisa dijamin keamanannya. Ini adalah permasalahan yang patut kita pikirkan solusinya. Sebagai contoh adalah Environmental Working Group menemukan bahwa hanya ada 28 dari 7.500 kosmetik dan perlengkapan toilet yang terjamin keamanannya.

Adalah penting untuk memahami bahwa apapun yang Anda oleskan pada kulit Anda akan diserap dan mengalir dalam darah dimana hal ini bisa berpengaruh pada kesehatan Anda. Makin alami produk yang Anda pakai, makin aman pula bagi tubuh Anda.

Ketika Anda melihat suatu produk dalam kemasannya tertulis “organik” atau “alami”, hal ini tidaklah menjamin bahwa produk tersebut bahan dasarnya sebagian besar benar-benar organik atau alami. Banyak dari produk-produk yang memiliki klaim seperti ini sebenarnya hanya mengandung sedikit sekali bahan dasar organik atau alami.

Produk perawatan tubuh yang benar-benar organik tidak mengandung bahan pengawet sintetis. Sebagai gantinya mereka memakai bahan anti bakteri dan jamur alami seperti misalnya ekstrak biji anggur, atau vitamin antioksidan (A, C, dan E), yang juga berfungsi sebagai pengawet, tapi tentu saja tanpa efek samping.

Link referensi:

http://www.organicconsumers.org/articles/article_6961.cfm

http://articles.mercola.com/sites/articles/archive/2007/09/25/the-hidden-danger-in-lotions-and-sunscreens.aspx

Register New Account
Reset Password

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!