Tips Mengatasi Rambut Rontok

chemohair1Adalah hal yang menyebalkan dan cukup memalukan jika rambut anda sering rontok, dimana sering anda menemukan helaian rambut yang menyangkut di jeruji sisir, atau terdapat beberapa helai rambut yang berguguran di pundak, di atas lantai putih, dan di atas bantal saat anda terbangun pada pagi hari. Adakah solusi untuk permasalahan ini?

Umumnya, rambut rontok disebabkan tidak lancarnya aliran darah kekulit kepala. Hal ini bisa terjadi karena akar rambut tertutup oleh tumpukan minyak maupun sisa sisa kotoran yang kesemuanya menumpuk di kulit kepala. Hal ini akan menyebabkan terhambatnya proses penghantaran makanan dan gizi dari akar ke tiap helai rambut.

Selain itu, kerontokan rambut juga bisa karena mengalami sakit yang berkepanjangan, sehabis melahirkan, atau pemilihan shampoo kurang tepat.

Apabila anda sudah mencoba menggunakan obat kerontokan dengan produk kecantikan yang terbuat dari bahan kimia yang terlalu keras maka akan berakibat lebih buruk. Tidak ada salahnya jika anda mencoba ramuan tradisional yang bebas dari bahan kimia.

Untuk mengatasi kerontokan rambut, anda bisa mencoba beberapa perawatan yang bahan-bahannya bisa anda dapatkan dengan mudah, seperti :

WORTEL

Potong-potong wortel kemudian lumatkan dengan blender sampai halus. Peras hasil blender tersebut sampai mendapatkan air perasan sebanyak 1 gelas besar. Gunakan air perasan itu untuk memijat kulit kepala. Bungkus kepala dengan handuk kemudian diamkan semalaman. Bilas sampai bersih.

KEMIRI

Tumbuk sampai halus ¼ kg kemiri dan tambahkan 1 gelas air. Kemudian, aduk dengan rata. Panaskan di atas api dan terus aduk sampai mendidih hingga keluar minyaknya. Tunggu sampai dingin, lalu peras dan saring minyaknya. Kemudian, didihkan kembali minyak hasil saringan tersebut sampai kental. Setelah dingin, gosokan ke kulit kepala sambil dipijat pijakan. Lakukan 2-3 kali seminggu.

SELEDRI

Yang anda butuhkan adalah 7 hingga 10 tangkai daun seledri yang ditumbuk hingga halus. Untuk langkah perawatannya, keramaslah rambut anda seperti biasa lalu gosokkan hasil tumbukan daun seledri pada kulit kepala serta rambut hingga merata.

Lakukan gerakan memijit kepala dengan lembut. Setelah selesai meratakan dan memijat lalu bungkus rambut dengan topi plastik selam atau bisa juga dengan shower cap, selama kurang lebih 1 jam. Bilaslah rambut anda dengan air bersih hingga benar-benar bersih. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu agar hasilnya bisa anda dapatkan secara maksimal.

ASAM

Pilih buah asam yang masak, kemudian tambahkan air dan remas remas dagingnya sampai larut. Setelah larut, saring. Kemudian, gosokan kekulit kepala sambil dipijat. Biarkan beberapa saat kemudian keramaslah seperti biasa.

Produksi minyak yang terlalu berlebihan pada kulit kepala, juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Berikut adalah masker alami untuk menyerap kelebihan minyak dan menyehatkan kulit kepala :

MASKER PUTIH TELUR

Kocoklah sampai mengembang satu putih telur (telur ayam kampung yang besar). Bubuhkan kekulit kepala (gunakan sikat untuk mewarnai rambut), dan biarkan selama 15-30 menit sampai kering. Bilaslah dengan air dingin.

MASKER SAYURAN

Buat campuran antara sayuran hijau, seperti segenggam bayam seikat peterseli dan brokoli. Rebuslah dengan ½ gelas air sampai lembut, kemudian masukan ke dalam blender bersama air rebusan. Selanjutnya, tunggu sampai dingin, kemudian oleskan di kulit kepala dengan menggunakan sikat pewarna rambut. Tunggu sampai 15-20 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Lakukan dengan hati-hati agar akar rambut terjaga.

Link referensi:

http://www.solusisehat.net/tips_kesehatan.php?id=618

http://www.conectique.com/tips_solution/beauty/home_made_recipe/article.php?article_id=4508

Buat Akun Baru
Reset Password