Radiasi HP Mampu Menghancurkan Koloni Lebah

Beberapa penelitian akhir-akhir ini telah menemukan adanya kehancuran koloni lebah yang diakibatkan oleh karena radiasi gelombang mikro HP dan menara pemancarnya. Penelitian-penelitian tersebut mendapatkan bahwa para lebah pekerja gagal kembali lagi ke sarangnya ketika keahlian navigasi alami mereka diganggu oleh gelombang mikro HP. Ketika HP diletakkan di dekat sarang lebah, sarang lebah ini pun “tertinggal mati total” dalam kurun waktu 5-10 hari karena pekerja lebah tdak bisa kembali lagi ke sarangnya.

Parasit, hewan liar, atau lebah lain yang biasanya akan “menjarah” madu dan pollen yang ada pada koloni yang ditinggalkan, justru tidak mau melakukannya pada koloni tersebut.

Menurut penelitian yang dilakukan di Landau University, ketika HP diletakan dekat sarang lebah, radiasi yang ada (900-1.800 Mhz) cukup membuat lebah pekerja tidak bisa menemukan kembali sarangnya. Para ilmuwan menemukan bahwa radiasi HP mampu mengganggu jalur komunikasi resonansi antara lebah dengan sarangnya.

Keahlian navigasi alami lebah pekerja bergantung pada medan magnet bumi. Gelombang electromagnet yang terpancar dari HP dan menara pemancarnya, mengganggu keseimbangan medan magnet bumi, sehingga mengakibatkan hilangnya kemampuan navigasi alami lebah.

Disamping itu, ditemukan bahwa radiasi HP ternyata juga bisa mengakibatkan kerusakan sistem saraf lebah sehingga mereka tidak sanggup lagi untuk terbang.

Fenomena ini telah mengakibatkan keseimbangan alam di dunia pertanian menjadi terganggu dimana dengan makin banyaknya koloni lebah yang hancur, makin menurun pula tingkat panen yang ada. Lebah adalah hewan yang sangat berperan aktif dalam proses penyerbukan tanaman di seluruh dunia. Jadi ancaman akan terganggunya keseimbangan alam, tidak hanya terjadi pada pertanian formal saja, tapi juga pada ekosistem secara global. Hal ini bisa meningkatkan resiko kita akan krisis pangan.

Yang perlu menjadi pertimbangan lainnya adalah jika radiasi HP bia mempengaruhi syaraf dan jalur komunikasi alami lebah, bagaimana efeknya dengan kesehatan kita semua?

Link referensi:

http://articles.mercola.com/sites/articles/archive/2009/11/07/Honeybees-Face-Towering-Threat-From-Cell-Phones.aspx

http://www.dailypioneer.com/203392/Honeybees-face-towering-threat-from-mobiles.html

Register New Account
Reset Password

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!