Kulit Kering

Xerosis mungkin terdengar aneh di kalangan awam, namun itulah istilah untuk kondisi yang ternyata umum kita alami: kulit kering. Kondisi kulit kering cenderung bersifat mengganggu, menimbulkan ketidaknyamanan, dan bukan kondisi kesehatan yang perlu mendapatkan perawatan dokter, kecuali bagi penderita ichthyosis dan psoriasis.

Ichthyosis adalah sekelompok kelainan turunan yang kulit penderitanya akan kering, mengelupas, dan terlihat seperti kulit ikan. Sementara itu, psoriasis adalah kondisi kulit yang ditandai dengan bintik-bintik merah yang gatal, perih, atau berdarah serta mengalami penebalan lapisan kulit. Psoriasis berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

Kecuali bila Anda adalah penderita ichthyosis, umumnya penyebab kulit kering bisa dikendalikan. Alasannya, sebagian besar penyebab kulit kering adalah faktor lingkungan, seperti:

  • Cuaca. Kulit memang akan cenderung lebih kering ketika sedang musim dingin atau hujan.
  • Ruangan ber-AC.
  • Mandi dengan air panas atau berenang di kolam renang yang diberi klorin. Bila terlalu sering, lapisan lemak di kulit akan rusak.
  • Sabun berformula keras, biasanya jenis antiseptik dan deodoran.
  • Deterjen.
  • Terpaan sinar matahari.
  • Hipotiroid. Karena kelenjar tiroid memproduksi sedikit hormon, makan aktivitas kelenjar keringat dan minyak pun berkurang, sehingga menyebabkan kulit menjadi kering.

Merawat Kulit Kering

xerosis kulit kering shower gel hand body lotion royal jelly madu lebah

Walaupun penyebabnya termasuk mudah dikendalikan, bukan berarti kita dapat menyepelekan kondisi kulit kering. Kondisi kulit kering dapat berujung pada dermatitis, yaitu penyakit kulit memerah dan gatal. Perawatan kulit kering dapat dilakukan dengan:

  • Mandi dengan menggunakan air hangat dan jangan berlama-lama. Lima belas menit atau kurang adalah waktu mandi yang ideal bila Anda ingin mengatasi masalah kulit kering Anda.
  • Hindari sabun mandi yang berformula keras. Gunakan HD Royale Shower Gel yang berformula ringan dan alami, kaya akan kandungan propolis, teh hijau, vitamin C, E, B5, dan B6, serta niacinamide. HD Royale Shower Gel akan melembabkan dan melembutkan kulit yang kering, namun tetap cocok untuk berbagai jenis kulit.
  • Lembabkan kulit Anda dengan menggunakan pelembab kulit setelah mandi atau saat Anda merasa kulit Anda membutuhkannya. Anda sebaiknya menggunakan HD Royale Hand & Body Lotion yang merupakan losion alami yang memberikan manfaat lebih dari yang Anda dapatkan dari pelembab biasa. Kandungan madu, royal jelly, allantonin, dan aloe vera akan memberi perlindungan lembut pada kulit Anda sepanjang hari, tanpa meninggalkan rasa lengket. Produk ini sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki kulit kering atau yang sering berada di ruangan ber-AC.
  • Gunakan bahan pakaian yang ramah pada kulit Anda. Bahan wool akan mengiritasi kulit, sementara katun dan sutra akan membiarkan kulit bernapas. Saat mencuci pakaian, usahakan untuk tidak menggunakan deterjen yang mengandung parfum atau pewarna celup. Kedua unsur itu berpotensi mengiritasi kulit.

Bila kulit yang kering terasa gatal, kompreslah dengan air hangat. Hubungi dokter bila kondisi itu berlanjut.

.

Link referensi: http://www.hdindonesia.com/info-produk/kulit-kering


Tags:

Buat Akun Baru
Reset Password