Yang Kalorinya Nol Justru yang Tidak Sehat

Minuman soda merangsang orang tidak berhenti makan. Deretan-deretan minuman bersoda kian lama kian beragam di pasar-pasar swalayan. Banyak di antaranya berlabel diet, zero kalori atau tanpa kalori. Sebagai perbandingan, sekaleng minuman bersoda biasa mengandung 143 kalori, sedangkan satu kaleng minuman bersoda nol kalori hanya mengandung 1 kalori. Jadi tak bakal bikin gemuk alias aman bagi kesehatan. Menarik bukan?

Tapi, sebetulnya, kenyataannya tidak seperti itu. Minuman bersoda itu tetap saja ada efek buruknya. Terutama mereka yang kerap menenggak minuman itu dalam jangka waktu panjang. Kesehatannya bakal terganggu, bahkan gangguan itu bisa serius. Penelitian Sharon P. Flower dan timnya dari University of Texas Health Science Center, Amerika Serikat, menemukan fakta bahwa mereka yang suka soda berisiko 41 persen mengalami kegemukan, meski yang dikonsumsi soda nol kalori. Alasannya, minuman soda berdiet rendah itu mempunyai zat yang disebut aspartame atau pemanis buatan. Zat ini membuat tubuh selalu meminta tambahan kalori. Akibatnya, mereka yang suka minuman bersoda terangsang untuk mengkonsumsi makanan manis lainnya, yang akhirnya mengarah pada penambahan berat badan. Bahkan ada efek lain, seperti sakit kepala, pusing, perubahan mood, hingga reaksi pada kulit.

Paul Smeets, neurolog dari Utrecht University Medical Center, Belanda, juga melakukan eksperimen terhadap reaksi otak pada sejumlah relawan yang meminum soda jeruk. Sekelompok orang diberi minuman bersoda dengan gula, yang lain diberi minuman nir-kalori yang mengandung aspartame, saccharin, cyclamate, dan acesulfame pottasium. Hasilnya, kedua jenis minuman itu sama-sama membangkitkan aktivitas otak untuk membuat tubuh meminta makan lagi.

Guido Frank, psikiater dari Universitas Colorado, Texas, Amerika Serikat, juga menemukan fakta meningkatnya aktivitas otak yang begitu kuat pada 12 perempuan yang menjadi relawan minuman bersoda dengan pemanis buatan. “Ini membuat otak menstimulasi tubuh untuk makan lagi sesuatu yang manis, yang justru mengandung kalori,” kata Frank, seperti ditulis newscientist.com pada 27 Desember 2009.

Spesialis gizi Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, Dinia Adrina, membenarkan hasil penelitian-penelitian itu. Menurut dia, pemanis buatan maupun gula membuat tubuh memproduksi insulin lebih banyak dan menagih glukosa lebih banyak lagi. Yang ditagih tak hanya makanan manis, tetapi juga mengandung karbohidrat yang diubah menjadi gula oleh tubuh, sehingga timbul carbohidrat addict.

Efek lain yang tak kalah buruk, minuman bersoda itu mengganggu penyerapan kalsium. Efek jangka panjangnya bisa menyebabkan tulang keropos. Orang yang minum soda setiap hari, kata Dinia, tulangnya bisa keropos dalam lima tahun tanpa disadari. “Tapi memang masih bergantung (pada ketahanan tubuh) orangnya,” ujar master Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.

Menurut Dinia, pemanis buatan bersifat basa. Sedangkan saluran cerna pertama, yaitu lambung, umumnya bersifat asam. Sehingga, begitu minuman bersoda masuk, lambung akan memproduksi asam lebih banyak lagi. Akibatnya, pencandu minuman bersoda berisiko menderita mag. “Dalam jangka panjang juga akan mengganggu ginjal,” ujar dokter lulusan Universitas Trisakti itu.

Sumber: tempointeraktif.com

.

Artikel Terkait:

SOFT DRINK BERBAHAYA; MITOS ATAU FAKTA?

AWAS, “DIET SODA” LEBIH MERUSAK DIBANDING YANG REGULER!

BAHAYA PEMANIS BUATAN ASPARTAME TAK KALAH DENGAN FORMALIN

.

Tips Diet Super Simple untuk Langsing dan Sehat

Ebook “Tips Diet Super Simple untuk Langsing dan Sehat” memberikan tips-tips sederhana bagaimana menurunkan berat badan tanpa harus olahraga, tanpa pantangan makan, dan tanpa lapar. Membahas secara praktis trik diet mulai dari Diet Shangri-La asli Amerika sampai dengan resep diet tradisional Indonesia. Ketika mempraktekkannya, Anda seolah-olah tidak melakukan diet sama sekali.

Uniknya, Anda bisa memakai gula pasir untuk bisa langsing! Memang sepertinya ganjil, kok bisa gula pasir dipakai untuk membuat langsing?! Nah, itulah yang akan saya bagikan rahasianya kepada Anda di ebook ini. Benar-benar diet dengan budget super murah tanpa harus beli obat atau jamu tertentu.

Efeknya pun bisa dilihat dalam sekejab dan hasilnya terlihat dalam waktu kurang dari seminggu.

Detail info, silahkan KLIK DI SINI.

Register New Account
Reset Password

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!