Suplemen Minyak Ikan Cegah Skizofrenia

Mengonsumsi suplemen minyak ikan setiap hari, dapat mencegah penyakit mental seperti skizofrenia, bahkan pada mereka yang berisiko paling tinggi. Demikian dilansir BBC baru-baru ini. Para peneliti percaya asam lemak omega-3 dapat mengubah sinyal otak dengan efek yang menguntungkan di otak.

Tim peneliti dari Austria, Australia, dan Swiss menguji 81 orang yang berisiko psikosis tinggi, dengan memasok suplemen minyak ikan. Kemudian risiko tinggi turun pada mereka yang memiliki gejala ringan maupun mereka yang memiliki riwayat skizofrenia pada keluarga menderita, atau gangguan mental serupa.

“Temuan pengobatan dengan bahan alami merupakan obat alternatif pengganti antipsikotik, yang dapat mencegah atau paling tidak menunda gangguan psikotik,” kata para peneliti. Obat antipsikotik sangat keras dan dapat memiliki efek samping yang serius seperti masalah kelebihan berat badan dan disfungsi seksual. Di sisi lain, suplemen minyak ikan umumnya dapat ditoleransi, mudah didapat, dan sangat berguna bagi kesehatan.(YUS)

Sumber: liputan6.com, 04/02/2010

Buat Akun Baru
Reset Password