Bahaya HP Bagi Anak di Bawah 12 Tahun

Telepon genggam alias ponsel memang sudah menjadi kebutuhan yang sulit dipisahkan. Tak hanya orang dewasa, bahkan anak-anak pun kini banyak yang dibekali ponsel. Tapi para ahli mengingatkan, jangan pernah biarkan anak-anak menggunakan ponsel sebelum berusia 12 tahun.
.
Bahkan menurut fisikawan dan ahli di bidang radiasi, anak usia remaja pun sebaiknya hanya menggunakan ponsel untuk mengirim pesan singkat (SMS) saja, bukan untuk berbicara atau melakukan panggilan.

“Anak bukanlah orang dewasa yang bertubuh kecil, mereka tak seharusnya menggunakan ponsel sebelum usia 12 tahun,” ujar Profesor Lawrie Challis, mantan kepala Mobile Telecommunications and Health Research programme (MTHR) seperti dilansir dari Dailymail, Sabtu (24/4/2010).

Profesor Challis mengatakan, hal tersebut memang masuk akal, karena sistem kekebalan tubuh anak-anak masih berkembang dan kita tahu bahwa mereka lebih sensitif terhadap hal-hal lain, seperti ultra-violet dari sinar matahari.

Sayangnya, banyak orangtua yang merasa tenang jika membekali anaknya ke sekolah dengan ponsel karena bisa memantau anak dengan mudah.

Tapi bagi Profesor Challis, alasan-alasan tersebut bukanlah ide yang baik. Kecuali jika memang ada alasan keamanan tertentu yang harus dilakukan.

Rekomendasi ini datang dari MTHR, dimana Profesor Challis masih menjadi anggota, yang meluncurkan hasil penelitian mereka selama 30 tahun tentang risiko penggunaan ponsel terhadap 250.000 warga Eropa, 100.000 warga Inggris termasuk partisipan anak-anak.

Peneliti mendata jumlah panggilan pada masing-masing ponsel partisipan dan membandingkannya dengan catatan kesehatan, untuk menentukan apakah ponsel memicu atau memperburuk kanker, termasuk kanker telinga, kulit dan otak.

Studi ini juga melihat apakah ponsel meningkatkan kemungkinan penyakit saraf seperti Alzheimer, Parkinson dan multiple sklerosis, stroke dan penyakit jantung, serta kondisi yang kurang serius seperti sakit kepala dan gangguan tidur.

Hasilnya, mereka yang berusia di bawah usia 12 tahun, yang memang dibekali ponsel oleh orang tuanya, paling rentan terhadap semua dampak negatif dari penggunaan ponsel.

Dan menurut para peneliti dari Imperial College London, hasil ini memang akan mengejutkan banyak orangtua. Tapi jika keadaannya mendesak dan anak-anak memang tidak bisa tanpa dibekali ponsel, pilihanya adalah dengan membekali anak ponsel beserta handset yang memang dirancang untuk anak.

“Jika orangtua khawatir, mereka dapat memantau anak-anak cukup dengan melakukan panggilan singkat, atau menggunakan perangkat hands-free,” ujar John Cooke, direktur eksekutif Mobile Operators Association.

Menurutnya, orangtua harus bisa menimbang-nimbang antara manfaat jaminan nyata yang diberikan oleh teknologi ini terhadap kemungkinan efek kesehatan masa depan yang tidak diketahui.

.

Sumber: DetikHealth

.

Produk yang Direkomendasikan untuk Menetralkan Radiasi Elektromagnet

SE Pendant

SE Pendant dibuat di Korea, menggunakan teknologi nano yang canggih, pada suhu 135 derajat Celcius, digabung bersama dengan struktur molekul mineral vulkanik yang alami.

SE Pendant telah diuji dan memiliki kelebihan dibawah ini:

  • Memancarkan Sinar melebihi 92% FIR (Far Infrared / Infrared jauh).
  • Memancarkan sinar yang mengandung tidak kurang dari 2500 ion negatif.
  • Memancarkan sejumlah scalar energy.
  • Terdiri dari 99.999% germanium.

SE pendant telat memperoleh reputasi bagus dari KFIA (Korean Far Infrared Association) yang sangat terkenal, universitas Ajou Korea, dan tes SGS serta bukti persetujuan.

>> Lihat Detail <<

Bioenergy Sticker

Bioenergy Sticker adalah sebuah sticker khusus yang dirancang dalam ukuran kecil untuk aplikasi yang mudah dan nyaman digunakan pada setiap bagian dari Hand Phone, TV, Komputer, dan peralatan listrik lainnya. Bioenergy Sticker dibuat dari kertas dan bahan galian alami yang mengandung Trace Element serta memancarkan FIR (Far Infrared Rays) dan energi scalar.

Dengan Bioenergy Sticker, Anda dan keluarga akan terhindar dari efek negatif radiasi elektromagnet hp, tv, radio, wi-fi, dll.

>> Lihat Detail <<

Artikel Terkait:

Radiasi HP Mampu Menghancurkan Koloni Lebah

Institusi Penelitian Kanker Memperingatkan Akan Bahaya HP

Penggunaan Telepon Selular Selama Kehamilan Berpotensi Merusak Janin

Meletakkan HP di Pinggang Dapat Merapuhkan Tulang dan Menganggu Kesuburan

Kenapa Kita Tidak Bisa Menggunakan HP di Dalam Pesawat?

Register New Account
Reset Password

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!