Lemak di Perut Memicu Peradangan

imgKelebihan berat badan diketahui dapat memicu timbulnya berbagai penyakit di tubuh. Lemak berlebih yang ada disekitar perut memicu produksi sel imun ‘pro-inflamasi’ yang meningkatkan peradangan dalam tubuh.
.

Karenanya jika seseorang berhasil menurunkan berat badan, lemak di perut akan berkurang sehingga produki sel imun ‘pro inflamasi akan menurun dan kekebalan tubuh juga akan meningkat.

Sistem kekebalan tubuh terdiri dari berbagai macam sel yang dapat melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus dan kuman lainnya. Sel-sel ini harus hidup berdampingan dalam keseimbangan tertentu agar kesehatan seseorang bisa dipertahankan dengan baik.

Tapi banyak faktor yang bisa mempengaruhi kemampuan sistem imun ini seperti kelebihan lemak tubuh. Jika hal ini terjadi, maka tubuh akan menciptakan jenis sel kekebalan yang dapat merugikan dan bukan melindungi tubuh.

Para ilmuwan telah mengetahui bahwa kelebihan lemak tubuh, khususnya lemak perut dapat memicu produksi dari sel imun ‘pro-inflamasi’ yang bersirkulasi dalam darah dan meningkatkan peradangan dalam tubuh.

Salah satu contoh peradangan kronis telah dikaitkan dengan penyakit arteri koroner dan masalah kesehatan lainnya. Selain itu sel imun yang menyebabkan radang dikenal dengan makrofag juga aktif dalam jaringan lemak.

Dalam studi ini peneliti mengamati orang-orang obesitas dengan diabetes tipe 2 dan pradiabetes yang melakukan diet terbatas antara 1.000-1.600 kalori per hari selama 24 minggu.

Partisipan yang menurunkan berat badannya menunjukkan adanya pengurangan 80 persen jumlah sel kekebalan pro inflamasi serta penurunan aktivasi dari makrofag pada jaringan lemak peserta.

“Masyarakat harus menyadari bahwa kelebihan lemak bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuhnya dan hal ini dapat mempengaruhi kelangsungan hidupnya,” ujar Katherine Samaras, seorang professor dari Garvan Institute of Medical Research di Sydney, seperti dikutip dari LiveScience, Sabtu (24/4/2010).

Seseorang yang kehilangan berat badan sekitar 6 kilogram cukup untuk menurunkan tingkat sel pro-inflamasi. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam the Journal of Clinical Endocrinology Metabolism pada 7 April lalu.

.

Sumber: DetikHealth

.

Artikel Terkait:

Minyak Kelapa Baik untuk Program Penurunan Berat Badan

Perut Rata Diawali dari Makanan

.

Tips Diet Super Simple untuk Langsing dan Sehat

Ebook “Tips Diet Super Simple untuk Langsing dan Sehat” memberikan tips-tips sederhana bagaimana menurunkan berat badan tanpa harus olahraga, tanpa pantangan makan, dan tanpa lapar. Membahas secara praktis trik diet mulai dari Diet Shangri-La asli Amerika sampai dengan resep diet tradisional Indonesia. Ketika mempraktekkannya, Anda seolah-olah tidak melakukan diet sama sekali.

Uniknya, Anda bisa memakai gula pasir untuk bisa langsing! Memang sepertinya ganjil, kok bisa gula pasir dipakai untuk membuat langsing?! Nah, itulah yang akan saya bagikan rahasianya kepada Anda di ebook ini. Benar-benar diet dengan budget super murah tanpa harus beli obat atau jamu tertentu.

Efeknya pun bisa dilihat dalam sekejab dan hasilnya terlihat dalam waktu kurang dari seminggu.

Detail info, silahkan KLIK DI SINI.

Klik untuk gabung.
Buat Akun Baru
Reset Password