Autoimun: Sakit Akibat Serangan Sistem Imun Tubuh Sendiri

imgSistem imun atau sistem kekebalan tubuh seharusnya melindungi tubuh dari zat berbahaya dari virus, bakteri, racun, dan lainnya. Tapi bila sistem imun mengalami gangguan, justru akan menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat.
.

Gangguan ini disebut gangguan atau penyakit autoimun. Gangguan autoimun adalah suatu kondisi yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang dan menghancurkan jaringan sehat.

Normalnya, pasukan sistem kekebalan tubuh sel darah putih membantu melindungi tubuh terhadap zat berbahaya, yang disebut antigen. Contoh antigen termasuk bakteri, virus, racun, sel-sel kanker dan darah atau jaringan dari orang atau spesies lain. Sistem kekebalan tubuh akan membuat antibodi yang menghancurkan zat-zat berbahaya.

Tapi pada pasien dengan gangguan autoimun, sistem kekebalan tidak bisa membedakan antara jaringan tubuh yang sehat dan antigen.

Hasilnya adalah resposn imun yang merusak jaringan tubuh normal. Ini adalah reaksi hipersensitivitas mirip dengan respon di alergi.

Pada alergi, sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap zat eksternal yang biasanya akan diabaikan. Tapi pada gangguan autoimun, sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap jaringan tubuh normal. Yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh tidak bisa membedakan antara jaringan normal dan antigen tidak diketahui.

Satu teori menyebutkan bahwa beberapa mikro-organisme (termasuk bakteri) dan obat-obatan dapat memicu beberapa perubahan, terutama pada orang yang memiliki gen yang membuat mereka lebih rentan terhadap gangguan autoimun.

Seperti dilansir dari NLM, Selasa (27/4/2010), gangguan autoimun dapat mengakibatkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Perusakan satu atau lebih jenis jaringan tubuh
  2. Pertumbuhan organ abnormal
  3. Perubahan fungsi organ

Gangguan autoimun dapat mempengaruhi satu atau lebih organ atau jaringan. Organ dan jaringan yang umumnya terkena oleh gangguan autoimun adalah sel darah merah, pembuluh darah, jaringan ikat, kelenjar endokrin seperti tiroid atau pankreas, otot, sendi, dan kulit.

Seseorang bisa memiliki lebih dari satu gangguan autoimun pada saat yang sama. Ada lebih 80 jenis penyakit akibat gangguan autoimun.

Berikut beberapa contoh penyakit karena serangan sistem imun tubuh sendiri:

  1. Hashimoto tiroiditis (gangguan kelenjar tiroid)
  2. Pernicious anemia (penurunan sel darah merah yang terjadi ketika tubuh tidak dapat dengan baik menyerap vitamin B12 dari saluran pencernaan)
  3. Penyakit Addison (penyakit yang terjadi ketika kelenjar adrenal tidak memproduksi cukup hormon)
  4. Diabetes tipe I
  5. Rheumatoid arthritis (radang sendi)
  6. Systemic lupus erythematosus (SLE atau gangguan autoimun kronis, yang mempengaruhi kulit, sendi, ginjal dan organ lainnya)
  7. Dermatomyositis (penyakit otot yang dicirikan dengan radang dan ruam kulit)
  8. Sjorgen sindrom (kelainan autoimun dimana kelenjar yang memproduksi air mata
  9. Multiple sclerosis (gangguan autoimun yang mempengaruhi otak dan sistem saraf pusat tulang belakang)
  10. Myasthenia gravis (gangguan neuromuskuler yang melibatkan otot dan saraf)
  11. Reactive arthritis (peradangan sendi, saluran kencing dan mata)
  12. Penyakit Grave (gangguan autoimun yang mengarah ke kelenjar tiroid hiperaktif)

Gejala gangguan autoimmune sangat bervariasi dan tergantung pada penyakit tertentu. Gejala yang umum adalah pusing, kelelahan, sakit, dan demam kelas rendah.

Perawatan yang digunakan tergantung pada penyakit tertentu dan gejala. Misalnya, pemberian suplemen tiroid, vitamin, suntikan insulin atau transfusi darah. Tidak ada usaha pencegahan yang bisa dilakukan untuk gangguan autoimun.

.

Sumber: DetikHealth

.

SOLUSI ALAMI UNTUK PENYEMBUHAN PENYAKIT AUTOIMUNE

Secara medis konvensional, penyakit autoimune tergolong penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Namun beda halnya dengan medis holistik, gabungan dari beberapa terapi alami bisa membantu tubuh mengalami kesembuhan. Mengatur pola makan, pemberian terapi propolis, dan beberap jenis herbal tertentu mampu menormalkan sistem imun yang berlebihan. Berikut beberap contoh kesaksian dari mereka yang mengalami perbaikan signifikan sampai sembuh total secara alami dengan memakai pengobatan alami tertentu.

Alfrida SN(41thn),Medan – Alergi dan Hipersensitf Menahun

Saya mengenal SOzo formula MANggata 1 atau SoMan 1 dari suami yang kebetulan juga mengonsumsinya. Suami saya mengalami alergi obat, kadang suaranya tiba-tiba hilang. Dia juga takut minum obat-obat dari dokter karena khawatir penyakitnya makin parah. Hingga ia putuskan mencoba SoMan 1, dan penyakitnya berangsur sembuh.
Sejak itu, saya tertarik meminumnya juga. Habis beberapa botol, alergi saya berkurang. Saya juga makin bebas mengonsumsi makanan apa saja, dan reaksi alergi tersebut tidak dirasakan lagi seperti gatal-gatal. Keluarga yang sakit diabetes kronik juga saya anjurkan minum SoMan 1. Puji Tuhan, kadar gulanya turun dan penglihatannya berangsur-angsur membaik, tidak rabun lagi. SOzo formula MANggata 1 benar-benar membuat hidup keluarga kami bahagia. Kami juga merasa makin sehat.
.

Aulia Bunga Hesti – Tidak Lagi Alergi Debu dan Bebas Jerawat

“Saya dari dulu alergi pada debu, mata suka perih kalau lama bekerja di depan komputer, betis suka kram terutama menjelang haid, dan badan pegal linu. Saya juga banyak jerawat dan merah-merah di kulit. Saya sudah facial di salon, tapi jerawat saya tidak juga sembuh. Akhirnya saya dianjurkan mama teman saya untuk pakai Soman. Sejak minum Soman, alergi saya jarang kambuh, badan terasa fit, dan tidak ada lagi keluhan saat menjelang haid, jerawat saya juga sudah kering. Padahal saya baru 2 minggu mengkonsumsi Soman.”

.

Note: Untuk melihat kesaksian lainnya dan detail info tentang jamu tetes SOMAN 1, silahkan kunjungi link www.somanjamuku.com

.

 

 

Sondakh, Dosen S2 ITB-Bandung – Alergi Makanan dan Asam Urat

Saya menderita alergi selama 11 tahun dan selama itu mengonsumsi berbagai macam obat dokter yang cukup mahal. Jika saya tidak mengonsumsi obat tersebut, badan saya menjadi bengkak-bengkak dan muncul benjol-benjol. Kemudian saya mencoba mengonsumsi propolis, dan ternyata benjol-benjol itu tidak pernah muncul lagi sampai sekarang. Propolis itu juga pantas disebut sebagai propolis ajaib, karena memang dapat menyembuhkan penyakit-penyakit lain. Asam urat saya juga ikut sembuh. Sekarang saya bebas makan makanan apa saja tanpa ada lagi pantangan-pantangan.

.

Ibu Nia,30 tahun, Sumedang – Asma

Anak saya menderita asma. Usianya baru 4 tahun. Setiap minggu ia selalu ke dokter spesialis karena pilek, sesak, dan demam. Saya beri propolis sebanyak 2×4 tetes. Ia masih pilek setiap minggu, tapi tidak pernah panas badan lagi dan sekarang penyakit asmanya berangsur sembuh.

.

Gina Nurhasanah – Kelenjar Thyroid dan Permasalahan Lambung

“Sudah dua tahun saya mendapati kelenjar thyroid saya bermasalah”, demikian Ibu Gina mengawali kisahnya, “selain itu mata saya juga sering tegang”, lanjut beliau. “Kemudian saya ditawari minum propolis tiga kali sehari antara 3-10 tetes, hasilnya sungguh luar biasa”, imbuh beliau dengan penuh semangat. Itulah pengalaman ibu Gina Nurhasanah.
.
Lain lagi dengan yang disampaikan Bapak Entang, sudah empat bulan beliau berbaring di tempat tidur, dan selama itu beliau telah berusaha secara maksimal untuk mengupayakan kesembuhannya. “Menurut dokter saya terkena gangguan lambung dan saya sudah pasrah, kemudian ada yang menawari saya propolis dan saya minum 5-7 tetes 3 kali sehari. hal tersebut saya lakukan selama satu minggu, hasilnya alhamdulillah saya merasa sembuh total”. Demikian cerita lengkap Pak Entang dengan penuh kebahagiaan sambil menunjukkan dirinya sudah bisa berjalan dan beraktivitas seperti biasa lagi.

.

Kartono Ir, Msc. MBA, Dosen, Bandung – Menderita Ambein, Eksim Menahun

Pekerjaan saya sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi di Bandung selama 32 tahun saya lakoni. Sebelum tahun 2004 terasa semakin berat, terutama akibat gangguan ambein yang mengganggu karena dari (maaf = lubang anus) keluar 4 buah sebesar telur, sehingga untuk berjalan susah (seperti jalannya robot), apalagi untuk duduk hanya menumpangkan paha di permukaan kursi.
.
Saat itu saya sangat tersiksa, karena penyakit ini kian menyiksa dari tahun ke tahun dan puncaknya di akhir tahun 2004. Seseorang kawan datang menawarkan produk Propolis, awalnya saya tidak tertarik tetapi karena dikatakan bisa untuk ambein / wasir, saya langsung membeli tanpa pikir panjang. Sesuai petunjuk yang disarankan kawan tadi, saya langsung minum 10 tetes 4x sehari dan dioleskan ke lubang anus dan terjadilah hal yang luar biasa, ambein saya sembuh dalam 3 hari dan yang paling mengesankan saat ini saya bisa makan apapun (es, sukro, cabai, dll) yang dulu saya hindari karena gigi sudah keropok, saya tidak tahan dengan yang dingin dan bahkan tanpa saya sadari eksim yang ada dalam tubuh saya lenyap semuanya.
.
Berkat Propolis semua penyakit dalam tubuh saya lari terbirit ¨C birit sehingga semangat mengajar saya semakin bertambah di usia saya yang sudah lanjut (64 tahun) dan bahkan teman main tenis saya yang sudah loyo dan terbaring karena menderita jantung (Pak Ali) kini sehat seperti saya, berkat Propolis dan juga istri saya yang menderita kaligata/biduran juga sembuh. Propolis memang hebat, satu produk bisa untuk semua penyakit. Jadikan Propolis sebagai pelindung anda dan keluarga untuk menghindari dari sakit penyakit yang setiap saat siap menyerang.

.

Note: Untuk melihat kesaksian lainnya dan detail info tentang terapi propolis, silahkan kunjungi link www.keajaibanpropolis.com

Buat Akun Baru
Reset Password