Makanan & Minuman yang Bikin Kantuk dan Terjaga

Makanan yang dikonsumsi adalah sumber energi tubuh. Tapi ada makanan yang setelah dimakan justru bikin mengantuk. Sebaliknya ada juga makanan yang bisa menghalau kantuk. Apa saja makanan yang mempengaruhi kantuk serta makanan yang bisa melawan kantuk?

.

Seperti dilansir dari Everybodyliveto100, Senin (26/4/2010), berikut makanan dan minuman yang mempengaruhi kantuk:

1. Gula dan Karbohidrat

Makanan yang kaya karbohidrat dan gula seperti nasi, roti dan pasta dapat membuat kita mengantuk. Hal ini karena karbohidrat dan gula adalah makanan yang cepat rusak selama pencernaan dan memiliki peringkat glisemik tinggi. Karbohidrat dan gula juga mempercepat pelepasan triptofan dan serotonin, bahan kimia otak yang memicu tidur.

Kombinasi karbohidrat seperti roti dan selai kacang, sereal dan susu, keju dan makanan ringan, juga dapat membuat orang sangat mengantuk.

2. Makanan mengandung triptofan

Produk susu seperti keju, yoghurt, dan lainnya merupakan sumber yang baik dari triptofan, yaitu asam amino yang akan diubah ke melatonin dan serotonin, yang keduanya menyebabkan kantuk.

Gandum, pisang, unggas dan kacang tanah juga mengandung triptofan. Makanan ringan yang tinggi karbohidrat, rendah protein juga meningkatkan kadar triptofan yang membuat kantuk.

3. Anggur merah (wine)
Para ilmuwan di Italia telah menemukan bahwa buah anggur yang digunakan untuk membuat anggur merah (wine) mengandung kadar tinggi hormon tidur melatonin. Melatonin alami ini disekresikan oleh kelenjar pineal di otak, terutama pada malam hari. Mengonsumsi anggur merah dapat membuat Anda mengantuk.

4. Makanan kurang zat besi
Kekurangan zat besi adalah penyebab umum kelelahan. Kekurangan zat besi menyebabkan kelelahan karena merupakan bagian penting dari hemoglobin, protein yang membantu mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Orang yang kekurangan zat besi biasanya akan mudah mengantuk.

Makanan yang kaya akan besi termasuk organ daging seperti hati, atau makanan seperti tahu, oatmeal, kerang, tiram, dan quinoa (makanan seperti nasi yang dimasak dengan cara yang sama tapi menawarkan lebih banyak nutrisi).

Sedangkan makanan yang bisa bikin mata terjaga adalah
:

1. Makanan pedas
Makanan pedas dapat membuat jantung serasa terbakar sehingga membuat orang tetap terjaga. Terkadang beberapa orang lebih rentan dengan makanan ini ketimbang yang lain (menyebabkan perut mulas).

2. Kafein
Kafein adalah stimulan yang menghalangi hormon dalam otak yang menyebabkan kantuk. Mengonsumsi kafein akan membuat kita tetap terjaga.

Produk kafein seperti kopi, teh, minuman ringan, minuman energi dan cokelat (termasuk minuman cokelat panas), akan memiliki efek dalam tubuh selama 3 sampai 5 jam, tetapi untuk beberapa orang bahkan berefek hingga 12 jam.

Menghindari kafein dalam waktu 6-8 jam tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

3. Alkohol
Alkohol dapat membuat orang merasa rilek dan tertidur dalam waktu yang singkat. Tapi alkohol juga dapat mengganggu tidur dan dapat menurunkan kualitas tidur, karena efek alkohol dapat membuat orang terbangun di malam hari.

4. Minum air putih
Air minum adalah langkah termudah pertama yang paling efektif terhadap pertempuran kelelahan dan agar tetap terjaga.

Dengan mengetahui makanan dan minuman yang mempengaruhi kantuk, Anda dapat mengontrol makanan dan minuman apa saja yang harus dihindari pada pagi dan siang hari untuk mencegah kantuk. Serta makanan dan minuman apa saja yang harus dihindari pada malam hari untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Sumber: Merry Wahyuningsih – DetikHealth. Senin, 26/04/2010

Register New Account
Reset Password

Lihat panduan!

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!