Dua Obat yang Bikin Payudara Pria Membesar

Dua obat antipsychotic yang berfungsi mengatasi beberapa gangguan fungsi otak atau kejiwaan seperti szhizoprenia, autisme atau bipolar mania ternyata punya efek samping yang menakutkan.

Laki-laki yang minum obat itu bisa mengalami pertumbuhan payudara yang tidak normal hingga mencapai ukuran 38D. Seperti dikutip dari digg, Rabu (27/1/2010), setidaknya ada 20 hingga 30 kasus seperti itu yang terjadi di Philadelphia.

Dua jenis obat anti psychotic yang punya efek samping menaikkan berat badan dan menumbuhkan payudara itu adalah Risperdal dan Invega.

Dokter harus curiga jika terjadi kenaikan berat badan dan pertumbuhan payudara setelah pasien mengonsumsi obat tersebut.

Risperdal dan Invega sudah terdaftar dalam badan obat dan makanan AS atau Food and Drug Administration (FDA) sebagai obat antipsychotic untuk mengatasi masalah psikiatrik seperti Schizoprenia, gangguan bipolar dan autisme.

Namun obat tersebut juga sering diresepkan tanpa label untuk menangani masalah hiperaktif, sindrom Touret dan perilaku-perilaku semacamnya.

Munculnya efek samping Risperdal dan Invega membuat beberapa orang membawa kasus ini ke pengadilan untuk menuntut perusahaan farmasi Janssen yang memproduksi obat tersebut.

Menurut pengacara Kenneth Smith dari Virginia, hampir 70 persen obat tersebut diresepkan oleh dokter tanpa label pada pasiennya. Smith juga menuntut perusahaan farmasi itu karena tidak cukup memberi peringatan pada dokter atau pasien akan efek samping kedua obat itu.

Sumber: DetikHealth

Buat Akun Baru
Reset Password