Karyawan Lebih Tahan Stres Jika di Ruang Kerja Ada Tanaman

Meletakkan pot berisi tanaman di ruang kerja bisa memberi efek yang sama dengan berlibur di hutan atau pegunungan. Adanya tanaman di ruang kerja membuat karyawan lebih rileks, tidak mudah stres dan jarang bolos dengan alasan sakit.

Sebuah penelitian mengungkap, ruang kerja yang dihiasi dengan pot tanaman bisa meningkatkan kesehatan karyawan secara umum. Bukan hanya mengurangi stres, tanaman juga bisa mengurangi risiko kelelahan fisik, sakit kepala, mulut kering, kulit kering dan batuk-batuk.

Makin banyak pot tanaman yang ada di ruang kerja, makin sedikit karyawan yang bolos dengan alasan sakit. Salah satu alasannya, tanaman mampu menghasilkan oksigen sedangkan tanah di dalam potnya bisa menyerap senyawa-senyawa volatil (mudah menguap), senyawa yang bisa bikin karyawan mudah sakit.

“Ada juga alasan psikologisnya, yakni kebanyakan orang meyakini bahwa tanaman itu sehat sehingga saat melihat tanaman karyawan akan lebih optimistis terhadap kesehatannya,” ungkap Dr Tina Bringslimark, psikolog yang memimpin penelitian itu seperti dikutip dari Dailymail, Senin (13/6/2011).

Dr Bringslimark mengamati presensi atau daftar hadir 385 orang karyawan. Dengan dibantu timnya dari University of Life Science di Norwegia dan Uppsala University di Swedia, ia juga menghitung berapa jumlah tanaman yang bisa dilihat para responden di kantornya.

Kesimpulannya adalah, makin banyak jumlah tanaman yang bisa dilihat para responden di kantornya maka tingkat absensi atau ketidakhadiran lebih rendah. Sebaliknya, makin sedikit tanaman yang bisa dilihat maka jumlah ketidakhadiran karena sakit cenderung meningkat.

Selain itu, karyawan yang melihat banyak tanaman saat bekerja bisa menyelesaikan tugas-tugasnya 12 persen lebih cepat dibandingkan karyawan yang kantornya gersang tanpa tanaman. Ketika diperiksa, tekanan darah dan tingkat stresnya memang lebih rendah.

Namun ditegaskan oleh Dr Bringslimark, hasil penelitian ini hanya berlaku di kantor-kantor yang ruangannya tertutup dan tidak memiliki jendela. Jenis tanamannya juga berpengaruh, sebab tanaman berdaun lebih memberikan efek positif dibanding bunga-bungaan.

Sumber: DetikHealth

.

Buat Akun Baru
Reset Password