Psoriasis bukan penyakit menular dan mematikan. Namun untuk menjalani hidup normal, penderita psoriasis perlu memperhatikan rambu-rambu yang cukup ketat.

Selain disarankan untuk menggunakan losion tubuh mengandung pelembap tinggi, penderita tidak diperkenakan menggunakan losion dengan whitening agent.

“Kulit penderita psoriasis diketahui lebih kering dan sensitif. Untuk itu disarankan untuk menggunakan losion dengan kadar pelembap tinggi yang tidak berpewangi, berwarna, dan mengandung whitening agent (pemutih) karena dikhawatirkan akan kambuh kembali,” papar Helen Bernadetha Intan, Founder Yayasan Peduli Psoriasis Indonesia (YPPI) di Hotel Ritz-Carlton, Kamis (11/8/2011).

Sebagai penderita psoriasis sekira 10 tahun lalu, Helen pun disarankan untuk berhati-hati dalam melakukan perawatan wajah dan tubuh agar psoriasis tidak kembali kambuh.

“Saya disarankan untuk tidak facial, luluran, dan pijat. Sementara untuk creambath, saya tidak diperbolehkan menggunakan steam karena panas ke kulit kepala takut memicu psoriasis. Bahkan untuk sampo, saya sampai harus membeli di luar negeri karena di Indonesia belum ada sampo yang cukup aman untuk penderita psoriasis,” jelasnya.

Ditambahkan dr Danang T Soebaryo SpKK selaku Chairman of YPPI, penderita psoriasis juga harus memerhatikan kadar suhu lingkungan dia tinggal.

“Pastikan penggunaan air conditioner dalam ruangan tidak lebih dari 23 derajat Celsius untuk menjaga kelembapan kulit. Boleh berjemur di bawah sinar matahari, asal tidak terlalu lama dan diketahui baik bagi penderita psoriasis,” tutupnya.

Sumber: http://lifestyle.okezone.com/read/2011/08/11/195/490909/penderita-psoriasis-setop-losion-pemutih

.

undefined

Tags:

©2020 Healindonesia. All Rights Reserved

Kontak via Email

Silahkan Anda menghubungi kami via Form Kontak ini.

Mengirim
WhatsApp chat

Masuk dengan data akun Anda

atau    

Lupa rincian login Anda?

Buat Akun