Diet Lebih Sukses Jika Selalu Ingat Sang Pencipta

Kekuatan doa tidak perlu diragukan lagi, termasuk dalam menunjang kesuksesan program diet. Menurut penelitian, orang yang rajin berdoa lebih mampu menahan nafsu makan sehingga bisa lebih sukses dalam upayanya menurunkan berat badan.

Bagi orang yang beragama dan percaya bahwa campur tangan Sang Pencipta turut menentukan kesuksesan program dietnya, doa akan sangat efektif meningkatkan peluang keberhasilan diet. Dalam setiap doa, selalu kata-kata religius yang mengingatkan orang itu pada Sang Pencipta.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah eksperimen di University of Waterloo, Kanada. Penelitian yang melibatkan 535 pelajar ini membuktikan, berbagai bentuk kata-kata religius bisa mengingatkan seseorang pada Sang Pencipta dan turut menentukan keberhasilan diet.

Lewat sebuah sesi wawancara, para pelajar yang menjadi partisipan dalam eksperimen ini dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan keyakinannya. Kelompok pertama meyakini adanya campur tangan Tuhan sedangkan kelompok kedua tidak meyakini demikian.

Seluruh partisipan kemudian dikondisikan untuk selalu mendengarkan kata-kata religius, yang mengingatkannya pada Sang Pencipta. Selain dengan menyusun kalimat-kalimat yang diyakini sebagai doa, para partisipan juga diperdengarkan kutipan-kutipan pendek tentang agama.

Pada kelompok yang meyakini campur tangan Tuhan, kata-kata religius baik dalam bentuk doa maupun kutipan-kutipan pesan rohani terbukti meningkatkan motivasi berdiet dan membuat nafsu makan jadi lebih terkendali. Ketika kutipan-kutipan pesan yang diperdengarkan tidak berhubungan dengan agama, nafsu makan kembali seperti semula.

Namun efek ini tidak teramati pada kelompok partisipan yang tidak meyakini campur tangan Tuhan dalam program dietnya. Seperti dikutip dari Dailymail, Senin (31/10/2011), partisipan yang tidak percaya tidak punya motivasi ekstra seperti halnya kelompok yang percaya saat teringat pada Sang Pencipta.

Sumber: DetikHealth

.

Register New Account
Reset Password

Lihat panduan!

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!