5 Manfaat Konsumsi Sayuran Oranye

Banyak ragam dan jenis sayuran yang bisa dengan mudah kita dapatkan di alam ini. Bentuk dan warnanya pun sangat bervariasi. Ada yang merah, hijau, oranye, kuning, dan ungu. Semuanya tentu sangat bermanfaat buat kesehatan.

Selama ini, sayuran berwarna hijau mungkin lebih dikenal dan menjadi pilihan. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mulai membuat variasi dengan mengonsumsi sayuran berwarna oranye. Para ahli kesehatan di Kanada merekomendasikan untuk mengonsumsi sayuran berwarna oranye setiap harinya. Mengapa?

1. Melawan kanker payudara pada stadium awal

Retinoic acid adalah zat yang berasal dari vitamin A, yang banyak terdapat pada kentang manis dan wortel. Penelitian yang dilakukan oleh Fox Chase Cancer Center, Philadelphia, menunjukkan asam retinoat mempunyai sifat sebagai pelawan kanker payudara pada tahap awal (stadium dua), tetapi tidak dalam stadium di atasnya.

2. Meningkatkan beta-karotena

Beta-karotena adalah salah satu zat antioksidan yang terdapat pada sayuran-sayuran seperti wortel, kentang, dan labu. Beta-karotena mempunyai peran dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan menjaga pengelihatan tetap baik. Beta-karotena adalah nutrisi yang larut dalam lemak dan sebuah studi menunjukkan bahwa menggoreng sayuran tertentu dengan sedikit minyak dapat meningkatan kandungan beta-karotena sebesar 63 persen untuk wortel dan 53 persen pada labu.

3. Melindungi jantung

Studi menunjukkan bahwa tingkat alfa dan beta-karotena, juga antioksidan yang lebih tinggi, dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler.

4. Melindungi mata

Labu dan wortel kaya akan lutein dan zeaxanthin, dua pigmen tumbuhan yang membantu mencegah katarak. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Archives of Ophthalmology yang melibatkan lebih dari 35.000 wanita menunjukkan bahwa mereka yang mendapat jumlah pigmen tertinggi dalam diet (6.716 mikrogram per hari) memiliki risiko 18 persen lebih rendah mengidap katarak.

5. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin B6 yang terdapat pada wortel dan labu memiliki peran dalam pertumbuhan sel darah dan metabolisme protein. Bukan hanya itu, vitamin ini juga membantu sistem kekebalan tubuh memproduksi antibodi untuk melawan penyakit.

Sumber: Kompas.com

.

Buat Akun Baru
Reset Password