Keistimewaan Ginseng untuk Kesehatan

Ginseng (Panax quinquefolius) adalah sejenis tanaman berkhasiat obat yang termasuk dalam suku Araliaceae. Ginseng tumbuh dan tersebar di wilayah belahan bumi utara terutama di daratan Siberia, Manchuria, Korea, hingga Amerika bagian utara. Jenis ginseng tropis dapat ditemukan juga di Vietnam, yaitu dari spesies Panax vietnamensis. Nama “ginseng” diambil dari bahasa Inggris, yang dibaca mengikuti lafal Bahasa Kantonis, jên shên, dalam bahasa Mandarin dibaca “ren shen”, “人蔘” (duplikat manusia), karena bentuk akar yang menyerupai bentuk tubuh manusia. Ada berbagai jenis ginseng yang meliputi ginseng India (Ashwagandha), ginseng Siberia, ginseng Asia, ginseng Brasil, dan ginseng Amerika.

Ginseng sering digunakan dalam pengobatan tradisional terutama di daerah China. Akar tanaman ini dapat memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah, serta membantu pemulihan dari penyakit. Di Indonesia juga terdapat tumbuhan yang memiliki khasiat sama dengan ginseng yaitu ginseng Jawa ( Talinum paniculatum Gaertn) atau dalam bahasa daerah setempat disebut juga som jawa, dan kolesom. Di dalam pengobatan tradisional akarnya dicampur dengan berbagai jenis obat dan yang paling terkenal dalam bentuk campuran anggur. Kajian mengenai khasiat dan kegunaanya telah dilakukan untuk menjadikan kolesom sebagai ginseng Indonesia.

.

Gingseng di Korea

Orang Korea biasa menyebut ginseng sebagai insam / 인삼 (ginseng yang dibudidayakan). Di Korea, Panax ginseng liar yang tumbuh di hutan-hutan lebat pegunungan dinamakan sansam (ginseng gunung).

Kapan pertama kali ginseng dibudayakan di Korea tak diketahui, namun tentang kualitas gingseng dari Korea sudah diketahui sejak lama. Salah satu produknya dikenal dengan nama goryeo insam (ginseng goryeo/ginseng korea). Ginseng korea berkualitas baik dikarenakan ditanam pada tanah subur dengan iklim yang mendukung. Sejak lama orang Korea menghargai ginseng dan berusaha keras memilikinya. Seseorang yang mencari ginseng liar di gunung dan menjualnya dinamakan sinamani (penggali ginseng liar).

Karena mengaggap sansam adalah hadiah dewa gunung (sansin), sebelum menggali ginseng mereka berdoa terlebih dahulu kepada dewa gunung dan berhati-hati dalam berkata dan bertindak. Jika menemukan sansam, mereka akan berteriak “sim bwatda” (saya sudah menemukannya), lalu melakukan ritual kepada dewa gunung sebelum menggalinya dengan hati-hati.

Dalam mitologi Korea, sansam adalah obat penyembuh yang dihadiahkan dewa. Sansam bahkan hidup dan bisa berbicara. Pada saat ini, insam sudah dibudidayakan secara luas karena khasiatnya bagi manusia, antara lain efektif melawan kanker dan penyakit, sebagai tonik, bahan makanan, minuman kesehatan dan sebagainya.

.

Manfaat Ginseng bagi Kesehatan

Manfaat ginseng secara garis besar adalah sebagai berikut:
1. Ginseng dapat membantu proses pencernaan dan meningkatkan selera makan. Ginseng juga merupakan obat diare yang ampuh.
2. Efektif mengobati asma dan gangguan pernapasan.
3. Bagus untuk merawat diabetes, rematik, dan bisul.
4. Dapat meminimalkan risiko terkena kanker.
5. Ginseng bisa mengurangi stres fisik dan mental serta membantu memulihkan stamina.
6. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
7. Mengurangi efek dari penyakit Crohn.
8. Efektif mengurangi kadar kolesterol jahat.
9. Memperlancar peredaran darah.

.

Manfaat Ginseng Bagi Lambung dan Usus

Gastrointestinal untuk yang tubuhnya sehat, dapat dipastikan bahwa peristaltiknya teratur. Peristaltik yang tidak teratur dapat menurunkan nafsu makan, dan dapat pula menyebabkan terjadinya sembelit atau diare dan disentri. Ginseng memiliki manfaat untuk mengaktifkan fungsi gastrointestinal, sehingga dapat memperkuat daya serap pencernaan bahan makanan, menambah stamina, dan dapat menangkal serangan penyakit. Ginseng dapat pula mengobati gastritis (peradangan kronis), gastroposis (turunnya posisi perut), nafsu makan berkurang, nyeri lambung, diare dan disentri, dan gastric ulcer (tukak lambung).

Orang yang stres mudah terganggu organ pencernaannya, asam lambung meningkat, perut terasa kembung dan lain-lain, yang mana akan mengakibatkan sakit maag (lambung). Setelah menggunakan Ginseng, umumnya akan timbul rasa nyaman dan rasa lapar, kondisi jiwa juga akan lebih tenang (stabil) serta ingin beristirahat, dan dapat lelap tertidur, karena Ginseng mempunyai fungsi untuk menenangkan, maka dianggap sebagai obat mujarab untuk lambung dan usus (gastrointestinal).

.

Manfaat Ginseng Untuk Melindungi Fungsi Hati

Kebiasaan makan yang tidak terkendali atau sering meminum minuman yang beralkohol, menggunakan antibiotik tanpa anjuran dokter akan memberatkan beban hati. Apabila fungsi hati menurun, maka fungsi untuk menetralisir racun akan terganggu, sehingga di dalam tubuh akan terjadi timbunan racun yang berlebihan, yang akhirnya akan mengakibatkan meninggal karena serangan penyakit liver cirrhosis.

Sebagian besar penyakit hati terjadi karena bakteri pathogen, terutama infeksi yang disebabkan oleh bakteri pathogen tipe B, yang disebut Hepatitis B. Apabila tidak segera diobati kemungkinan akan terserang penyakit liver cirrhosis yang kemudian akan menjadi kanker hati.

Ada lima pengaruh ginseng terhadap hati, yaitu :
1. meningkatkan peredaran darah, meningkatkan fungsi hati,
2. memperbanyak pembentukan nucleic acid (asam nukleat), protein dan lemak,
3. menyembuhkan kelelahan serta stress, meringankan beban hati (liver),
4. memperbaiki kadar lemak tinggi di dalam darah, memperlancar pembuangan kolesterol keluar tubuh,
5. memperlancar proses metabolisme, membantu aktivitas hati.

.

Manfaat Ginseng Sebagai Pencegah Flu

Ginseng dapat mencegah flu karena Ginseng dapat memperbanyak sel darah merah untuk dapat memperoleh oksigen yang lebih banyak dan mengaktifkan sel-sel untuk meningkatkan daya kekebalan. Dengan demikian daya tahan dalam tubuh juga meningkat. Pada saat yang bersamaan Ginseng dapat pula memperbanyak sel darah putih, untuk mengurangi virus.

Penggunaan Ginseng setelah sembuh dari demam akibat flu dapat meningkatkan fungsi hati (lever) dan membasmi virus yang tersisa di dalam hati.

.

Manfaat Ginseng Menguatkan Jantung

Fungsi terpenting dari jantung adalah menyalurkan darah ke seluruh jaringan dan organ tubuh. Oksigen dan gizi disalurkan ke seluruh organ melalui pengencangan dan pengenduran otot-otot jantung. Apabila fungsi jantung tidak sempurna, maka metabolismenya akan menjadi tidak normal, seluruh tubuh dalam keadaan lumpuh.

Manfaat ginseng untuk pencegahan dan pengobatan penyakit jantung :
1. Menambah kelancaran peredaran darah pada ujung pembuluh darah kapiler.
2. Menambah elastisitas pembuluh darah, menghindari penempelan kolesterol pada dinding pembuluh darah, mencegah pengerasan pembuluh darah.
3. Bermanfaat untuk pembentukan darah, mencegah penyakit anemia dan mengurangi beban jantung.
4. Memperlancar metabolisme, menambah pemasok oksigen untuk sel-sel, agar otot-otot jantung bergerak secara aktif.
5. Meningkatkan daya tangkal terhadap stress, membuat vitalitas menjadi lebih mantap.
6. Dapat mengatur otonomik nervous system.
7. Bermanfaat bagi komplikasi jantung yang dikarenakan penyakit kencing manis (diabetes melitus) atau penyakit lambung dan usus (gastrointestine). Selain itu, perpaduan penggunaan Ginseng dengan obat penyakit jantung, tidak hanya bebas efek samping, sebaliknya akan dapat melipatgandakan fungsinya.

.

Manfaat Ginseng Untuk Penyakit Diabetes Melitus (Kencing Manis)

Gula di dalam tubuh yang dapat termetabolisme, dan kadar gula di dalam darah yang meningkat, menyebabkan urine juga mengandung banyak gula. Metabolisme gula yang mengatur kadar glukosa di dalam darah dilaksanakan oleh insulin yang dihasilkan oleh jaringan sel-sel pankreas. Apabila sekresi insulin tidak mencukupi, sebagian gula yang dikonsumsi tidak dapat digunakan secara normal, sehingga tertimbun di dalam darah dan menimbulkan gejala gula darah tinggi, dan dikeluarkan dari tubuh beserta urine, karena di dalam urine mengandung gula, maka disebut penyakit kencing manis.

Tingkat terjangkitnya penyakit kencing manis pada kaum wanita lebih tinggi, karena faktor fisiologi menstruasi, hamil, menyusui dan lain-lain yang seringkali mengakibatkan hormon yang tidak seimbang. Di dalam sejarah pada kasus penyakit kencing manis, diantaranya 70 – 80% diantaranya dikarenakan faktor kegemukan. Karena kegemukan, maka fungsi insulin yang mengatur kadar gula menjadi lamban.

Di antara pengidap penyakit kencing manis terdapat kurang lebih 20% yang mengeluarkan protein melalui urine, yang memberikan gangguan yang sangat besar terhadap ginjal dan dapat mengakibatkan penyakit uremia (gangguan ginjal).

Ginseng memiliki fungsi langsung terhadap pankreas, membuat pankreas dapat memproduksi insulin dalam jumlah yang normal dan dapat mengontrol kadar gula di dalam darah, sehingga dapat secara berangsur-angsur kembali normal.

.

Manfaat Ginseng Terhadap Penyakit Stroke

Ada 2 macam stroke yaitu: Pendarahan (Cerebral hemorrage) dan penggumpalan darah di dalam pembuluh darah otak (cerebral vascular accident).

Pendarahan otak (Cerebral hemorrage): pembuluh darah di dalam otak pecah, mengakibatkan pendarahan, darah mengalir keluar dan membeku pada otak, sehingga sel-sel otak pada tempat darah yang membeku yang semula dapat menyerap gizi, segera berhenti aktifitasnya, sehingga pembuluh darah yang telah pecah tidak dapat pulih kembali. Ginseng mempunyai fungsi mencegah penggumpalan keping darah serta melarutkannya.

Penggumpalan darah di dalam pembuluh darah otak (cerebral vascular accident): Stroke yang disebabkan oleh thrombus (gumpalan darah), adalah dikarenakan oleh terkelupasnya zat lemak yang menempel di dalam dinding pembuluh darah atau bagian pembuluh darah yang rusak sehingga terkelupas, telah menyumbat pembuluh darah otak tersebut. Sedangkan Ginseng memiliki fungsi melarutkannya, sehingga dapat melarutkan zat berserat yang diakibatkan oleh thrombus (penggumpalan).

Ginseng tidak hanya dapat mencegah stroke, namun memiliki manfaat pengobatan pula, namun tidak dapat berhasil hanya dengan satu kali penggunaan saja. Pengobatannya butuh dalam jangka waktu panjang dan dibutuhkan kesabaran untuk meminumnya terus sampai thrombus (gumpalan darah) atau keping darah yang berkumpul mencapai tingkat kelarutan. Dengan demikian gejala penyakitnya akan berkurang dan membaik.

.

Manfaat Ginseng Untuk Ibu Yang Sedang Hamil dan Anak-Anak

Di antara ibu dan janin terdapat selaput amnion yang sangat tipis, fetus menerima zat gizi dari peredaran darah ibunya, dan darah antara ibu dan fetus tidak saling menyampur, sehingga makanan atau obat-obatan yang diserap oleh ibunya belum tentu dapat mempengaruhi fetus. Namun ada perkecualian bagi sebagian obat, misalnya obat tidur dan obat penenang yang dapat memberikan dampak negatif bagi fetus.

Ginseng dapat memperbaiki peredaran darah dan menambah sel-sel darah untuk mengobati anemia (kurang darah). Oleh karena itu Ginseng berguna bagi ibu yang sedang hamil dan tidak ada dampak negatifnya.

Ginseng cocok untuk anak kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan agar dapat tumbuh lebih sehat, terutama sesuai untuk anak kecil yang mengidap asma, lemah imunitas, mudah terserang flu, lambung dan usus yang lemah dan yang fisiknya kurang energi.

.

Manfaat Ginseng Untuk Penyakit Gynecolog (Organ Reproduksi Wanita)

Yang dialami seorang wanita dalam hidupnya adalah hamil, melahirkan anak, mendidik anak dan lain-lain, sehingga tanggung jawab pada bagian fisik sangat berat. Kebanyakan penyakit gynecolog dikarenakan oleh fungsi hormone. Terutama karena uterus (peranakan) yang pertumbuhannya tidak sempurna atau orang yang tergolong nervous, kadang-kadang terjadi kesulitan pada saat haid, rasa sakit dibagian bawah perut, sakit pinggang, sakit kepala dan gejala lain-lainnya. Apabila di dalam obat analgesik (obat penangkal sakit) ditambahkan sedikit Ginseng, maka hasilnya akan lebih baik, karena Ginseng dapat menangkal stress, dan dapat mengendurkan otot pada uterus.

Kaum wanita mudah terserang penyakit hypotensi (tekanan darah rendah), asthenia (lemah, kekurangan energi), anemia dan lain-lain. Gejala hypotensi adalah sakit kepala, sakit dada (jantung), tinnitus (rangsangan suara di dalam telinga), rasa lelah, tidak ada nafsu makan, rasa cemas. Sistem hormon, pernafasan, sirkulasi, metabolisme, urat syaraf dan lain-lain yang tidak normal adalah gejala masa tunas (inkubasi) hypotensi (tekanan darah rendah).

Asthenia (lemah, kekurangan energi) dikarenakan kalori di dalam tubuh tidak dapat disebarkan secara sempurna, dan sangat erat hubungannya dengan rasa nyeri menjelang haid, adalah faktor penting yang mengkibatkan anemia. Wanita yang sedang hamil akan lebih mudah terserang gejala asthenia (lemah, kekurangan energy). Bagi wanita masa menopause, karena lemak di bawah kulit berkurang, muka akan kurang ceria serta kelenturan kulit akan berkurang, badanpun mulai menjadi gemuk.

Gangguan pada masa menopause dikarenakan oleh urat syaraf otonim utama di dalam tubuh yang hilang keseimbangannya dan gangguan syaraf gerak pembuluh darah. Sekresi hormon wanita yang tidak normal dapat menimbulkan gejala ensefalemia, kepala pusing, keringat malam, insomnia, sakit kepala, tinnitus (rangsangan suara didalam telinga), rasa kebas, pundak terasa kaku, sakit pinggang, sakit pada bagian persendian, dan lain-lain.

Manfaat ginseng terhadap gangguan menopause :
1. Memiliki fungsi anti stres, mencegah atau meringankan ketidakseimbangan sistem urat syaraf otonom.
2. Memiliki fungsi melancarkan sirkulasi darah, mencegah kemunduran ingatan.
3. Memiliki fungsi melancarkan hormon, memperlambat kemunduran hormon gonad (kelenjar kelamin).

.

Manfaat Ginseng Untuk Kecantikan

Timbulnya jerawat, eksim, kulit kasar merupakan penyakit yang berhubungan dengan tidak sempurnanya sistem metabolisme tubuh. Kulit tubuh kita dapat menyerap kandungan ginseng yang efektif, sehingga dapat melancarkan peredaran pembuluh darah subcutaneous. Oleh karena itu dengan meminum ginseng kita dapat mengurangi gejala-gejala tersebut di atas dan kulit anda kembali menjadi ceria dan bersinar.

Apabila terkena luka goresan atau terpotong pisau, oleskan ginseng tersebut langsung pada luka, maka luka tersebut akan cepat merapat dan sembuh dalam jangka waktu yang singkat.

Bagi penderita jerawat yang sulit sembuh, maka pada saat yang bersamaan meminum ginseng, oleskan langsung bubuk ginseng pekat pada muka, maka jerawatnya akan cepat sembuh.

Link sumber: http://emprorerfaisal.blogspot.com/2011/12/keistimewaan-ginseng.html

.

Buat Akun Baru
Reset Password