Penyembuh Sembelit

Sembelit merupakan masalah kesehatan yang signifikan, dan tidak menyenangkan, yang pasti pernah dialami satu dari tiga orang.

Sembelit didefinisikan sebagai kesulitan mengeluarkan tinja, termasuk nyeri saat pergerakan usus, ketidakmampuan mengosongkan usus setelah meregang atau mendorong selama lebih dari 10 menit, atau sama sekali tidak ada pergerakan usus selama lebih dari tiga hari. Penyebab umumnya termasuk diet (pola makan) rendah serat, kurang aktivitas fisik, dan kurang minum air. Stres, depresi, kehamilan, perubahan diet, dan melakukan perjalanan panjang bisa memperparah gejala sembelit.

Selama bertahun-tahun berbagai macam perawatan sudah dianjurkan, mulai dari kayu manis, rebusan ranting, dan daun kubis hijau; hingga lobak, sekam padi, dan kakao. Banyak juga laksatif yang dijual bebas, maupun terapi psikologis dan bio-feedback. Beberapa di antaranya kadang-kadang berhasil bagi beberapa orang.

Para peneliti di Universitas Ilmu Medis Teheran, Iran, muncul dengan ide baru yang bisa memecahkan masalah ini, setidaknya bagi setengah dari populasi manusia.

Menurut teori mereka, menggosok-gosok kepala penis (glans), sambil mencoba buang air besar bisa membantu. Idenya, meremas glans memicu kontraksi otot kunci di area genital umum dan anal. Secara khusus, tindakan itu membangkitkan aksi refleks yang dikenal dengan nama refleks bulbocavernosus di sekitar area anal. Hal ini, menurut mereka, menghasilkan kontraksi otot anal dan peningkatan tekanan bagian dalam, yang kemudian memicu desakan untuk menggerakkan usus.

“Tampaknya meremas glans selagi buang air besar mengakibatkan kontraksi pada otot cincin (sphincter) anus, meningkatkan tekanan rektum, yang kemudian menstimulasi saraf sensor anus yang memproduksi desakan untuk buang air besar,” kata para peneliti. “Jadi manuver mudah ini bisa memperbaiki proses buang air besar dan mengurangi terjadinya sembelit. Tentu saja, kemanjuran manuver ini harus diuji secra klinis.”

Referensi: S. S. Hoseini dan S. Gharibzadeh, “Squeezing the glans penis: A possible manoeuver for improving the defecation process and preventing constipation”, Volume 68, hlm. 925-926.

.

Buat Akun Baru
Reset Password