Magnet Bisa Membuat Anda Lebih Tinggi

Banyak uang yang dihabiskan setiap tahun untuk pil, ramuan, dan program latihan yang didisain untuk membuat orang pendek menjadi lebih tinggi. Ada suplemen yang mengklaim menambah tinggi beberapa senti, latihan peregangan yang mengajukan klaim yang sama, dan beragam teknik yang disebut-sebut bekerja dengan memicu pelepasan hormon alami yang terlibat dalam pertumbuhan. Sedihnya, pada banyak kasus satu-satunya yang memanjang adalah khayalan mereka.

Satu jalan pasti agar menjadi lebih tinggi adalah dengan menjalani pembedahan menyakitkan dengan cara tulang dipatahkan dan ditarik agar terpisah, mengakibatkan tulang baru tumbuh dan mengisi kekosongan yang ada. Tindakan ini melibatkan pembedahan ortopedis yang traumatik, menyakitkan, mahal, dan membutuhkan waktu lama, dan dilakukan hanya pada orang yang sangat pendek.

Namun di masyarakat yang menghargai tubuh tinggi, dan memandang tubuh pendek sebagai kekurangan pokok dalam potensi mendapat pasangan, prospek mendapat pekerjaan, dan sejumlah area lain, tuntutan ramuan peninggi, yang segera tampak hasilnya, selalu tinggi. Untuk memenuhi tuntutan itu, dokter di India muncul dengan apa yang mereka percaya sebagai cara menjadi lebih tinggi yang baru, tanpa sakit, dan relatif murah. Yang terlibat dalam perawatan ini hanyalah magnet yang dilekatkan ke kaki.

Teorinya cukup sederhana. Jika magnet bisa dipakai untuk menarik, pada aplikasi ini magnet digunakan untuk menolak. Perawatan melibatkan pelekatan dua cincin magnet yang kuat ke bagian luar kaki atau paha yang perlu diperpanjang, dengan menyisakan sedikit celah di antara keduanya. Magnet dilekatkan di tempat agar kutub tolaknya saling berhadapan, pada setiap sisi celah. Efeknya sedemikian rupa sehingga jika tidak terlekat erat pada kaki, maka magnet secara fisik akan terdorong menjauh. Teorinya, karena magnet tidak bisa bergerak, maka celah – dan tulang kaki – harus tumbuh. Dengan kata lain, medan tolak memicu tulang memperpanjang diri.

Para peneliti di Kasturba Medical College mengatakan bahwa mereka telah memulai studi eksperimental yang menunjukkan teori itu mungkin bekerja: “Tekanan magnet yang pasti, lama perawatan, tulang yang dipilih (tulang paha atau tulang kering), semua bisa diganti-ganti agar sesuai dengan kemudahan dan kesukaan pasien. Kami tidak ragu bahwa, dengan eksperimen lebih jauh, kami bisa memperbaiki dan menstandarisasi persyaratan spesifik prosedur ini agar mendapatkan hasil terbaik yang mungkin dicapai,” kata mereka.

Mereka menyatakan bahwa magnet bisa jadi memiliki aplikasi lain dalam pertumbuhan tulang bahkan dalam perbaikan tulang yang patah, dan riset di Universitas California mendukung klaim tersebut. Para peneliti di sana menggunakan perawatan magnetik baru yang mengesankan untuk mengoreksi dada melesak pada anak-anak. Magnet satu ditanamkan di tulang dada dan yang lain pada pakaian yang dipakai di dada sampai tiga bulan, keduanya akan saling menarik dan akibatnya dada tertarik keluar. Dokter perintis terapi ini mengatakan bahwa penggunaan magnet bisa merevolusi penanganan kondisi semacam ini dan menggantikan pembedahan konvensional yang melibatkan tinggal beberapa hari di rumah sakit dan berminggu-minggu atau berbulan-bulan pemulihan.

Sumber: J. dan A. Kumar, “Sustained repulsive magnetic force for bone lengthening”, Volume 65, hlm. 630.

.

.

Register New Account
Reset Password

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!