Minyak Kelapa Membantu Penyerapan Nutrisi Lebih Baik

Perlu Anda ketahui bahwa untuk menyerap semua jenis nutrisi yang larut dalam lemak, senyawa seperti misalnya lutein, beta-karoten dan vitamin E, Anda perlu juga mengkonsumsi beberapa lemak.

Jadi mungkin Anda selalu menambahkan minyak zaitun untuk salad atau makan sayuran Anda dengan mentega untuk menyerap semua zat gizi yang berharga.

Ini adalah langkah yang cerdas untuk kesehatan, tapi tahukah Anda bahwa tidak semua minyak diciptakan sama untuk masalah penyerapan gizi? Minyak tertentu berfungsi lebih baik daripada yang lain dan benar-benar dapat meningkatkan jumlah penerimaan nutrisi dari makanan yang Anda makan.

Sebuah studi hewan baru yang membandingkan efek konsumsi minyak kelapa (lemak jenuh) versus minyak safflower (lemak tak jenuh ganda) terhadap penyerapan karotenoid dari tomat, dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, 7 August 2012. Dalam studi itu didapati bahwa minyak kelapa meningkatkan penyerapan karotenoid tomat untuk tingkat yang lebih besar daripada minyak safflower. Para peneliti mengungkapkan hal ini terjadi mungkin karena asam lemak rantai menengah dari minyak kelapa (MCFA – Medium Chain Fatty Acid):

“Hasil ini mungkin karena sebagian besar asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa, yang mungkin telah menyebabkan pergeseran fluks kolesterol untuk mendukung deposisi jaringan ekstrahepatik karotenoid.”

Minyak kelapa merupakan sumber alam MCFA terkaya yang sehat. Sebaliknya, kebanyakan sayur atau minyak dari biji-bijian terdiri dari asam lemak rantai panjang (LCFA – Long Chain Fatty Acid). Ada beberapa alasan mengapa LCFA kurang sehat bagi Anda dibandingkan MCFA dalam minyak kelapa.

Sumber: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22866697

.

.

Register New Account
Reset Password

KONSULTASI GRATIS

Konsultasikan permasalahan kesehatan Anda dengan cara klik DI SINI.

Konsultasi!