Methadone Sebabkan 30 Persen Kematian Overdosis

Resep obat methadone dikaitkan dengan lebih dari 30 persen kematian overdosis obat penghilang rasa sakit, menurut sebuah laporan yang dirilis Centers for Disease Control (CDC) and Prevention pada Selasa.

“Kematian karena overdosis opioid meningkat empat kali lipat dalam dekade terakhir, dan saat ini metadon menyumbang hampir sepertiga dari kematian terkait opioid,” kata Direktur CDC, Thomas Frieden.

Namun, obat itu menyumbang sekitar dua persen dari total obat penghilang rasa sakit yang diresepkan di Amerika Serikat pada 2009.

Para peneliti mengamati data nasional dari 1999 hingga 2010, serta data untuk 2009 dari 13 negara yang diamati jaringan pengawas terkait kematian akibat obat. Jumlah orang yang meninggal akibat overdosis methadone pada 2009 ternyata enam kali lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pada 1999.

Methadone digunakan sebagai pengobatan yang berhasil untuk mengatasi kecanduan narkoba, selama beberapa dekade. Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak dokter yang memberikan resep obat itu sebagai penghilang rasa sakit.

Risiko yang ditimbulkan methadone jauh lebih besar dari obat penghilang rasa sakit lainnya, karena obat tersebut sering menumpuk dalam sistem tubuh pasien dan dapat mengganggu pernapasan serta detak jantung. (ai/ml)

Sumber: Yahoo News, Rabu, 4 Jul 2012

.

.

Buat Akun Baru
Reset Password